7 Dinosaurus ini Dipercaya Masih Hidup Tersembunyi di Hutan Afrika

oleh Rizal
15:00 PM on Dec 20, 2015

10-15 tahun lagi banyak ilmuwan memperkirakan jika manusia sudah bisa membentuk koloni di Mars. Saat itu, sudah bisa dibayangkan jika teknologi telah mengalami lompatan yang begitu gila. Namun pertanyaannya, ketika itu, sudah kah manusia tahu 100 persen tentang hal-hal yang mendasar? Misalnya Bumi dan semua yang ada di dalamnya? Hmm, bisa dibilang sangat diragukan.

Ya, ada begitu banyak hal-hal yang masih belum terungkap tentang Bumi hingga detik ini. Tak hanya lautan yang katanya baru diketahui sekian persennya saja, di daratan sendiri juga masih menyimpan banyak hal yang manusia buta akannya. Lantaran sebagian besar tentang Bumi masih bagaikan misteri, maka teori-teori yang tak masuk akal sah-sah saja untuk diyakini. Termasuk tentang eksistensi dinosaurus yang menurut beberapa ahli kemungkinan masih ada dan bersembunyi di suatu tempat.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Hutan Afrika, tempat ini seringkali dicurigai sebagai daerah persembunyian makhluk prasejarah itu. Banyak saksi mata terutama penduduk setempat menjumpai hewan-hewan unik yang menurut deskripsi mereka sangat identik dengan dinosaurus-dinosaurus. Lalu, jenis apa saja kah yang konon ada di sana dan pernah dillihat oleh mata para saksi? Simak ulasannya berikut.

1. Mokele Mbembe, Si Hewan Besar Mirip Brachiosaurus

Mungkin kamu pernah mendengar nama Brachiosaurus dengan ciri khas leher panjangnya serta badan yang besarnya berlipat-lipat gajah itu. Dinosaurus ini diperkirakan telah punah puluhan juta tahun lalu, dengan sebab paling sering dikatakan adalah hantaman asteroid. Sangat sulit untuk dipercaya jika dinosaurus ini masih ada. Namun suku pedalaman Kongo konon pernah melihat makhluk yang identik dengan Brachiosaurus ini.

Dinosaurus ini beberapa kali dilihat mata oleh penduduk pedalaman Kongo [Image Source]
Dinosaurus ini beberapa kali dilihat mata oleh penduduk pedalaman Kongo [Image Source]
Mereka menamai dino ini dengan Mokele Mbembe yang artinya dia yang membuat arus sungai berhenti. Seperti yang diceritakan dalam film, Mokele Mbembe ini menurut para saksi matanya adalah pemakan tumbuhan. Peneliti sendiri pernah menanyakan hal ini kepada penduduk pedalaman Kongo, dan ketika ditunjukkan foto Brachiosaurus, mereka pun berujar Mokele Mbembe.

2. Mbielu-Mbielu, Si Punggung Tajam

Mbielu-Mbielu dikatakan pernah muncul di salah satu pedalaman Kongo. Bentuknya mirip reptil besar dengan punggung bagian atasnya yang berbentuk seperti gigi taring hanya saja berbentuk agak lebar. Masyarakat setempat yang pernah melihat makhluk ini mengatakan jika Mbielu-Mbielu adalah pemakan tumbuhan.

Hewan ini sering diidentikkan dengan Stegosaurus [Image Source]
Hewan ini sering diidentikkan dengan Stegosaurus [Image Source]
Jelas ini bukan buaya atau semacamnya, karena kelas hewan tersebut murni karnivora. Namun jika hewan ini dikaitkan dengan dinosaurus zaman dulu, maka sudah pasti ini adalah Stegosaurus si punggung tajam.

3. Nguma Monene, Buaya Besar Berpunggung Gergaji

Saksi mata pernah melihat hewan semacam ini berada di salah satu sungai di Kongo. Bentuknya sangat mirip buaya, hanya saja postur tubuhnya agak lebih tegak dengan ciri khas menonjol berupa sirip punggung setengah lingkaran. Dengan bentuk fisik ini, sudah jelas makhluk tersebut bukanlah buaya.

Hewan ini juga konon pernah muncul. Peneliti pun mengatakan jika si makhluk tersebut identik dengan Spinosaurus [Image Source]
Hewan ini juga konon pernah muncul. Peneliti pun mengatakan jika si makhluk tersebut identik dengan Spinosaurus [Image Source]
Lalu peneliti pun mengatakan jika ini sangat mirip dengan Spinosaurus. Menurut saksi mata hewan yang dinamai Nguma Monene ini juga pernah ketahuan membunuh seekor kuda nil besar dengan meninggalkan luka gigitan yang besar. Dilihat dari kekejamannya, mungkin saja ini memang seekor Spinosaurus.

4. Ngoubou, Badak Besar Dengan Tameng di Kepala

Ngoubou menurut saksi mata beberapa kali terlihat di padang savana Kamerun. Hewan ini punya ciri fisik mirip badak dengan tanduk tunggal menjulang di ujung kepalanya. Namun ini bukan badak, apalagi ukuran tubuhnya agak lebih kecil dengan memiliki sebuah perisai di belakang kepalanya.

Ilustrasi Ngoubou berdasarkan penglihatan para saksi [Image Source]
Ilustrasi Ngoubou berdasarkan penglihatan para saksi [Image Source]
Para saksi mata mengatakan hewan ini sangat pemarah. Bahkan mereka suka berkonfrontasi dengan gajah yang lebih besar. Dilihat dari bentuk serta sifatnya, makhluk bernama lokal Ngoubou ini sangat identik dengan dinosaurus bernama Triceratops atau yang hampir serupa dengan itu.

5. Kongamato, Si Burung Reptil Pemakan Daging

Pasti pernah melihat bagaimana bentuk dinosaurus bernama Pterodactyl, bukan? Nah, dino ini dikabarkan juga masih eksis di Bumi. Banyak saksi mata pernah melihat hewan ini berada di pedalaman hutan Kongo, Angola dan Zambia. Hewan ini dinamai Kongamato sebagai nama lokalnya.

Hewan ini sering terlihat wara-wiri di sudut-sudut hutan Afrika [Image Source]
Hewan ini sering terlihat wara-wiri di sudut-sudut hutan Afrika [Image Source]
Menurut saksi mata, Kongamato ini sangat identik dengan Pterodactyl. Mulai dari bentuk sayapnya, moncongnya yang penuh gigi sampai ekor dan kakinya yang kuat itu. Di China juga pernah ditemukan makhluk semacam ini.

6. Mahamba, Si Buaya Berbadan Tegak

Pedalaman Kongo lagi-lagi diduga sebagai tempat hewan-hewan aneh bersembunyi. Kali ini warga sekitar berhasil menjumpai makhluk besar mirip dengan buaya. Hanya saja ukurannya lebih besar dan ia berjalan dengan dua kaki.

Apakah ini Dienosuchus yang berhasil bertahan hidup? [Image Source]
Apakah ini Dienosuchus yang berhasil bertahan hidup? [Image Source]
Spekulasi para peneliti, hewan ini adalah Dienosuchus yang memang sangat identik dengan buaya, hanya saja berbadan tegak. Makhluk ini diperkirakan sudah punah sejak akhir periode Creataceous. Jika benar-benar ada, maka hewan yang mendapatkan nama Mahamba ini akan jadi penemuan yang fantastis.

7. Muhuru, Hewan Besar dengan Ekor Gada

Keberadaan hewan ini pertama dilaporkan oleh seorang penduduk pedalaman Kenya. Menurutnya, makhluk yang dinamai Muhuru ini sangat besar, badannya penuh dengan duri-duri, serta ekornya yang seperti tinju.

Penduduk Kenya juga pernah melihat hewan aneh yang diidentikkan dengan Ankylosaurus [Image Source]
Penduduk Kenya juga pernah melihat hewan aneh yang diidentikkan dengan Ankylosaurus [Image Source]
Kalau dilihat dari ciri fisiknya, Muhuru ini sangat sesuai dengan dinosaurus bernama Ankylosaurus yang bentuk badannya memang gempal dan punya ekor membulat seperti tinju. Dinosaurus ini sendiri sudah punah sejak 150 juta tahun lalu.

Mungkin terdengar sangat konyol jika kita percaya akan keberadaan deretan hewan yang mirip dinosaurus ini. Namun seperti yang dikatakan di bagian pembuka, manusia sejatinya hanya mengetahui sedikit sekali tentang Bumi ini. Bisa saja beberapa jenis dinosaurus memang berhasil menyelamatkan dirinya ketika koloninya yang lain mati terkena deretan bencana besar. Dan mereka bersembunyi di hutan-hutan termasuk yang ada di Afrika ini. Namun berhubung manusia adalah makhluk visual, maka tidak akan benar-benar percaya jika tak pernah melihat dengan mata kepala sendiri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA