Sangar! Militer 5 Negara ini Pernah Dilatih Oleh Pasukan Indonesia

oleh Rizal
07:17 AM on Apr 13, 2016

Soal militer Indonesia memang juaranya. Meskipun tidak di level dunia, namun NKRI bisa dibilang yang paling jumawa di Asia Tenggara. Kalau dilihat dari peringkat dunianya, hingga hari ini Indonesia masih menempati peringkat 11 dari 126 negara di dunia. Begitu hebat, begitu jemawa, bangga jadi warga negara indah ini.

Baca Juga :4 Negara yang Sering Mencuri Ikan di Perairan Indonesia

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Sindrom Kleine-Levin, Kelainan yang Bikin Pengidapnya Jadi Tidur Berbulan-Bulan
Jualan Pisang Goreng Hingga Tidur di ‘Bilik Asmara,’ Inilah 5 Hal Unik yang Dialami Pengungsi Gunung Agung

Militer Indonesia tak hanya dibanggakan-banggakan oleh rakyatnya, namun juga negara-negara lain. Ya, tanpa pernah kita tahu, diam-diam banyak negara yang kagum dan kesengsem dengan militer Indonesia. Lalu dari kekaguman dan pengakuan akan kehebatan ini, akhirnya mereka pun tertarik untuk berguru alias meminta dilatih oleh para pasukan hebat kita.

Tercatat ada beberapa negara yang pernah dilatih Indonesia. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Negara-Negara Afrika Utara Berguru Kepada Kopassus

Kopassus merupakan salah satu korps elit terbaik di Indonesia. Mereka sudah punya banyak prestasi baik untuk kompetisi maupun misi-misi. Lantaran pamornya yang melejit dan benar terbukti, akhirnya Kopassus pun mulai banyak dipertimbangan negara-negara di dunia untuk dijadikan pelatih militer. Dan yang sudah pernah mengontrak adalah deretan negara-negara Afrika Utara.

Pasukan militer negara-negara Afrika Utara [Image Source]
Pasukan militer negara-negara Afrika Utara [Image Source]
Tak banyak detail yang bisa dikupas soal kiprah kepelatihan Kopassus di negara-negara Afrika Utara ini. Namun, pasukan elit kita ini diketahui banyak memberikan pelajaran soal bertahan hidup, strategi, bela diri, dan tidak tergantung akan peralatan canggih. Dari hasil yang dicapai, sepertinya negara-negara Afrika Utara ini cukup puas dengan apa yang mereka dapatkan dari Kopassus.

2. Pasukan Super Elit Kamboja Pun Berguru Kepada Kopassus

Tak hanya negara-negara di Afrika, ternyata jasa Kopassus juga diminati oleh Kamboja. Bahkan diketahui sudah cukup lama militer negara tetangga ini dipegang oleh orang-orang kita. Uniknya, yang dilatih Kopassus bukanlah tentara reguler, melainkan unit elit bernama Batalyon Para-Komando 911.

Para-Komando 911 [Image Source]
Para-Komando 911 [Image Source]
Tentara elit tersebut diketahui sebagai salah satu yang paling gahar di Kamboja. Dan semenjak sering dilatih oleh Kopassus skill mereka naik dengan pesat. Kini, diketahui gaya dan kemampuan mereka sangat Kopassus. Tak hanya soal tampilan, bahkan sistem baris berbarisnya pun sama.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA