Buat Kamu yang Merasa Dewasa Itu Berat, 5 Hal Ini Bisa Bikin Hidupmu Bahagia kok!

oleh Happy
07:00 AM on Feb 14, 2016

Makin dewasa, kenapa hidup makin berat sih?! Pertanyaan itu sepertinya kerap muncul, disela kesibukkanmu yang bejibun. Yup! Hidup memang cukup melelahkan jika kamu menjalaninya tanpa semangat hidup, fokus, dan juga tujuan jelas. Tapi kalau hal tersebut sudah ada di dalam benakmu, mengapa rasa ‘menyebalkan’ itu tetap muncul dan membuat hidupmu merana ya?! Tanya kenapa?

Hidup memang ujian, hidup memang panggung drama, dan kalian pemainnya. So, ubah persepsimu dan jadikan kehidupan meranamu selalu penuh kegembiraan! Tak perlu budget gede kok! Cukup dengan perbuatan sederhana berikut ini, hidupmu bisa berubah jadi super indah dan menyenangkan!

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

1. Tidak Mengeluh, Dan Coba Lihat Dari Sudut Pandang Lain!

Hal pertama yang perlu kamu biasakan adalah jangan mengeluh. Yup! Kebiasaan baik ini seharusnya mulai kamu tanamkan sejak dini. Meski terkesan sederhana, tapi kebiasaan untuk tidak mengeluh adalah hal luar biasa yang bisa mengubah segalanya dalam hidupmu. Karena pada dasarnya mengeluh pun takkan mengurangi beban pekerjaanmu atau beban hidupmu. Malahan, dengan mengeluh makin menambah rasa sakit dalam hatimu loh! Coba ikhlaskan dan lakukan dengan sepenuh hati, niscaya pekerjaan yang kamu bawa akan lebih ringan dan membahagiakan.

Tidak Mengeluh, Lihatlah Dari Sudut Pandang Lain [image source]
Tidak Mengeluh, Lihatlah Dari Sudut Pandang Lain [image source]
Selain itu, coba pikirkan dari sudut pandang yang lain. Karena persepsi yang terlintas dalam pikiranmu tak selamanya jadi hal benar! Cobalah melunak, dan putar pemikiranmu dari sudut pandang orang lain. Jamin, sedikit demi sedikit kamu akan bisa mengontrol emosimu dan juga lingkungan sekitarmu. Ambil sisi positif dan bahagialah!

2. Selalu Berikan Senyum Tulus dari Hati

Karena senyum itu ibadah! Juga senyum itu lebih menyehatkan ketimbang wajah cemberut dengan lipatan dahi menakutkan. Bahkan dari sisi kesehatan pun dijelaskan, hanya butuh 17 otot untuk membuatmu tersenyum loh! Jumlah ini lebih sedikit ketimbang jumlah otot yang musti kamu gerakkan ketika menciptakan raut wajah cemberut. Selain mengurangi potensi keriput di wajah, dengan senyum kamu juga menyehatkan jiwa! Karena dengan senyum, secara otomatis kamu akan merasa bahagia dan memberi energi positif ke sekelilingmu!

Selalu Berikan Senyum Tulus Dari Hati [image source]
Selalu Berikan Senyum Tulus Dari Hati [image source ]
Apalagi jika kamu berusaha memberikan senyum tulusmu dari hati. Akan ada rasa unik tersendiri loh! Rasa bahagianya akan terasa berlipat-lipat. Tak perlu mencari alasan rumit untuk bahagia, cukup mendongak ke atas, lihatlah langit dan temukan bahagiamu dengan mengagumi keindahan ciptaan-Nya. Happiness is in the air guys! Find it, and be happy!

3. Biasakan Ucap Kalimat Ajaib Ini!

Dalam bahasa Indonesia kalimat ajaib itu berbunyi, ‘terima kasih’. Cukup sederhana memang, tapi percayalah dengan mengucapkannya banyak hal positif yang akan menghampirimu. Selain membawa ketenangan untuk jiwamu, dengan mengucap kata ini kamu bisa jadi membuat seseorang merasa lebih baik dan mereka merasa dihargai. Berbagi energi positif ini pun akan menambah indahnya hidupmu!

Biasakan Ucap Kalimat Ajaib Ini [image source]
Biasakan Ucap Kalimat Ajaib Ini [image source]
Tapi ingat ya, lakukan dengan ramah! Setidaknya dengan nada bicara yang menyenangkan. Makin baik lagi jika ditambah dengan senyum manis nan menenangkan. Cobalah dan kamu akan menemukan sensasi menyenangkan luar biasa dalam hatimu!

4. Lakukan Hal Benar, Contohnya selalu Buang Sampah Pada Tempatnya!

Poin keempat ini menjadi poin penting yang harus kamu taati kalau ingin hidupmu bahagia dan menyenangkan. Yaitu lakukan hal yang benar! Maksudnya hal yang benar di masyarakat alias tidak melanggar hukum ya guys! Karena percaya atau tidak, melakukan sesuatu yang salah sebenarnya meresahkan hati dan bikin stress. Bahkan penjahat sekalipun punya jeritan hati untuk berhenti melakukan hal yang menyalahi aturan loh! Gak percaya?! Coba tanya langsung deh!

Lakukan Hal Benar, Contohnya Selalu Buang Sampah Pada Tempatnya [image source]
Lakukan Hal Benar, Contohnya Selalu Buang Sampah Pada Tempatnya [image source]
Hal benar? Gak usah jauh-jauh kok! Cukup dari hal sederhana di sekitarmu. Contohnya seperti selalu membuang sampah pada tempatnya. Kamu mungkin menganggap hal itu sesuatu yang sepele banget, tapi hal kecil ini sebenarnya turut andil dalam membentuk bahagiamu loh! Cobalah dari sekarang tertib membuang sampah pada tempatnya, dan rasakan sensasi melayang seperti pahlawan setiap kali kamu melakukannya! Terlebih dengan melakukan hal terpuji ini, kamu juga ikut menyumbang menjaga kebersihan planet bumi. Coba bayangkan jika setiap orang punya kesadaran membuang sampah pada tempatnya, bisa dipastikan bumi ini terlihat lebih cantik dan bersih!

5. Kepo-lah!

Yup! Kepolah guys, karena kepo itu membahagiakan! Eits, tapi kepo untuk hal positif ya! Maksudnya disini, kepo pada pengetahuan yang sudah ditemukan di dunia ini. Tak berbatas pada bidang tertentu, kepolah seluas-luasnya! Karena dengan kepo, kamu bisa menemukan hal baru dalam hidup ini yang membawamu keluar dari zona bosan yang bisa sangat menyiksa!

Kepolah [image source]
Kepolah [image source]
Baca buku, searching di internet, atau lebih baik lagi kamu datangi para ahli yang tahu lebih banyak tentang hal yang bikin kamu penasaran! Karena planet yang disebut telah berusia 4,5 miliar tahun ini memiliki banyak cerita dan hal menarik yang seharusnya tak kamu lewatkan! Malahan bisa menambah perjalanan hidupmu makin menarik!

Cukup sederhana bukan? Karena hidup adalah pilihanmu! Kamu bisa membawanya menjadi hidup yang menyedihkan atau kebalikannya. Hidup Cuma sekali, jadi kamu mau pilih yang mana nieh?!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA