Inilah 5 Fakta Mengapa Dangdut Bakal Mendunia dalam Beberapa Tahun ke Depan

Orang bule saja sampai belajar dangdut ke Indonesia, jadi wajarkan kalau kelak mendunia

oleh Arief Dian
11:00 AM on Jul 29, 2017

Makin hari, perkembangan musik dangdut di Indonesia ini bisa dibilang pesat. Dulu, genre ini dianggap sebagai musik merakyat dan identik dengan kesan kampungan. Namun sekarang, dangdut sudah bertranformasi menjadi musik kelas atas dan banyak pula anak muda yang menggandrungi genre musik asli tanah air ini.

Ternyata hal serupa tidak hanya terjadi di Indonesia, pasalnya di luar negeri pun banyak yang cinta dengan musik dangdut. Berangkat dari fenomena ini, maka bukan lagi hal yang aneh jika sepuluh tahun ke depan dangdut mungkin akan menjadi salah satu genre populer dalam belantika musik internasional. Tidak percaya? Simak fakta berikut kamu pasti angguk-angguk tanda setuju.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Penyanyi luar negeri sudah banyak yang nyanyi dangdut

Beberapa waktu yang lalu sepertinya media sosial dihebohkan oleh salah satu penyanyi Amerika. Bukan Rihanna ataupun  Beyonce, dia adalah Danille Desiree yang sukses mencuri hati orang Indonesia. Bagaimana tidak, artis ini menyanyikan salah satu lagu dangdut musisi Indonesia yang dipadukan dengan hiphop ala Amerika. Alhasil, video yang diunggah di youtube ini jadi viral di dunia maya. Ternyata Danille tidak sendiri, padanya beberapa waktu yang lalu juga ada penyanyi Korea Selatan yang juga fasih menyanyi genre musik khas Indonesia itu. Ini buktikan kalau ternyata musik rakyat itu diterima oleh orang asing.

Banyak musisi dangdut yang diboyong ke luar negeri

Ikke Nurjanah Amerika [image source]
Sepertinya antusias orang asing pada musik dangdut memang luar biasa. Buktinya salah satu pedangdut terkenal Indonesia Ikke Nurjanah terbang ke Amerika dengan membawa musik dangdut Indonesia. Ya penyanyi cantik yang satu ini didaulat untuk memberikan kuliah singkat mengenai musik asli negara Indonesia itu. Ikke Nurjanah mengaku sangat puas dengan antusias warga Amerika itu ternyata lebih dari apa yang diekspetasikan. Musik dangdut disambut sangat baik bahkan tidak jarang yang ingin belajar secara serius. Ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Indonesia pastinya.

Sudah banyak lagu dangdut yang “dipinjam” luar negeri

Wali [image source]
Memang lagu dangdut sepertinya punya daya tarik tersendiri bagi para orang asing. Buktinya beberapa lagu itu sampai-sampai dibeli oleh beberapa label asing untuk dinyanyikan dan diaransemen ulang di negaranya. Contohnya saja “Cari Jodoh “ dari grup band Wali hingga , “Dangdut is Music of My Country” yang akhirnya dijadikan versi bahasa lainnya. Karena saking seringnya mungkin seperti itu kecintaan orang asing pada musik dangdut. Mungkin karena musiknya yang bikin goyang, jadi banyak yang kepincut.

Telinga orang luar jadi terbiasa dengan dangdut karena jarang dengar

Dangdut Belanda [image source]
Dengan adanya promosi budaya, orang luar sudah mulai terbiasa dengan musik dangdut. Berkali-kali Indonesia mengadakan festival budaya, dan pastinya musik dangdut tidak akan pernah absen di dalamnya. Seperti yang terjadi di KBRI di Belanda beberapa waktu yang lalu, untuk merayakan lebaran, sengaja dibuatkan sebuah konser dangdut. Alhasil meskipun tidak tahu bahasanya, banyak bule yang ikut berjoget ria di KBRI itu. Pemandangan serupa juga selalu ditemui saat pameran budaya Indonesia tiba.

Banyak bule yang “hijrah” buat lebih punya cengkok

Bule nyanyi dangdut [image source]
Ternyata orang bule serius buat mempelajari musik asli nusantara itu. Buktinya banyak orang asing yang rela sampai pergi ke Indonesia belajar biar dapat cengkok yang pas saat bernyanyi. Misalnya saja saat ada bule Rusia cantik siap menjadi penyanyi dangdut profesional di Indonesia. Sudah tidak lagi diragukan kalau musik dangdut memang bikin orang asing jadi jatuh hati dibuatnya. Kita tidak sebagai orang Indonesia asli tidak boleh kalah dengan cara lebih mencintai dangdut.

Kini dangdut tidak bisa lagi dianggap remeh, bahkan orang bule pun dibuat kepincut dengan musik yang satu ini. Kita mesti bangga menjadi orang Indonesia pasalnya budaya kita ternyata dicintai dan diterima di belahan negara lain. Kita sebagai warga Indonesia asli tidak boleh kalah dengan cara lebih mencintai musik dangdut yang merupakan warisan budaya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA