7 Diktator Paling Gila Sepanjang Masa

oleh Norman Duarte
15:15 PM on Oct 26, 2015

Kisah kehidupan para diktator memang menarik untuk disimak. Kesadisan, kegilaan, serta ketamakan mereka membuat kita bertanya-tanya apakah memang ada manusia yang seburuk ini perangai dan kelakuannya.

Berikut ini redaksi Boombastis merangkum beberapa nama diktator yang kurang terkenal, namun tidak kalah gila dengan diktator yang terkenal.
Siapa saja mereka? Ini dia:

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

1. Jean-Bédel Bokassa (Central African Republic, 1976 sampai 1979)

Bokassa membuat bangkrut negaranya sendiri dengan menghabiskan sepertiga dari anggaran nasional untuk upacara penobatannya sendiri, yang konon katanya karena ingin meniru penobatan Napoleon di abad ke-19.

Jean-Bédel Bokassa
Jean-Bédel Bokassa [imagesource]
Dituduh mempraktekkan kanibalisme, ayah dari 62 anak ini diyakini telah menjadikan saingan politiknya sebagai makanan untuk singa dan buaya di kebun binatang pribadinya.

Perbuatannya yang paling sadis adalah saat ia membantai 100 orang anak sekolah yang protes karena harus menggunakan seragam sekolah berharga mahal. Seragam ini tentu saja dibuat oleh pabrik milik istrinya.

Diktator ini hanya berkuasa 3 tahun, karena pada tahun 1979, dijatuhkan oleh pasukan pemberontak. Ia berhasil menyelamatkan diri ke Perancis dan tinggal di puri mewah miliknya di sana. Ia sempat pulang ke negaranya pada tahun 1986 dan diadili. Hukuman yang dijatukan padanya adalah hukuman mati, yang kemudian dikurangi menjadi seumur hidup. Tapi ia malah bebas di tahun 1993. Mengherankan. Tapi begitulah politik dan kekuasaan uang.

2. Ne Win (Burma, 1962 sampai 1988)

Diktator ini sangat percaya dengan numerologi sehingga ia merubah mata uang nasional, kyat, untuk diterbitkan dalam denominasi 45 dan 90, karena angka ini dapat dibagi dengan angka keberuntungannya: 9. Siapa saja yang memiliki tabungan di 100 kyat akan di ambil.

Ne Win
Ne Win [imagesource]
Ia juga percaya dengan penasehat spiritualnya, sehingga merubah jalur mobil dari kiri menjadi kanan. Padahal letak kemudi mobil sama sekali tidak berubah. Hal ini membuat banyak terjadi kecelakaan.

Pria ini juga suka mandi darah ikan lumba-lumba karena ia percaya bisa membuatnya kembali muda.

3. Farouk I (Mesir, 1936 sampai 1952)

Dijuluki ‘perut dengan kepala’ karena hobby makannya, Farouk konon selalu memakan 600 tiram seminggu dan memiliki koleksi porno terbesar di dunia.

Farouk I
Farouk I [imagesource]
Ia menyukai mobil balap  yang berwarna merah. Dia kemudian melarang semua rakyatnya memiliki mobil merah, sehingga polisi akan mengenal mobilnya dan  tidak menghentikannya ketika mereka melihat mobil merah mengemudi sembarangan.

Ia juga dikenal mengidap kleptomania, yaitu penyakit suka mencuri. Menurut laporan, ia pernah mencuri jam tangan milik Winston Churchill  saat sedang berada dalam kunjungan resmi.

4. Caligula (Roma, 37AD sampai 41AD)

Meskipun sudah menikah empat kali, Kaisar Romawi ini dikatakan memiliki hubungan incest dengan 3 saudari nya. Ia pun sering menjual jasa seksual mereka kepada orang lain. Hobbinya adalah menonton pertandingan gladiator melawan singa. Setelah kehabisan penjahat di penjara yang dipakainya untuk bertarung  di arena gladiator, ia memaksa sekelompok penonton yang tidak bersalah untuk melawan singa dan harimau sebagai gantinya.

Caligula
Caligula [imagesource]
Para peneliti menyimpulkan bahwa Caligula mengidap Schizoprenia dan memang tidak waras. Banyak kelakuannya yang aneh seperti menyalonkan kudanya untuk diterima sebagai anggota senat.

Sebelum dibunuh, Caligula sempat mengumumkan bahwa ia akan pindah ke Mesir karena ia merasa orang Mesir akan menyembahnya sebagai tuhan.

5. Saparmurat Niyazov (Turkmenistan, 1990 sampai 2006)

Niyazov sangat suka melarang hal ini dan itu. Ia melarang balet dan opera karena ia pikir kedua hal ini tidak penting di dalam kehidupan. Kaum laki-laki tidak diizinkan untuk menumbuhkan jenggot atau berambut panjang. Ia juga membenci lip sync, sehingga pemutaran rekaman musik di TV dilarang. Selain itu, ia melarang keberadaan anjing di ibukota Ashgabat karena tidak suka baunya.

Saparmurat Niyazov
Saparmurat Niyazov [imagesource]
Keputusannya juga sering aneh. Ia pernah memerintahkan dibangunnya sebuah istana es di sebuah daerah gurun pasir, agar anak-anak yang tinggal di daerah gurun bisa belajar ice skating. Ia juga sangat menganjurkan orang-orang untuk mengunjungi ibukota, malahan ia memerintahkan seluruh rumah sakit di luar ibukota untuk ditutup, sehingga orang sakit harus berobat ke ibukota.

6. François ‘Papa Doc’ Duvalier (Haiti, 1957 sampai 1971)

Papa Doc adalah seorang yang sangat percaya pada voodoo. Ia pernah mengklaim bahwa ia lah yang bunuh JFK, karena ia meletakkan kutukan pada JFK. Diktator ini percaya bahwa beberapa lawan politiknya sanggup berubah menjadi anjing hitam, sehingga ia memerintahkan seluruh anjing hitam di negaranya untuk dibunuh.

François ‘Papa Doc’ Duvalier
François ‘Papa Doc’ Duvalier [imagesource]
Salah satu hobbinya yang paling sadis adalah menyimpan kepala lawan-lawan politiknya pada peti es di dalam rumahnya. Ia juga memiliki kebiasaan untuk hanya keluar rumah setiap tanggal 22 tiap bulan, karena ia percaya roh-roh voodoo akan menjaganya.

7. Charles VI (Perancis, 1380 sampai 1422)

Dijuluki Charles si Gila,  raja Perancis ini mengenal dirinya sendiri dan keluarganya. Ia juga tidak tahu bahwa ia adalah Raja. Saat memimpin pasukannya, ia berkelahi dengan pasukannya sendiri karena seseorang  mengatakan bahwa ada pengkhianat di dalam pasukannya, ia membunuh beberapa orang sebelum ia bisa ditenangkan.

Charles VI
Charles VI [imagesource]
Padahal pada awalnya, ia adalah raja yang baik. Dinobatkan pada usia 16, kekuasaannya sempat diatur oleh beberapa orang pamannya. Tetapi para paman ini melakukan penyelewengan sehingga membuat ekonomi kerajaan memburuk sangat parah. Raja Charles kemudian menghukum mereka semua, dan mengangkat penasehat yang dulu merupakan penasehat ayahnya. Ekonomi kerajaan kemudian bangkit dan Perancis menjadi kerajaan yang makmur. Karena kebijakan inilah, sang Raja kemudian mendapat julukan “Beloved” atau yang dicintai.

Sayangnya, ia kemudian menjadi hilang ingatan dan melakukan banyak hal aneh. Seperti menyerang dan membunuh orang tanpa sebab. Ia tak lagi mengenal anak istrinya. Dan sering bertingkah sebagai serigala di dalam istana.

Ada yang bilang keadaan ini karena kutukan dari pamannya. Tetapi ada juga yang bilang bahwa ia terserang penyakit jiwa seperti schizoprenia. Penyakit kejiwaan memang diwarisi dari jalur keturunan ibunya, Joanna of Bourbon.

Para diktator dalam kisah ini memang ada yang gila beneran dan gila dibuat-buat. Semoga kita terhindar dari pemimpin seperti ini. Amin.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA