in

5 Ibu Kota Negara di Dunia Yang Sering Direndam Banjir

Banjir di Jakarta, Indonesia
Banjir di Jakarta, Indonesia

Di beberapa tempat, seperti kota Jakarta, datangnya musim hujan membuat warga harus ekstra waspada dengan banjir yang kerap melanda. Akibat banjir yang melanda, aktivitas warga pun terhenti dan perekonomian juga melemah.

Baca Juga: 4 Tradisi Pemakaman yang Hanya Ada di Indonesia

Pemandangan kota yang direndam banjir tak hanya terlihat di ibu kota Indonesia saja. Melainkan, masih banyak lagi ibu kota yang juga menjadi ‘langganan’ banjir setiap tahunnya. Di antaranya:

1. Beijing, China

Selain kota Shanghai, Beijing juga kerap kali terendam oleh genangan air hujan. Salah satunya, hujan deras yang menyapu ibu kota China ini pada tahun 2012 yang lalu. tercatat dalam 5 bencana banjir terbesar di tahun 2012, banjir yang melanda kota Beijing telah membuat sebanyak 8.200 rumah rusak, 79 orang meninggal dunia, dan 57 ribu warga mengungsi, dan kerugian perekonomian yang mencapai 1,6 miliar dolar.

Banjir di Beijing, China
Banjir di Beijing, China

Banjir yang menyapu kota ini disebabkan oleh curah hujan yang sangat tinggi dalam satu hari dan termasuk hujan terbesar selama 6 dekade terakhir. Banjir yang juga terjadi di sekitar bandara tersebut membuat 500 penerbangan dibatalkan. Sementara itu, pemerintah Beijing juga telah mengingatkan warganya untuk selalu waspada dengan cuaca dan kondisi yang lebih buruk.

Selanjutnya: New Delhi, India

Written by Evi Rizana

Leave a Reply

Festival karpet Turkmen

10 Fakta Unik tentang Turkmenistan, Negara dengan Peraturan Sangat Aneh

Kolaborasi Keren Musik Tradisional Indonesia Dengan Musik Barat