Bukan Hanya Pak Jokowi, Beberapa Barang yang Dikenakan Para Presiden Terdahulu Ini Juga Pernah Tren

Tidak menyangka ternyata presiden Indonesia itu orannya modis-modis

oleh Arief Dian
14:00 PM on Jun 10, 2017

Lagi-lagi, barang yang dikenakan oleh pak Jokowi menjadi sorotan di masyarakat. Seperti beberapa waktu yang lalu, saat melakukan kunjungan, presiden Indonesia itu menggunakan sepatu sneaker berwarna putih yang akhirnya menjadi perbincangan netizen. Alhasil, banyak netizen yang ikut mencari informasi dan memburu barang serupa.

Soal presiden yang outfitnya jadi tren, ternyata hal tersebut tak hanya dialami oleh pak Jokowi saja. Beberapa presiden terdahulu kita juga mengalami hal serupa. Mulai dari zaman Pak Karno sampai SBY, mereka punya tren setelannya sendiri. Lalu seperti apa bentuknya? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

Peci hitam milik Soekarno

Peci Soekarno [image source]
Bukan lagi sebuah rahasia kalau presiden pertama Indonesia memang sudah sangat terkenal sekali dengan peci hitamnya. Mungkin itu pulalah yang akhirnya menjadi sebuah ciri khas tersendiri bagi sang putra fajar. Namun demikian meski sudah ada sejak dulu, justru karena beliaulah kini peci hitam itu jadi sangat terkenal sebagai milik orang Indonesia bahkan sampai sekarang. Bukan hanya membuat dunia tahu, tapi juga membuat peci hitam sebagai sebuah tren. Bahkan di acara-acara resmi para pemimpin atau pejabat negara mesti memakai peci hitam. Bisa dibilang kalau presiden Soekarno adalah salah satu orang yang paling berjasa mempopulerkan peci hitam.

Cerutu Soekarno dan Soeharto

Cerutu Soeharto [image source]
Kesamaan dari presiden pertama dan kedua Indonesia itu adalah sama-sama seorang perokok berat. Keduanya sudah sangat dikenal sebagai seorang yang tidak pernah jauh dari cerutunya. Bahkan saat sedang bertugas atau melakukan kunjungan ke luar negeri. Kebiasaan presiden Soekarno dan Soeharto dalam menghisap cerutu, menjadikannya sebuah tren di masyarakat. Bahkan uniknya muncul sebuah pemikiran kalau hanya mereka yang memiliki status sosial tinggi lah yang bisa menghisap cerutu, mengingat kebiasaan ini dilakukan oleh tokoh negara. Bahkan sampai sekarang cerutu khas Soeharto masih menjadi barang yang mahal.

Songkok tenun milik Gus Dur

Peci Gusdur [image source]
Meskipun memiliki jabatan yang lumayan singkat, namun Presiden ke empat Indonesia itu juga pernah menciptakan sebuah tren. Presiden dengan gaya cukup nyeleneh itu sangat terkenal dengan songkok tenun yang selalu menjadi ciri khas beliau. Akhirnya banyak orang yang berbondong-bondong mencari barang serupa untuk dikenakan. Apalagi sejak sepeninggal beliau, songkok khas Gus Dur ini makin banyak peminatnya. Bahkan sampai saat ini songkok tenun Gus Dur masih banyak yang menjualnya.

Kemeja tenun batik khas SBY

Batik SBY [image source]
Serupa dengan para presiden yang lain, pakaian Bapak Susilo Bambang Yudhoyono juga sempat menjadi tren di kalangan masyarakat. Beliau memang sangat identik dengan kemeja tenun batik yang selalu dikenakannya. Bahkan tak segan presiden ke enam Indonesia ini menghadiahkan baju batik serupa pada pemimpin negara yang mengunjungi Indonesia. Akhirnya batik tenun milik SBY ini menjadi sebuah tren dan lumayan banyak digemari oleh masyarakat. Sudah banyak toko pakaian yang bahkan sampai saat ini masih menjual kemeja batik bercorak mirip dengan yang dikenakan oleh SBY ini.

Namun yang paling banyak membuat tren tetap pak Jokowi

Peci Soekarno [image source]
Presiden Indonesia saat ini, selalu saja menjadi sorotan netizen karena apapun yang dikenakannya selalu menjadi tren. Mulai dari sarung, jaket boomber, motor trail hingga yang kemarin adalah sepatu sneakers. Keberanian presiden Jokowi untuk tampil beda itulah yang membuat apapun yang dipakainya menjadi sesuatu yang viral. Sikap tersebutlah yang membuat seolah presiden Indonesia itu terasa benar-benar dekat dengan rakyat. Kira-kira kejutan apalagi yang bakal dilakukannya? Kita tunggu saja.

Bagaimana? Tidak kalah keren bukan presiden-presiden di Indonesia itu. Bukan hanya menjadi seorang pemimpin negara, namun gaya dan pakaiannya juga menjadi sorotan oleh para rakyatnya. Kita mesti bangga dong karena punya presiden-presiden yang ternyata “gaul” juga.

 

 

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA