6 Danau Terindah di Dunia yang Menyimpan Rahasia-rahasia Misterius

oleh Norman Duarte
10:00 AM on Oct 31, 2015

Banyak dari kita yang diberi anugerah keindahan sejati di dunia ini. Tetapi kita begitu asyik dalam kehidupan serba cepat kita seperti teknologi dan dalam mencapai ambisi-ambisi kita, seringkali kita lupa untuk duduk kembali, bersantai dan mengagumi sesuatu yang sederhana seperti sumber daya alam.

Kekayaan alam ini akan cepat menghilang akibat pemanasan global dan perubahan iklim. Suatu saat nanti segala kekayaan dan keindahan alam ini akan menghilang akibat pola hidup kita sendiri.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Kali ini redaksi Boombastis akan mengulas tentang danau-danau indah yang menyimpan rahasia-rahasia misterius. Mau tau apa saja danau-danau indah ini? Simak ya!

1. Spotted Lake, Kanada

Danau yang terletak di Osoyoos di British Columbia ini mendapatkan nama dari penampilannya yang benar-benar penuh dengan bintik-bintik (Spot). Spotted Lake memiliki beberapa bintik dalam berbagai warna yang terlihat bahkan dari jauh.

Spotted Lake, Kanada
Spotted Lake, Kanada [imagesource]
Penelitian telah menunjukkan bahwa danau ini berisi tingkat tinggi mineral berbeda seperti magnesium, natrium sulfat dan kalsium. Unsur-unsur ini menyebabkan bintik-bintik untuk mengkristal dan membentuk trotoar alam di sekitar ‘kolam renang alami’ ini selama musim panas yang hangat. Aspek unik dari danau menyebabkan rakyat kuno percaya bahwa daerah itu suci dan memiliki aura supranatural yang mengelilinginya.

2. Vostok Lake, Antarctica

Hal yang membuat Danau Vostok di Antartika Timur dianggap sebagai keajaiban alam adalah, kenyataan bahwa danau ini merupakan salah satu danau subglacial terbesar di dunia.

Vostok Lake, Antarctica
Vostok Lake, Antarctica [imagesource]
Danau Vostok pernah menjadi danau normal, namun karena pemanasan global, Danau Vostok sekarang terkubur di bawah es setebal dua mil. Hal ini membuat Danau Vostok menjadi salah satu lingkungan yang paling unik dan ekstrem di seluruh dunia.

Danau Vostok mungkin berisi sebuah ekosistem yang unik
Danau Vostok mungkin berisi sebuah ekosistem yang unik [imagesource]
Penelitian telah menunjukkan bahwa Danau Vostok mungkin berisi sebuah ekosistem yang unik, dengan kehidupan makhluk yang lain daripada yang lain, mengingat fakta bahwa danau ini telah terisolasi selama ribuan tahun. Kemungkinan banyak juga artefak-artefak bersejarah berumur ribuan tahun yang tersimpan di bawah lapisan es ini.

Para ahli juga mengatakan kondisi danau ini sama seperti planet Jupiter yang diliputi es. Jadi, jika danau Vostok menyimpan kehidupan rahasia, apakah Jupiter pun demikian?

3. Lake Hillier, Australia

Ketika sebuah danau berwarna merah muda seperti permen karet, Anda cenderung curiga apa yang ada di dalamnya, sehingga membuatnya terlihat begitu aneh. Banyak orang berpikir mungkin saja danau ini berisi buangan limbah kimia dari pabrik-pabrik. Tapi sebenarnya warna pink yang dimiliki Danau Haillier adalah akibat bakteri yang berada di dalam danau ini.

Lake Hillier, Australia
Lake Hillier, Australia [imagesource]
Meskipun memiliki tingkat kandungan garam yang tinggi (sebanding dengan Laut Mati), Danau Hillier aman untuk berenang. Namun, cara mencapai danau ini sangat sulit. Helikopter adalah salah satu metode transportasi yang paling umum untuk ke sana. Kapal pesiar juga merupakan pilihan bagi penumpang yang ingin mengunjungi danau terisolasi ini dan kawasan hutan sekitarnya.

4. Five Flowers Lake, China

Danau menakjubkan yang berada di Lembah Jiuzhaigou mungkin diberi nama Five Flowers (5 Bunga) karena warna permukaannya. Danau indah ini sering mengeluarkan warna pelangi pada permukaannya.

Five Flowers Lake, China
Five Flowers Lake, China [imagesource]
Warna yang bervariasi ini adalah karena ganggang warna-warni dan travertine di bagian bawah danau yang dangkal, membuat air berkilau dengan tenang dan berwarna-warni. Sebagai nilai keindahan tambahan, ada juga batang-batang pohon tumbang yang ‘berbaring’ di bawah danau, membuat banyak pelukis ‘gatal’ untuk melukis pemandangan yang unik ini.

5. Danau di Gurun Badain Jaran, China atau Mongolia

Sebuah oasis di tengah padang gurun selalu merupakan pemandangan indah untuk dilihat, karena merupakan sebuah hal yang unik di tengah hamparan pasir coklat yang tak berujung. Gurun Badain Jaran yang membentang dari bagian Mongolia ke bagian Cina memiliki 140 danau permanen menghiasi tanah gersang ini.

Danau di Gurun Badain Jaran, China atau Mongolia
Danau di Gurun Badain Jaran, China atau Mongolia [imagesource]
Danau-danau yang  terletak di antara bukit pasir ini diyakini telah terbentuk dari mata air bawah tanah yang berasal dari curah hujan dari puncak bersalju pada gunung-gunung di sekitarnya, meskipun pegunungan ini berjarak ratusan kilometer jauhnya.

6. Danau Baikal, Rusia

Baikal dalam bahasa Rusia berarti ‘danau alami’. Danau Baikal adalah danau air tawar terbesar dan paling jernih di dunia. Danau ini juga merupakan danau tertua di dunia dengan usia sekitar 25 juta tahun.

Danau Baikal, Rusia
Danau Baikal, Rusia [imagesource]
Karena umurnya, danau ini telah memiliki segala unsur berkembang, sehingga Danau Baikal sampai saat ini telah menghasilkan beberapa fauna air tawar, yang paling tidak biasa dan flora yang tidak pernah ditemukan. Fauna di bawah permukaan terlihat seperti sarang laba-laba, memberikan danau ini nuansa misterius yang menakutkan tetapi juga agung dan indah.

Maka nikmat Tuhan mu yang mana lagi kah yang kau dustakan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA