in

10 Desa Unik yang Hanya Bisa Kamu Lihat di Indonesia

9. Uniknya Desa Pembuat Keris Terbesar

Desa Aeng Tong Tong [Image Source]
Desa Aeng Tong Tong [Image Source]
Berkunjung ke Desa Aeng Tong Tong, Madura, kamu bakal merasakan nuansa seperti zaman Majapahit. Bukan, bukan karena ornamen desanya yang tua atau semacamnya, tapi di sini kita bisa menjumpai begitu banyak orang yang membuat keris. Ya, hampir sebagian besar penduduk desa Aeng Tong Tong adalah pengrajin keris yang sudah dimulai sejak dahulu sekali. Unik sekali tentu saja dan hanya bisa ditemui di Indonesia.

10. Bone Bone, Desa Tanpa Asap Rokok

Desa Bone Bone [Image Source]
Desa Bone Bone [Image Source]
Satu lagi desa unik di Indonesia yang sepertinya juga tak dijumpai di belahan bumi lain. Ya, desa ini bernama Bone Bone yang ciri khasnya adalah bebas asap rokok. Serius, desa ini memang benar-benar bebas rokok karena hampir sebagian besar masyarakatnya sudah tak lagi mengonsumsi rokok sejak satu dekade lalu. Memang sengaja pemerintah setempat memberlakukan peraturan ini dengan tujuan kesehatan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat. Cara ini pun berhasil dan bisa kita lihat dari Bone Bone sekarang yang terlihat jauh lebih hidup dibanding belasan tahun lalu.

Inilah deretan desa-desa unik di Indonesia yang hampir mustahil kita jumpai di luar sana. Bangga dong tentu saja karena jadi satu-satunya di dunia. Tapi, kita juga jangan bangga-bangga doang nih, kunjungi juga sebagai sikap apresiasi. Turis manca saja sudah bolak balik berkunjung, masa kita yang dekat ini nggak melakukan hal yang sama sih.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Inilah Sungai-Sungai yang Kerap Menghasilkan Banjir Bandang Terparah di Indonesia

Ngerinya Bangkawan, Tradisi Pembangunan ‘Rumah Tengkorak’ Suku Dayak di Kalimantan Utara