Danau Maracaibo, Kawasan Sejuta Petir yang Kandungan Minyaknya Tak Pernah Habis

oleh Aisyah Putri
19:30 PM on Jan 31, 2017

Bumi ini menyimpan berbagai keajaiban. Ada beberapa yang bisa dijelaskan secara ilmiah, ada juga yang tidak sehingga menimbulkan banyak pertanyaan dan spekulasi. Dan dari keajaiban yang ada, Danau Maracaibo jelas masuk ke dalam salah satunya. Bagi kamu yang belum tahu, danau ini berada di bagian utara Venezuela, yang juga terhubung dengan Teluk Venezuela. Sepintas tidak ada yang aneh dengan danau terbesar di Amerika Selatan itu. Kita hanya akan menyadari keajaibannya jika tinggal di sekitar danau dan menyaksikan sendiri fenomena alam yang terjadi di sana.

Danau Maracaibo tercatat di Guiness Book of Record sebagai kawasan di bumi dengan petir terbanyak. Dalam setahun, kita bisa menyaksikan 1,6 juta sambaran petir di daerah itu. Bagi warga setempat, fenomena ini sangat mengerikan. Namun bagi wisatawan, ini adalah momen yang sangat menarik untuk diabadikan dengan kamera.

Baca Juga
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan
Misnadi Abdullah, Ketua Aliran Baru Penyembah Matahari yang Bikin Netizen Geram

Masih soal Danau Maracaibo, berikut adalah hal-hal unik yang mungkin belum kamu tahu tentang tempat tak biasa tersebut.

Petir Catatumbo

Catatumbo adalah nama sungai yang bermuara di Danau Maracaibo. Di muara inilah, petir sering menyambar sehingga penduduk setempat menyebutnya sebagai Petir Catatumbo. Petir ini muncul sebanyak 280 kali setiap jam, 10 jam dalam sehari, dan 260 hari setiap tahunnya. Bayangkan saja, penduduk sekitar harus menyaksikan hampir 3000 kilatan dan gemuruh petir setiap hari. Petir Catatumbo biasanya muncul saat musim kemarau. Menurut penelitian, petir ini muncul karena adanya pertemuan antara udara dingin dan udara panas di sekitar situ.

Petir di atas danau [Image Source]
Petir Catatumbo biasanya muncul saat sore hingga malam hari. Biasa dibilang, petir ini sebenarnya adalah pertunjukan untuk menghibur para wisatawan di malam hari. Apa yang lebih cantik dari kilat petir berpadu dengan langit senja? Bahkan serangan nyamuk dan kelelawar tidak membuat para pelancong mengurungkan niat mereka untuk menyaksikan fenomena petir abadi ini.

Tempat Tinggal Nelayan dan Hewan Liar

Danau dan sungai adalah sumber kekayaan alam yang dapat menghidupi makhluk hidup di sekitarnya. Tak terkecuali manusia. Di Danau Maracaibo ini kita akan menemukan banyak nelayan yang menggantungkan hidupnya kepada ikan-ikan yang jumlahnya melimpah di tempat ini. Bahkan para nelayan ini sampai membuat semacam pondok-pondok mengapung untuk memudahkan mereka dalam mencari ikan.

Nelayan yang tinggal di sekitar danau [Image Source]
Tak hanya jadi sumber penghidupan bagi nelayan, danau Maracaibo ini ternyata juga dimanfaatkan oleh hewan-hewan buas. Kalau beruntung, ketika ada di tempat ini kamu bakal menjumpai hewan-hewan mematikan macam aligator sampai jaguar sedang bermain-main di danau ini. Uniknya, hewan-hewan ini seolah terbiasa dengan suara petir yang menggelegar itu.

Danau Luar Biasa yang Sudah Tercemar

Venezuela memang terkenal sebagai negara penghasil minyak. Dan dari semua tambang minyak yang ada, sebagian besar ternyata diambil dari Danau Maracaibo. Kegiatan pengambilan minyak di danau ini sudah dilakukan hampir satu abad. Kalau dihitung-hitung, mungkin sudah ada miliaran kubik minyak yang berhasil diangkut dari tempat ini.

Penambangan minyak [Image Source]
Di satu sisi negara memang mendapatkan banyak manfaat dari danau ini, namun tak bisa dipungkiri hal tersebut juga memberikan efek samping yang merugikan. Ya, lantaran kegiatan penambangan minyak, sedikit demi sedikit danau indah ini pun rusak. Di dasarnya kita bisa menemukan pipa-pipa berkarat yang makin membuat tercemar. Mirisnya, belum ada usaha khusus untuk mencegah hal ini terus berlarut-larut.

Danau Maracaibo tidak hanya memberi kehidupan bagi nelayan Venezuela, minyak yang menjadi sumber pendapatan negara, namun juga atraksi bagi wisatawan. Wisatawan rela membayar jasa warga sekitar untuk mengantar mereka ke spot terbaik untuk melihat petir. Bahkan, nama Venezuela sendiri diambil dari nama pondok-pondok kecil yang berdiri di tengah danau.

Penjelajah pertama yang mengunjungi tempat itu teringat pada Kota Venesia dan menyebut daerah setempat Venesia kecil atau Venezuela dalam bahasa Spanyol. Bisa dibilang, Danau Maracaibo adalah sumber peradaban Veenzuela. Sumber daya alam sebaik ini semestinya dipelihara dengan baik supaya tetap bisa memberikan manfaat bagi anak cucu kita di masa depan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA