5 Persamaan Den Jaka dan Navy SEAL Si Pasukan Elit Terhebat Dunia

oleh Chandra
09:00 AM on Feb 21, 2017

Membandingkan militer Indonesia dan Amerika jelas adalah hal yang konyol. Bukan pesimis, tapi dari data yang ada, kita memang kalah jauh sekali dengan si Paman Sam. Mereka ada di peringkat pertama dunia, sedangkan kita rangking 14 (menurut data Global Fire Power tahun 2016). Tak hanya peringkat, di hampir masing-masing aspek kita pun kalah telak. Mulai dari jumlah tentara, koleksi alutsista, sampai kepemilikan nuklir.

Indonesia memang kalah dari Amerika untuk militer secara keseluruhan, tapi di ranah pasukan elit tunggu dulu. Ya, kita punya banyak pasukan khas yang bikin Amerika ketar-ketir. Misalnya saja Den Jaka yang kualitasnya setara bahkan bisa dibilang lebih oke dari Navy SEAL yang dikatakan sebagai pasukan elit terbaik di muka Bumi. Ini tidak hiperbolis atau menghibur diri, faktanya, para anggota SEAL sendiri pernah bilang kalau para member Den Jaka itu isinya memang orang-orang gila.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Setidaknya ada lima persamaan antara Den Jaka dan Navy SEAL yang bisa diartikan sebagai kesetaraan kualitas di antara keduanya. Apa saja hal tersebut? Simak ulasannya berikut.

1. Jumlah Pasukan yang Sama-Sama Dirahasiakan

Jumlah pasukan dalam satuan elit adalah informasi penting yang tak sembarang orang tahu. Dan kalau kita obok-obok internet pun hampir tak ada satu situs yang secara pasti menyebutkan jumlah anggota dari pasukan elit, apa pun itu. Den Jaka dan Navy SEAL pun demikian pula.

Pasukan Den Jaka lebih banyak [Image Source]
Hampir tak diketahui berapa jumlah pasti dari kedua pasukan elit ini. Meskipun begitu, ada semacam selentingan kalau anggota Den Jaka lebih banyak dari SEAL. Namun, lagi-lagi tak bisa dibuktikan karena hal yang berhubungan dengan keanggotaan sifatnya sangat rahasia.

2. Keduanya Punya Latihan Neraka yang Bikin Nyerah

Namanya juga pasukan elit, latihannya pun jelas lebih berat dan tak masuk akal dibandingkan tentara biasa. Soal latihan, Den Jaka dan SEAL boleh dikatakan imbang. Untuk Navy SEAL ada yang namanya Hell Week alias minggu neraka di mana di masa itu dilakukan latihan-latihan edan yang bikin siapa pun seolah menyerah. Misalnya saja berenang ekstrem, lari dengan perangkat full gear, dan lain sebagainya.

Latihan Seleksi Navy Seal jauh lebih berat [Image Source]
Untuk Den Jaka juga demikian halnya. Mereka punya latihan ekstrem, hanya saja di bidang kelautan lebih banyak. Salah satu latihan Den Jaka yang paling tidak biasa adalah menyelam ke dalam lautan dengan tangan terikat. Untuk latihan satu ini, SEAL pernah dibikin geleng-geleng.

3. Sama-Sama Memiliki Persenjataan Mumpuni

Sebagai pasukan elit terbaik dunia dan dimiliki oleh Amerika pula, maka jelas kalau berbicara persenjataan, SEAL sangat mumpuni. Mereka diketahui memegang senjata-senjata terbaik di kelasnya mulai dari senapan M-4 Custom yang jadi laras terbaik dunia sampai perlengkapan-perlengkapan juara yang super canggih. Memang dibutuhkan perlengkapan maut agar bisa mengimbangi kekuatan mereka.

Persenjataan Navy Seal Jauh lebih lengkap [Image Source]Meskipun Den Jaka tidak disuplai oleh perlengkapan mentereng seperti SEAL, namun secara umum persenjataan pasukan elit kita ini juga mumpuni. Beberapa senapannya luar biasa serta memiliki kualitas terbaik. Mereka juga berlangganan senapan sniper kelas wahid yang harganya setara motor sport bahkan mobil.

4. Keduanya Bisa Ditempatkan di Mana Saja

Navy SEAL dan Den Jaka sesungguhnya memiliki basis yang sama yakni angkatan laut. Alhasil, untuk urusan air mereka juaranya. Meskipun begitu bukan berarti dua pasukan ini hanya jago di laut saja, untuk area yang lain mereka sama mematikannya. Hal ini karena dalam latihan, dua pasukan ini juga digembleng agar jago di darat maupun udara.

Misi Pasukan Navy Seal lebih luas [Image Source]
Lantaran jadi pasukan elit yang serba bisa, makanya mereka pun sangat mudah menyesuaikan diri dengan misi yang diberikan. Tak cuma itu, mereka juga bisa digabung bersama unit lainnya sehingga mampu sebagai pelengkap pula. Tapi, dengan kualifikasi setara mereka, dua pasukan elit ini biasa suka bekerja sendiri.

5. Keduanya Teruji Lewat Misi-Misi Mematikan

Sebuah pasukan disebut hebat ketika mereka tak hanya punya kemampuan tapi juga teruji di lapangan. Dan untuk pengalaman misi-misi, dua pasukan ini sepertinya tak perlu ditanya karena masing-masing sudah punya torehan tersendiri.Misinya sendiri sangat berat kalau dibandingkan dengan pasukan reguler atau unit khusus lainnya.

Den Jaka dan Navy Seal sama-sama unggul dalam melumpuhkan kejahatan [Image Source]
Untuk Den Jaka, ada banyak misi yang berhasil mereka pecahkan. Salah satunya adalah ketika mereka melumpuhkan para teroris yang hendak meledakkan PT. Pusri dan Pertamina Plaju, Palembang. Dengan keganasannya pasukan elit paling mumpuni di Indonesia ini bisa membekuk para penjahat dan membuat mereke bermimpi buruk. Untuk SEAL, tentu saja mereka juga punya track record yang mentereng. Tapi yang paling mentereng adalah ketika pasukan ini berhasil menaklukkan Osama Bin Laden, sang buronan yang dicari dunia selama bertahun-tahun.

Indonesia mungkin boleh kalah secara keseluruhan soal militer, namun untuk urusan pasukan elit, kita ternyata setara. Bahkan seumpama diadu satu lawan satu, yakin sekali para anggota Den Jaka bakal bisa mengalahkan Navy SEAL. Dengan demikian, sebenarnya layak menyebut Den Jaka sebagai elit terbaik di dunia yang kemampuannya setara bahkan lebih tinggi dari SEAL.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA