Tak Mau Dijajah Bule Asing, Chandra Polisikan Perusak Drone Miliknya

oleh Ayu
11:37 AM on Apr 24, 2016

Kedatangan tamu dari manca negara memang sering dianggap sebagai ‘angin segar’ dalam dunia pariwisata. Kurang lebih, masih banyak anggapan bahwa tamu dari luar negeri lebih berduit dan secara disadari atau tidak, mendapat perlakuan yang lebih istimewa.

Tapi di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung, bukan? Dan kejadian yang satu ini mungkin bisa ikut menyesakkan dada siapapun yang membacanya. Gara-gara seorang bule merasa terganggu, pria bernama Chandra Wahyu harus menelan ludah dengan kelu melihat pesawat dronenya rusak dan acaranya berantakan.

Baca Juga
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan
Ditilang karena Melanggar, Pejabat Ini Berdalih Seribu Alasan Serta Bawa Nama Kekuasaan

Apakah ini hanya sekedar urusan drone? Tentu tidak. Masalah ini menjadi semakin rumit ketika Chandra mulai menjelaskan dengan detail perlakuan-perlakuan tidak menyenangkan yang membuat dia memutuskan memperkarakan masalah ini.

Dilarang Pakai Drone, Dianggap Mengganggu Privasi

Asal mula permasalahannya sederhana saja. Chandra yang sudah beberapa kali mampir di hotel Alila, dan sering memainkan drone di area sekitar hotel, saat itu mampir di bartiba-tiba ditegur oleh seorang tamu hotel yang merasa privasinya terganggu. Chandra mencoba menjelaskan, tapi karena tidak mau urusan semakin panjang dan dirasa tamu asing itu tak mengerti penjelasannya, maka ia mengalah dan berpikir akan main di pantai saja.

kondisi drone
Postingan Chandra Wahyu dan penampakan drone yang rusak.

Dikira urusannya sudah selesai, ternyata tamu asing tadi melaporkannya pada manager hotel yang bernama Jose Fernandez. Setelah melalui penjelasan dan negosiasi yang agak lunak, Chandra setuju untuk menitipkannya pada sang manager hotel, dengan perjanjian bisa diambil sewaktu-waktu Chandra akan menggunakannya.

Masalah yang Dicari-cari dan Perlakuan Tidak Menyenangkan

Chandra memang tidak berstatus tamu menginap, melainkan tamu hotel yang notabene tetap berhak mendapat perlakuan baik. Namun sepertinya hari itu, nasib sial memang sedang meliputinya. Tamu orang asing tadi sepertinya belum puas melaporkan pengguna drone bersertifikat ini, bahkan sempat memberikan perlakuan-perlakuan kurang menyenangkan pada Chandra, teman-teman dan keluarganya yang ikut ke sana.

kronologi drone
Kronologi kejadian yang makin memanas.

Singkat cerita, Chandra merasa sang tamu asing itu berusaha cari masalah dan membuatnya enyah dari hotel Alila yang berlokasi Jl. Ganesha No. 9 di Seminyak, Bali tersebut. Ia mulai merasakan adanya perlakuan berbeda dan diskriminasi karena kurang dihargai sebagai tamu hotel. Kondisi semakin memanas ketika ada pihak yang mengaku sebagai CEO Hotel Alila, tapi perkataannya dianggap menghina Chandra dan kakaknya yang seorang pengacara.

Meski pada akhirnya sang petinggi hotel itu mendapat penjelasan dari manager dan pihak hotel meminta maaf sambil menawarkan untuk menggratiskan semua pesanan Chandra, serta ditambah 2 botol champagne, tapi ia menolak dan membayar semua pesanannya. Tujuan Chandra datang ke sana memang untuk survey dan memastikan bahwa ia akan merekomendasikan tempat tersebut sebagai lokasi family gathering. Tapi treatment yang ia dan rombongannya terima hari itu benar-benar bagai mimpi buruk yang tak pernah dibayangkan.

Drone Rusak Parah, Chandra Tak Mau Lagi Mengalah

Chandra dan keluarga serta teman-temannya yang datang ke sana hari itu sudah dilelahkan dengan perlakuan kurang menyenangkan dan tidak jelas dari sang tamu asing serta pihak hotel. Ternyata kondisi ini semakin buruk karena ketika Chandra mengambil drone pada pihak hotel, ia mendapati kalau kondisinya sudah rusak berat. Diduga masih ada hubungan dengan ketidaksukaan tamu asing tersebut.

kronologi drone lanjutan
Chandra lelah mengalah setelah tahu dronenya rusak.

Meski hotel bersedia mengganti, tapi kesan buruk sudah hinggap di hati. Chandra akhirnya memperkarakan hal ini ke Polsek Kuta Utara, dengan pasal pengrusakan properti. Ia juga memfloorkan pengalaman ini ke Facebook sambil berbagi dan menggalang dukungan untuk penyelesaian kasusnya. Banyak netizen yang ikut gemas dan berang, sambil mendoakan kasus Chandra segera tuntas dan mendapat keadilan.

Peristiwa yang dialami Chandra ini bisa jadi menimpa siapa saja. Merasa tidak dihargai di ‘rumah sendiri’, apalagi untuk tempat sekelas hotel mewah yang sudah melayani tamu luar negeri. Kita memang bangsa yang ramah, namun hal yang benar adalah ‘speak up’ dan bersikap bila mulai ada perlakuan yang tidak semestinya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA