Kalau Nggak Pinter Desain, Jangan Hidup di Korea Utara (Bisa Kena Eksekusi Mati)

oleh Ayu
10:45 AM on Jul 1, 2015

Karena Korea Utara itu bukan negara sembarangan, bahkan untuk hal sekecil apapun. Tahu sendiri kan siapa pemimpinnya? Kim Jong Un yang terkenal dengan aturan-aturan dan ‘titah’ kontroversialnya itu.
Kali ini buat kalian yang berkecimpung di dunia desain mendesain dan arsitektur, kalau memang merasa belum yakin, mending jangan nekat ke Korea Utara. Yah, tapi siapapun yang ditawari hidup di sana juga akan mikir dua kali kalau melihat fakta yang selama ini terjadi.

Nah, baru-baru ini ada seorang arsitek yang dijatuhi hukuman mati. Banyak yang bilang kalau desain bandara yang diterapkannya ‘salah’ menurut Kim Jong Un. Presiden itu pun menjatuhkan vonis hukuman mati. Masa cuma gara-gara salah sedikit bisa kena hukuman mati? Nah, kita kupas kisah selengkapnya.

Baca Juga
Perawat Ini Main Hape di Tengah Operasi, Keselamatan Pasien Jadi Nomor Dua
Murka Karena Hutang Tak Kunjung Dibayar, Ijazah Dibakar Sebagai Gantinya

Desain yang Tidak Memuaskan Kim Jong Un

Korea Utara memang sedang membangun bandar udara baru yang berusaha menarik wisatawan untuk datang ke sana. Kim Jong Un ingin menyambut calon tamu-tamunya dari seluruh dunia dengan bandara terbaik. Kabarnya bandara ini punya fasilitas unggul seperti cafe espresso, air mancur cokelat. beberapa store terbaik dan sebagainya. Bahkan kaca-kaca bandaranyapun adalah pilihan. Rencananya bandara yang ada di Pyongyang ini akan menerima tamu dari Tiongkok dan Rusia. Tapi, ada satu fakta ‘pedih’ di balik bandara super tersebut.

Kim Jong Un dan istrinya meninjau Bandara Pyongyang [Image Source]
Kim Jong Un dan istrinya meninjau Bandara Pyongyang [Image Source]
Ya, seperti yang sudah banyak diungkap media lokal dan internasional, kabarnya Kim Jong Un merasa tidak puas dan tidak menyukai desain yang dibuat oleh Ma Won Chun. Direktur Departemen Desain Komisi Pertahanan Nasional itulah yang mengepalai proyek bandara berfasilitas mewah ini.

Satu kegagalan yang dilakukan adalah saat pembangunan terminal 2 yang kabarnya tidak sesuai dengan visi misi partai. Desain tersebut tidak menonjolkan karakter dan identitas nasional menurut Kim Jong Un, seperti disampaikan melalui NK News. Boleh dibilang, kali ini yang disebut ‘kesalahan’ desain menurut Kim Jong Un, cukup beralasan.

Ternyata Kesandung Korupsi

Selain ‘kesalahan’ desain, rupanya Ma Won Chun juga tersangkut kasus korupsi. Kegagalannya dalam menjalankan rencana pembangunan bandara sampai akhirnya dihukum mati, rupanya juga karena ia terjaring dalam sebuah operasi ‘pembersihan’.

bandara pyongyang dalam
Mengintip bagian dalam Bandara Pyongyang [Image Source]

Inilah yang menyebabkan Ma Won Chun akhirnya dieksekusi mati, bersamaan dengan empat pejabat lainnya. Mereka telah dieksekusi bahkan sejak akhir tahun 2014 lalu. Dengan standar negara Korea Utara yang dipimpin oleh seorang Kim Jong Un. rasanya hukuman eksekusi mati ini, lagi-lagi cukup beralasan.

cafe bandara pyongyang
Cafe di dalam Bandara Pyongyang menyediakan Espresso terbaik [Image Source]

Presiden Korea Utara ini memang memiliki banyak sekali kebijakan kontroversial. Salah satunya adalah hukuman eksekusi mati bila terjadi kesalahan yang dianggap cukup ‘mengganggu’ atau ‘gagal’.

Bandara Pyongyang ini memiliki banyak sekali fasilitas yang menyenangkan dan mewah. Akan tetapi bila kita mau melirik lebih dalam di kalangan rakyatnya, justru mereka tengah dilanda kelaparan dan keterbatasan BBM. Kondisi yang timpang memang, namun itulah salah satu wujud kekuatan Kim Jong Un.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 5 Cara Menyelamatkan Nyawa dari Harimau, Meski Hidupmu Ada di Ujung Taring Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA