7 Pekerjaan Ini Bisa Dicuri Robot dari Kita

oleh Adi Nugroho
14:16 PM on Jul 17, 2015

Para peneliti memprediksi jika pada taun 2025, robot telah mengambil alih 30% pekerjaan manusia. Hal ini menyebabkan manusia kehilangan pekerjaan secara signifikan karena telah diambil oleh robot. Beberapa pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan analisis rumit akan mati bagi manusia. Bahkan diprediksi gelombang pengangguran akan bertambah dengan sangat drastis pada tahun 2029.

Pada tahun 2029 diprediksi kecerdasan buatan pada robot mampu menyamai manusia. Bahkan robot bisa bekerja di berbagai bidang yang sebelumnya manusia kerjakan. Apa saja pekerjaan yang bakalan dicuri oleh para robot itu. Yuk, kita bahas satu per-satu.

Baca Juga
Fakta Android Oreo, Sistem Operasi Terbaru Keluaran Google dengan 7 Fitur Super Canggih
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh

1. Tentara

Dalam beberapa dekade ke depan negara-negara maju akan memiliki tentara dari robot. Dan perlahan namun pasti penggantian tentara dengan robot akan bertambah hingga bisa mencapai separuh. Saat ini beberapa negara telah mengembangkan robot yang memiliki banyak fungsi perlindungan bagi warga. Robot ini mampu melaksanakan pekerjaan berbahaya yang tidak bisa dilakukan oleh tentara manusia.

Robot Tentara [image source]
Robot Tentara [image source]
Pekerjaan itu antara lain penjinakan bom (mengurangi risiko meninggal), menyelamatkan daerah dari zat kimia seperti nuklir yang berbahaya. Selain itu robot juga mampu meloncat, berguling-guling, dan tidak akan terluka jika suatu saat nanti akan terjatuh. Bukanlah hal yang mustahil jika mungkin 100 tahun lagi seluruh tentara dunia adalah robot. Seperti yang terjadi di film-film Hollywood.

2. Dokter dan Ahli Bedah

Industri medis dunia saat ini telah mengembangkan beberapa robot yang mampu menggantikan peran manusia. Seperti yang dilakukan oleh Johnson & Johnson, mereka mengembangkan robot yang mampu memberikan suntikan anastesi secara otomatis kepada pasien. Namun begitu masih diperlukan pengawasan beberapa dokter agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.

Robet Pengoperasi [image source]
Robet Pengoperasi [image source]
Selain itu IBM mengembangkan robot pendiagnosis yang sangat canggih. Bahkan memiliki akurasi 50-90% dalam mendeteksi kanker paru-paru pada manusia. Robot ini memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh dokter dalam menyimpan banyak sekali memori. Selanjutnya robot yang mampu melaksanakan operasi sendiri. Bahkan mampu mengangkat kanker yang terdapat pada lapisan daging manusia. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi puluhan tahun ke depan? Kuliah kedokteran akan tidak berguna karena robot mengambil alih semuanya.

3. Astronaut

NASA telah mengembangkan sebuah robot yang mampu bekerja sama dengan manusia di luar angkasa. Robot itu diberi mana The Robonaut 2 yang mulai difungsikan bekerja di stasiun luar angkasa. Robot ini bekerja menyiapkan peralatan, mengecek peralatan lain agar tidak terjadi kerusakan dan juga membersihkan ruangan di kapal ruang angkasa.

Robot Astronot [image source]
Robot Astronot [image source]
Pada tahun 2013, Jepang mengembangkan robot mini yang menjadi robot astronaut terkecil di dunia. Robot ini sangat lucu dan berbentuk mirip hewan. Robot ini dapat mengenali suara yang berbeda dari orang lain, selain itu robot juga mampu melakukan percakapan kecil. Robot ini diberi nama Kirobo. Dalam perkembangannya Kirobo akan mampu melakukan komunikasi yang banyak dengan manusia. Bermimpi jadi astronaut suatu saat nanti? Pikirkan lagi baik-baik.

4. Ahli Obat (Apoteker)

Perkembangan robot di dunia farmasi saat ini mulai mengguncang dunia. Terlebih telah diciptakan yang mampu mengerjakan hampir semua pekerjaan seorang apoteker. Bahkan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menyimpan informasi medis pasien. Robot mampu mengenali ribuan jenis obat yang tidak semua apoteker akan hafal dalam sekali waktu.

Robot Apoteker [image source]
Robot Apoteker [image source]
Robot apoteker ini memiliki kemampuan untuk menyiapkan dosis obat yang tebat bagi setiap pasien. Bahkan memorinya mampu menampung dosis obat berbeda bagi 350.000 pasien. Bahkan dalam setahun percobaan tidak ditemukan eror sama sekali. Robot apoteker ini juga mampu menyiapkan peralatan rumit untuk kemoterapi. Robot akan merebut pekerjaan orang yang berkuliah di jurusan farmasi, suatu saat nanti.

5. Sistem Pengiriman Surat Atau Barang

Era jual beli online sedang berkembang saat ini. Apa-apa dijual secara online. Mulai dari pakaian, barang elektronik, hingga makanan. Saat ini orang cenderung malas untuk sekadar keluar rumah untuk mendatangi sebuah toko. Maka munculah perusahaan jasa pengiriman barang dan surat. Namun jangan berharap hal semacam ini akan bertahan lama. Karena sudah muncul robot yang mampu melakukan hampir semua pekerjaan jasa pengiriman barang.

Robot Pengirim Barang [image source]
Robot Pengirim Barang [image source]
Robot ini mampu mengepak barang sesuai pesanan dan mengangkatkan ke gudang untuk dikirim. Bahkan beberapa perusahaan jasa pengiriman rela menginvestasikan jutaan dolar untuk robot jenis ini. Mereka punya impian memiliki robot yang mampu menggantikan pegawai ekspedisi, hingga menghindari banyak sekali kesalahan. Jangan kaget jika puluhan tahun lagi ada robot mengirimkan barang pesanan anda.

6. Online Marketer

Bisnis online mulai berkembang dengan pesat saat ini. Orang-orang mulai berlomba mempelajari sistem penjualan di internet agar meningkatkan omsetnya. Mereka melakukan apa yang dinamakan copywriting untuk menggaet perhatian pembeli. Mereka juga melakukan trik bisnis lain agar closing (barang terjual) meningkat.

Robot Online Marketer [image source]
Robot Online Marketer [image source]
Namun saat ini sudah ada robot yang memiliki sistem seperti ini. Robot mampu meng-generate konten yang sangat diminati pelanggan. Lalu menuliskannya dalam bentuk iklan dengan sistem copywriting. Setelah itu robot akan mencatat penjualan dan menganalisa tren selanjutnya untuk dijadikan bahan jualan yang baru. Saat ini internet marketing memang sedang jaya, beberapa tahun ke depan akan bersaing ketat dengan robot.

7. Jurnalis

Robot yang sedang dikembangkan ini sangat ditakuti para jurnalis. Pasalnya, robot ini mampu mengambil alih hampir semua pekerjaan mereka. Mulai menganalisis data mentah dan dibuat menjadi laporan dalam hitungan menit. Robot ini bahkan mampu membuat sebuah berita atau pun cerita yang berbeda-beda dalam waktu yang sangat singkat.

Robot Jurnalis [image source]
Robot Jurnalis [image source]
Robot jurnalis ini secara otomatis meng-generate konten sesuai dengan inputan pengguna. Konten yang masuk akan segara dibuat laporan dengan bahasa yang sangat baik. Bayangkan bagaimana nasib para jurnalis atau pun penulis beberapa tahun lagi jika mereka kalah bersaing dengan robot ini? Mungkin akan banyak wartawan robot yang berkeliaran ke mana saja mencari berita.

Tidak semua kemajuan akan memberikan dampak yang baik bagi manusia. Mungkin ada hal baik namun hanya bagi segelintir orang saja. Mumpung era robot belum datang alangkah baiknya kita saat ini bekerja dengan lebih kreatif dan tidak segan mencari ide-ide yang baru!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA