10 Destinasi Wisata Dengan Nama Paling Sulit Diucapkan

oleh Alfry
09:10 AM on Nov 8, 2014

Mengunjungi tempat-tempat keren di dunia pasti memberikan kesan yang mendalam buat para traveler. Selain rencana apa saja yang akan dilakukan saat berada di destinasi wisata, hal lain yang pasti dipikirkan adalah mengumpulkan banyak bahan untuk diceritakan pada teman-teman pasca pulang traveling. Pasti sangat mengasikkan memamerkan pada teman-teman jika kita sudah mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah mereka kunjungi.

Namun bagaimana jika destinasi wisata yang kalian kunjungi ternyata memiliki nama yang sangat panjang dan sangat sulit dieja? Jangankan kalian dapat mengingatnya, membacanya saja pasti bikin lidah kalian keseleo. Tapi ini fakta bukan rekayasa, ada tempat-tempat di dunia yang memiliki nama yang sangat sulit untuk dieja. Berikut tempat-tempat tersebut.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit – Thailand

Tidak ada yang menyangka jika nama yang panjangnya hampir sama dengan landasan pesawat ini adalah nama lain dari kota Bangkok, ibu kota Thailand. Bahkan mama itu sebenarnya adalah nama resmi Kota Bangkok yang diberikan oleh Raja Buddha Yodfa Chulaloke yang kemudian disunting oleh Raja Mongkut.

Bangkok, Thailand
Bangkok, Thailand

Arti dari nama tersebut adalah “Kota malaikat, kota besar, kota intan abadi, kota Dewa Indra yang tidak tergoyahkan, ibu kota agung dunia yang dikaruniai sembilan batu permata berharga, kota kebahagiaan, penuh dengan Istana Kerajaan yang sangat besar yang menyerupai surga dimana pemerintahan adalah reinkarnasi dewa-dewa, sebuah kota yang diberikan oleh Indra dan dibangun oleh Wisnu”

2.Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu – Selandia Baru

Meskipun nama resmi kota Bangkok memiliki jumlah huruf dan kata yang sangat panjang namun nama tempat yang tercatat oleh Guinness World Records sebagai nama tempat terpanjang di dunia adalah nama sebuah bukit di selatan Teluk Hawke, Selandia Baru ini.

Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu
Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu

Jika diterjemahkan nama tersebut memiliki arti “Bukit permainan flute oleh Tamatea, yang ditiup kemari dari jauh, memiliki penis yang telah disunat, merumputi lututnya dengan memanjat pegunungan, jatuh ke Bumi, dan mengelilingi daratan, menuju orang yang dicintainya”.

3.Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch – Inggris Raya

Bayangkan jika Anda tinggal di daerah ini atau memiliki saudara yang tinggal di sana. Pasti akan sangat sulit sekali saat menuliskan alamat tersebut ketika ingin mengirim sebuah surat. Atau jika traveling ke tempat ini kemudian ingin menceritakan ke teman-teman tentang tempat yang baru saja Anda kunjungi pasti kebingungan mengingatnya.

Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch
Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch

Nama dengan kombinasi huruf konsonan yang berjajar lebih dari 10 huruf dan tanpa jeda spasi ini adalah nama sebuah desa di pulau Anglesey di Wales, Inggris Raya. Nama itu berasal dari bahasa Welsh dan menjadi nama terpanjang yang sangat terkenal di Inggris.

4.Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg – Amerika Serikat

Jika sebelumnya ada nama tempat terpanjang di Inggris yang ini adalah nama tempat terpanjang di daratan Amerika. Nama tersebut merupakan nama sebuah danau di kota Webster, Massachusetts, Amerika Serikat. Versi lebih mudahnya dari danau tersebut adalah Danau Webster.

Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg
Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg

Karena panjang dan sulitnya nama itu diucapkan maka menjadi sangat prestisius bagi penduduk lokal yang dapat mengucapkannya dengan sangat cepat, lengkap dan benar. Pada dasarnya nama danau ini berasal dari bahasa lokal suku Nipmuck yang artinya kira-kira “tempat memancing di perbatasan”.

5. Pekwachnamaykoskwaskwaypinwanik – Kanada

Memiliki arti “di mana ikan trout liar ditangkap oleh nelayan dengan kail”, sebuah danau di Manitoba dan Nunavut, Kanada ini memegang rekor sebagai nama tempat terpanjang dan tersulit untuk diucapkan di negara tersebut.

Pekwachnamaykoskwaskwaypinwanik
Pekwachnamaykoskwaskwaypinwanik

Dalam buku Guinness World Records tempat ini terdaftar sebagai tempat dengan kata tunggal terpanjang keempat di dunia. Nama danau ini tersusun atas 35 huruf dan berasal dari bahasa Cree yaitu sebuah bahasa daerah penduduk asli Amerika yang bermukim di Amerika Utara.

6. Przedmiescie Szczebrzeszynskie – Polandia

Adalah nama sebuah desa di Lublin Voivodeship, Polandia bagian timur yang terdiri atas 29 huruf dan termasuk nama tempat yang sulit di ucapkan dan menjadi yang terpanjang di negara tersebut. Namun meski nama desa itu terbilang cukup panjang, penduduk yang tinggal di wilayah itu tidak lebih dari 386 jiwa saja.

Przedmiescie Szczebrzeszynskie
Przedmiescie Szczebrzeszynskie

Nampaknya masih banyak lahan kosong di daerah itu, jika traveler berniat memiliki tempat tinggal yang nyaman dan jauh dari hingar bingar keramaian kota tidak ada salahnya melirik tempat ini untuk dijadikan tujuannya. Namun sebelum melakukan itu cobalah untuk mengucapkan nama tersebut dengan benar dahulu.

7. Beaujeu-Saint-Vallier-Pierrejux-et-Quitteur – Perancis

Perancis terkenal sebagai pusat mode dan negara paling romantis di dunia. Jika berkunjung ke negara ini coba aja untuk singgah di salah satu kota administratif di wilayah Haute-Saone, Perancis bagian timur. Di sana traveler akan menemukan sebuah tempat yang konon memiliki nama terpanjang di Perancis yaitu Beaujeu-Saint-Vallier-Pierrejux-et-Quitteur.

Beaujeu-Saint-Vallier-Pierrejux-et-Quitteur
Beaujeu-Saint-Vallier-Pierrejux-et-Quitteur

Berdasarkan data pada pencatatan jumlah penduduk pada tahun 2006, kota ini dihuni sekitar 970 jiwa. Dengan total luas wilayah yang mencapai 35,12 kilometer persegi maka kepadatan penduduk di wilayah tersebut sekitar 28 jiwa per kilometer persegi. Dapat dikatakan cukup sepi untuk ukuran sebuah daerah yang disebut kota.

8.Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein – Afrika Selatan

Jalan-jalan ke benua Afrika paling enak jika bukan menjelajahi taman safari bertemu hewan-hewan buas di habitat aslinya pasti mengunjungi industri peternakannya. Ada sebuah peternakan di Afrika Selatan yang berlokasi sekitar 200 kilometer sebelah barat Pretoria, Afrika Selatan bagian barat laut yang sangat unik.

Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein
Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein

Keunikan tersebut terletak pada namanya, Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein ditasbihkan sebagai nama peternakan terpanjang di dunia dan paling sulit untuk dieja. Kalau tidak percaya silakan saja kalian eja nama tempat tersebut. Nama ini diambil dari bahasa Afrika yang berarti “musim semi di mana dua ekor kerbau dibunuh dengan satu tembakan”.

9.Gorsafawddacha’idraigodanheddogleddollnpenrhynareurdraethceredigione – Inggris

Nama tempat yang satu ini mungkin paling tepat diberikan, karena nama yang super panjang ini adalah nama sebuah stasiun kereta api yang berada di Gwynedd, Wales bagian barat, Inggris. Sesuai dengan panjangnya gerbong kereta api demikian pula dengan nama stasiunnya.

Gorsafawddacha'idraigodanheddogleddollnpenrhynareurdraethceredigione
Gorsafawddacha’idraigodanheddogleddollnpenrhynareurdraethceredigione

Arti dari nama yang diambil dari bahasa Wales itu memiliki arti “Stasiun Mawddach dan naga di bawah perdamaian utara Jalan Penrhyn di pantai emas teluk Cardigan”. Stasiun yang bernama asli Golf Halt ini diberi nama lain yang begitu panjang dengan tujuan untuk mengalahkan popularitas Desa Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch yang juga berada di Wales.

10. Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä – Finlandia

Tersebutlah sebuah rawa di Savukoski, Lapland, Finlandia yang memegang rekor nama tempat dengan satu kata yang tersusun atas 35 huruf sebagai nama terpanjang di negara itu dan kedua di Eropa.

Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä
Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä

Lucunya dari nama rawa tersebut yaitu sampai saat ini arti dari nama yang diberikan itu tidak diketahui bahkan oleh si pemberi nama. Pasalnya pada zaman dahulu nama itu diberikan agar tidak ada yang menyamainya hingga akhirnya dipilihlah nama yang dapat dibilang asal-asalan itu. So, traveler cobalah mengeja 10 tempat tersebut dengan benar. Apakah Anda berhasil?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA