Definisi ‘Seksi’ dari Seluruh Dunia

oleh Rizal
22:00 PM on Aug 4, 2015

Seksi bukan hanya dari sesuatu yang terlihat saja, begitulah ungkapan sebagian wanita. Pernyataan ini memang benar adanya, seksi tidak hanya dilihat dari tampilan saja. Sesuatu seperti loyalitas, kesetiaan, dan cinta kasih juga masuk ke dalam border keseksian.

Tapi, tidak semuanya setuju dengan deskripsi general seperti itu lho. Seperti deretan negara berikut yang punya definisi sendiri tentang keseksian. Beberapa mungkin cukup masuk akal, namun ada pula yang aneh dan cenderung ekstrem. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo

1. India

Negeri Bollywood ini terkenal dengan deretan wanita cantiknya yang ‘seksi’ seperti misalnya Kareena Kapoor atau Katrina Kaif. Namun bukan ciri-ciri fisik yang membuat wanita dianggap seksi di sini. Pernah mendengar tentang Henna? Yup, seni body art keren ini lah yang menjadi simbol sensualitas. Tak peduli seperti apa fisik seseorang, ketika mereka melukis tubuhnya dengan Henna, maka predikat seksi langsung melekat.

Henna adalah simbol keseksian yang kuat di India [Image Source]
Henna adalah simbol keseksian yang kuat di India [Image Source]
Tak hanya Henna, ada berbagai pernik lain yang juga bisa dianggap sebagai simbol keseksian di India. Misalnya saja Bindi atau hiasan bulatan merah di kening dan juga nose piercing, yakni tindik di hidung yang bertujuan untuk membuat para wanita lebih mudah mengaplikasikan makin banyak perhiasan di tubuhnya. Semua dandanan ini memang tak mudah dalam pengaplikasiannya. Apalagi Henna yang prosesnya butuh berjam-jam lamanya.

2. Kenya

Di Kenya kamu akan sering menjumpai banyak wanita yang melubangi mulutnya untuk kemudian diletakkan sebuah benda berbentuk lingkaran di sana. Tradisi ini disebut dengan lip plate. Memang terlihat mengerikan, tapi hal tersebut merupakan representasi dari keseksian menurut para wanita Kenya. Praktik ini sendiri dimulai ketika masih remaja, biasanya berusia antara 12 hingga 13 tahun.

Tradisi lip plate wanita Kenya [Image Source]
Tradisi lip plate wanita Kenya [Image Source]
Tak hanya tradisi lip plate, mereka juga memangkas habis rambutnya serta membuat piercing besar di telinga. Hal ini juga bertujuan agar mereka terlihat lebih seksi di mata pria.

3. Burma

Sama seperti Kenya, Burma juga punya tradisi ekstrem yang dilakukan para wanitanya agar nampak lebih seksi. Mereka mengenakan semacam gelang di bagian leher dengan jumlah yang cukup banyak. Tujuannya agar menciptakan kesan memiliki leher jenjang dimana hal tersebut adalah simbol keseksian menurut mereka.

Leher jenjang adalah segalanya bagi para wanita Burma [Image Source]
Leher jenjang adalah segalanya bagi para wanita Burma [Image Source]
Tradisi ini dimulai ketika mereka kecil. Seiring dengan bertambahnya usia, gelang di bagian leher pun bertambah. Begitu seterusnya hingga mencapai batas maksimal. Tradisi ini sebenarnya sangat kontroversial. Mengingat bahayanya juga cukup besar, misalnya saja potensi untuk mengalami patah leher yang bisa menyebabkan kematian.

4. Ethiopia

Lain Kenya lain Pula Ethiopia, seksi menurut para wanita di negeri ini adalah mereka yang punya bekas luka eksotis. Entah lantaran luka sungguhan atau luka yang sengaja dibuat agar meninggalkan bekas.

Bekas luka yang menjadi simbol keseksian wanita Ethiopia [Image Source]
Bekas luka yang menjadi simbol keseksian wanita Ethiopia [Image Source]
Selain sebagai modal penumbuh rasa percaya diri, bekas luka ini juga berkhasiat untuk memikat para pria. Uniknya, tradisi ini tak hanya dilakukan para wanitanya, namun pria juga melakukannya. Tujuannya pun sama, agar mereka bisa memikat wanita pujaan hati.

5. Iran

Percaya atau tidak, Iran adalah negara dengan jumlah operasi hidung paling banyak di dunia. Mereka bukan terobsesi dengan perbaikan hidung, melainkan hanya ingin pamer perban operasinya saja. Memang aneh, tapi mereka bangga dengan hal tersebut.

Perban hidung yang bikin wanita Iran terlihat sangat menarik [Image Source]
Perban hidung yang bikin wanita Iran terlihat sangat menarik [Image Source]
Bahkan mereka akan tetap memasang perban tersebut walaupun hidungnya sudah tidak lagi memerlukannya. Lucunya, Banyak pula orang-orang yang sengaja menggunakan perban hidung walaupun sama sekali tidak melakukan prosedur operasi. Ini semua demi kebanggaan dan titel seksi.

6. Jepang, China & Thailand

Sebenarnya tidak hanya di 3 negara ini, hampir seluruh wanita di Asia menginginkan kulit yang super putih mulus. Mereka menganggap memiliki kulit putih adalah perwujudan dari seksi itu sendiri. Di Jepang para wanitanya sering berdandan unik dengan menggunakan bedak berwarna putih pada saat pertunjukan maupun festival. Hal tersebut menunjukkan kalau sejak dulu mereka sangat terobsesi dengan kulit berwarna putih.

Wanita Jepang sejak dulu sudah mendambakan kulit yang super putih [Image Source]
Wanita Jepang sejak dulu sudah mendambakan kulit yang super putih [Image Source]
Bukti lainnya adalah iklan kosmetik yang sering kamu lihat setiap harinya. Hampir semua produk tersebut bertujuan untuk memutihkan. Tak hanya kesan seksi, kulit putih juga dianggap sebagai simbol kemakmuran.

7. Brasil

Jika kamu adalah seorang wanita yang lahir di Brasil, maka tidak masalah jika punya dada yang kecil, asal punya bentuk pinggul bagus serta pantat yang membulat sempurna. Yah mungkin seperti kata-kata pria pada umumnya, ‘berbentuk gitar spanyol’.

Seksi menurut wanita Brasil cukup dengan punya bodi gitar Spanyol [Image Source]
Seksi menurut wanita Brasil cukup dengan punya bodi gitar Spanyol [Image Source]
Namun tidak hanya sekedar berbentuk seperti gitar saja, para wanita Brasil juga meletakkan aturan yang cukup ketat mengenai hal tersebut. Mereka sangat peduli dengan presisi dan ukuran. Sehingga bukan hal yang mengherankan jika para wanita negeri Samba ini juga gemar sekali melakukan treatment operasi plastik.

8. Mauritania & Samoa

Bertubuh gemuk mungkin bencana bagi mayoritas orang yang peduli penampilan. Sehingga untuk bisa terlihat lebih kurus mereka rela melakukan apa pun termasuk diet yang menyiksa. Ketika sebagian besar wanita menganggap tubuh gemuk adalah musibah, para perempuan di Mauritania dan Samoa menganggap hal yang sebaliknya. Semakin gemuk tubuh seseorang, maka makin seksi lah ia.

Di Samoa dan Mauritania, makin gemuk seseorang maka makin dianggap seksi [Image Source]
Di Samoa dan Mauritania, makin gemuk seseorang maka makin dianggap seksi [Image Source]
Bahkan para orangtua seringkali melakukan hal-hal ekstrem agar anaknya bisa tumbuh lebih melar. Para ibu biasa membawa gadis kecilnya yang berumur 7-8 tahun ke sebuah tempat bernama Fat Farms. Di sini para remaja tersebut dipaksa dalam sebuah program penggemukan. Biasanya dengan cara mengonsumsi jenis makanan tertentu dengan jumlah besar.

Hmmm, ternyata beberapa negara punya anggapan yang berbeda tentang seksi. Beberapa cukup umum misalnya di Brasil, tapi yang lainnya cenderung aneh dan ekstrem. Nah, kalau menurutmu sendiri, apa sih definisi seksi yang sebenarnya?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA