5 Hal Mengejutkan ini Akan Terjadi Jika Asteroid Tak Menghancurkan Bumi dan Dinosaurus Tidak Punah

oleh Adi Nugroho
13:23 PM on Dec 31, 2015

Sekitar 65 juta tahun yang lalu sebuah asteroid besar menghancurkan bumi. Dampaknya, semua spesies dinosaurus menjadi musnah. Bahkan hanya meninggalkan sisa berupa fosil. Kedahsyatan asteroid di masa lalu benar-benar membuat bumi mengalami masa kelam hingga makhluk hidup lenyap.

Ok, sekarang kita akan berandai-andai. Jika 65 juta tahun yang lalu, bumi tak jadi dihantam oleh asteroid yang sangat besar, kira-kira apa yang akan terjadi ya sekarang? Yuk, kita berkhayal bersama-sama!

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Manusia Mungkin Tak Ada di Bumi

Jika asteroid tak menghantam bumi di masa lalu, justru manusia tidak ada. Tak ada makhluk yang bisa beradaptasi di lingkungan dinosaurus lalu melakukan evolusi. Satu hal yang mendasari munculnya spesies primata dan juga mamalia adalah tak adanya dinosaurus yang besar yang akan menjadi predatornya.

Manusia Mungkin Tak Ada di Bumi [image source]
Manusia Mungkin Tak Ada di Bumi [image source]
Jika bumi tak dihantam asteroid besar, kita tak akan seperti sekarang. Tak akan ada jenis-jenis manusia purba hingga manusia modern yang saat ini membangun dunia dengan kecanggihan. Asteroid yang jatuh ke bumi bisa dibilang bencana yang menghasilkan kehidupan-kehidupan baru yang jauh lebih baik dan modern.

2. Dinosurus Mungkin Akan Menjadi Kecil

Jika anda mempelajari banyak sekali teori evolusi. Nenek moyang suatu makhluk selalu lebih besar dari penerusnya. Jika di masa ini masih ada dinosurus, maka tubuhnya akan menjadi lebih kecil. Bentuknya juga mungkin tak akan sama dengan pendahulunya.

Dinosurus Mungkin Akan Menjadi Kecil [image source]
Dinosurus Mungkin Akan Menjadi Kecil [image source]
Bumi terus mengalami pergantian setiap ribuan tahun. Pasti iklim dan hal-hal lain memengaruhi dinosaurus untuk beradaptasi dan berevolusi. Tidak ada lagi T-Rex yang besar atau raptor yang suka mengejar mangsa. Mereka akan menjadi makhluk yang lebih kecil dari yang lain.

3. Akan Ada Dinosaurus Cerdas

Seperti halnya manusia, evolusi akan membuat keturunan baru jauh lebih cerdas. Homo sapiens jauh lebih cerdas daripada nenek moyangnya. Ukuran otaknya jauh lebih besar dan bisa berfungsi dengan baik. Bahkan, bisa dibilang mengagumkan dan terus berkembang di keturunan-keturunan selanjutnya.

Akan Ada Dinosurus Cerdas [image source]
Akan Ada Dinosurus Cerdas [image source]
Jika dinosaurus terus berkembang dan berevolusi, maka bukan tak mungkin ada dinosaurus yang cerdas. Bisa jadi dinosaurus akan berevolusi seperti manusia. Mereka bisa menjadi makhluk yang melakukan perubahan besar di dunianya. Evolusi terjadi selama jutaan tahun, bukan tak mungkin ada humanoid seperti dinosaurus, kan?

4. Dinosaurus Akan Tersebar ke Seluruh Penjuru Dunia

Dinosaurus tak ditemui di beberapa daerah di dunia. Indonesia tidak memiliki fosil dinosaurus karena di masa lalu wilayah ini tak ditapaki makhuk besar ini. Seiring berjalannya waktu, permukaan bumi akan berubah. Lempeng bumi akan bergerak dengan perlahan dan membuat makhluk ini tersebar dengan merata.

Fosil dinosaurus [image source]
Fosil dinosaurus [image source]
Bisa jadi di Indonesia akan ada T-Rex atau dinosaurus jenis herbivora. Mereka akan berkembang dan akhirnya menjadi hewan endemik dengan keunikan yang berbeda. Mereka akan terus berevolusi hingga akhirnya bumi hanya akan ada peradaban dinosaurus.

5. Dinosaurus Akan Jadi Peliharaan Manusia

Oke, kita coba singkirkan kemungkinan di poin pertama. Anggap manusia bisa berevolusi dengan baik bersamaan dengan dinosaurus. Jika hal ini terjadi, maka dinosaurus akan jadi peliharaan manusia. Mereka tak akan menjadi makhluk yang besar lagi karena telah mengalami evolusi yang sangat panjang.

Dinosaurus Akan Jadi Peliharaan Manusia [image source]
Dinosaurus Akan Jadi Peliharaan Manusia [image source]
Dan lagi, di era modern ini sebenarnya banyak sekali hewan yang merupakan keturunan dinosaurus. Jenis-jenis unggas dipercaya merupakan keturunan dinosaurus yang akhirnya punah di masa sekarang. Jadi, bukan tak mungkin jika dinosaurus akan jadi peliharaan manusia kan?

Itulah lima hal yang bisa terjadi jika asteroid tak jadi menghantam bumi. Manusia bisa jadi enggak ada dan dinosaurus jadi makhluk yang cerdas. Well, bagaimana menurut anda?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA