Geregetan! Selain Pulau dan Budaya, 4 Hal Ini juga Pernah Diklaim Milik Malaysia

Jaga diri, gais… jangan sampai kalian diklaim juga

oleh Nikmatus Solikha
11:00 AM on Jun 23, 2017

Bukan rahasia lagi kalau negara kita kerap bergesekan dengan Negeri Jiran. Sebagai negara yang lokasinya paling dekat dengan wilayah kita, Malaysia memang memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia. Rumpun, budaya, hingga bahasa juga hampir sama.

Meski memiliki banyak kesamaan, bukan berarti hubungan Indonesia dengan Malaysia selalu rukun-rukun saja, yang ada justru sebaliknya. Sebagai salah satu contohnya nih, Malaysia kerap mengklaim sesuatu yang sudah nyata milik Indonesia. Mulai dari pulau, budaya Reog Ponorogo, sampai wayang. Dan rupanya, kelakuan tersebut ternyata masih terus berlanjut. Berikut ini adalah 4 hal yang juga diklaim Malaysia, bikin geregetan banget.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Bali United

Masih ingat dong dengan viralnya foto tiga pemain Bali United yang mengekspresikan rasa syukurnya? Iya, ketiga pemain berbeda keyakinan tersebut mengungkapkan rasa syukurnya dengan cara masing-masing. Rupanya, bukan cuma netizen Indonesia saja yang mengagumi foto tersebut. Bahkan, media luar negeri juga mengamatinya. Foto tersebut akhirnya diunggah ulang oleh salah satu media Malaysia, lucunya salah satu netizen Malaysia berkomentar bahwa Bali United berasal dari negaranya.

Bali United [image source]
Jelas-jelas komentar yang nggak masuk akal. Meski demikian, netizen bernama akun @Zat tersebut masih ngotot menyebut Bali dulunya adalah Malaysia.  Tapi toh, syukur-syukur netizen Indonesia tak ambil pusing dan justru menanggapinya dengan cara kocak. Seperti komentar dari @adudu_bucucu yang menuliskan komentar, “Barcelona dulu juga berasal dari Malaysia, namun dicuri oleh Spain”. Komentar sekenanya, tapi dijamin bikin netizen Malaysia uring-uringan.

Raisa dan Agnez Mo

Siapa yang nggak kenal penyanyi berparas cantik yang udah sukses bikin Indonesia patah hati nasional ini? Tunangan bang Hamish Daud juga diklaim sebagai penyanyi asal Malaysia. Geregetan nggak sih? Hal ini terungkap saat sebuah berita tengah menceritakan bahwa beberapa orang Korea dan Amerika mengomentari betapa cantiknya artis Malaysia.

Agnez Mo dan Raisa [image source]
Namun, yang jadi masalah, dari sejumlah artis tersebut terselip nama dua artis asal Indonesia, yaitu Raisa dan Agnes Mo. Beberapa netizen Indonesia pun langsung berbondong-bondong menuliskan komentar bernada protes di media tersebut. Lucunya, setelah mendapat banyak protes, tak lama kemudian media Malaysia tersebut mengubah judul menjadi ‘Artis Indonesia’.

Tatan

Kalau kamu pengguna instagram, tentu sudah nggak asing lagi dengan selebgram Tatan alias Jonathan Sugianto, bocah gembul yang tingkah polahnya selalu bikin gemes netizen. Meski usianya masih berusia 3 tahun, tapi Tatan punya followers mencapai 3,3 juta. Beberapa hari lalu, video lucu Tatan diunggah kembali oleh 9Gag, situs terbesar di dunia yang kerap dijadikan tujuan orang dari berbagai negara untuk mencari hiburan.

Postingan Tatan [image source]
Namun, netizen Indonesia tiba-tiba dibuat geram karena tiba-tiba saja Tatan disebut dari Malaysia. Alhasil, sempat terjadi perang komen antara netizen Indonesia dan Malaysia. Hal tersebut pun bikin akun Tatan buka suara dan meminta agar tidak terjadi perang komen, karena di bio sudah terlihat bendera Indonesia, yang jelas-jelas negara asal si Tatan.

Beras dan garam Nunukan

Seakan belum puas, setelah Bali United dan sejumlah artis, kali ini beras dan garam lokal produksi Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara juga diklaim Malaysia. Hal tersebut karena beras dan garam asal Nunukan juga dipasarkan di Malaysia.

Beras lokal asal Nunukan [image source]
Di negara tersebut, kemasan juga diganti dengan kemasan dari Malaysia. Sedihnya lagi, rupanya beras dan garam lokal asal Nunukan tersebut belum memiliki hak paten, alhasil sangat mudah diklaim oleh Malaysia hanya dengan mengganti kemasannya.

Yah, mungkin kita musti tabah menghadapi banyaknya klaim dari Malaysia. Mungkin beberapa kasus klaim tersebut membuktikan bahwa Indonesia memang kerap bikin orang luar negeri merasa ‘ingin memiliki’. Senyumin aja, tapi jangan lupa cintai dan lindungi negeri ini, biar nggak dicomot-comot negeri sebelah.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA