Mengenang Dahsyatnya Tragedi Bintaro, Kecelakaan Kereta Paling Tragis dalam Sejarah Indonesia

oleh Rizal
09:27 AM on Sep 28, 2016

Bisa dibilang kecelakaan kereta api dengan kereta api adalah hal yang sangat jarang terjadi. Yang umum sih antara kereta dengan kendaraan lain. Itu pun selalu terjadi di palang pintu kereta. Namun, di Indonesia pernah terjadi kecelakaan yang melibatkan kereta dengan kereta. Kejadian ini dikenal dengan nama Tragedi Bintaro.

Bisa bayangkan nggak dua kereta bertabrakan di jalur yang sama? Kurang lebih seperti inilah kronologi kejadian ngeri itu. Tapi, namanya juga kereta, keduanya melaju cepat di jalurnya. Sehingga tabrakan yang terjadi ketika itu benar-benar fatal. Korbannya sendiri berjumlah lebih dari seratus orang. Tragedi Bintaro pun akhirnya dikenal sebagai kecelakaan kereta paling buruk dalam sejarah Indonesia. Kejadian ini pun bahkan jadi perbincangan dunia.

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

Masih tentang kejadian buruk tersebut, berikut adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui soal tragedi Bintaro.

Kecelakaan Berawal dari Kesalahan

Nggak seperti transportasi lainnya, kereta itu melaju hanya di satu jalan saja. Makanya, kalau sampai terjadi tragedi tabrakan antara dua kereta, jelas yang salah adalah tim koordinator yang mengatur jalurnya. Hal yang seperti ini juga jadi alasan di balik terjadinya peristiwa Bintaro.

Kecelakaan berawal dari kesalahan [Image Source]
Kecelakaan berawal dari kesalahan [Image Source]
Detail kejadiannya sendiri begitu panjang. Intinya, sebelum tragedi ini terjadi ada semacam miskomunikasi antara pihak masinis dan kepala stasiun. Sebenarnya kecelakaan antara kereta dengan nomor KA 225 dan KA 220 itu bisa dicegah. Sayangnya, masinis KA 220 terlanjur tancap gas, padahal pihak stasiun sudah melakukan berbagai upaya agar kereta tidak berangkat. Sayangnya, upaya ini gagal dan akhirnya berujung maut.

Seratus Lebih Nyawa Penumpang Melayang

Kamu tahu sendiri kan kereta itu secepat apa? Kemudian bayangkan kalau dalam satu jalur ada dua kereta yang saling berhadapan dengan kecepatan itu. Jelas, yang terjadi kemudian adalah kecelakaan yang sangat fatal. Hal ini terbukti lewat tragedi Bintaro. KA 225 dan KA 220 bertumbukan dengan begitu keras dan membuat keduanya hancur berantakan.

Menewaskan lebih dari seratus orang [Image Source]
Menewaskan lebih dari seratus orang [Image Source]
Kejadian ini tentu nggak hanya bikin rusak berat kedua kereta, tapi juga membuat banyak penumpang kehilangan nyawanya. Dari data yang ada kejadian ini menewaskan sekitar 156 orang serta melukai 300 orang lainnya. Menurut saksi mata, kejadian ini sangat ngeri. TKP-nya sendiri sudah sangat mirip film horor di mana bau anyir darah menyeruak, korban-korban yang terjepit gerbong berteriak-teriak kesakitan, serta jenazah-jenazah dengan tubuh terpisah berserakan di mana-mana. Sungguh mengerikan.

Hanya Tiga Orang yang Dihukum untuk Kecelakaan Segila Ini

Pasca kejadian mengerikan ini, orang-orang sempat phobia dan trauma naik kereta. Bagaimana tidak, kereta yang harusnya sangat aman malah bisa bertabrakan satu sama lain di jalur yang sama. Tragedi ini sempat bikin minat masyarakat terhadap kereta turun. Selain trauma, kejadian pasca tabrakan yang paling di-notice adalah dihukumnya tiga orang yang diduga sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kejadian ini.

Slamet Suradio [Image Source]
Slamet Suradio [Image Source]
Tiga orang ini adalah Slamet Suradio, masinis KA 225 yang dihukum 5 tahun penjara, kemudian Adung Syafei sang Kondektur yang dihukum dua tahun, dan terakhir adalah Umrihadi sang Kepala Stasiun Kebayoran Lama yang dihukum 10 bulan. Selain dipenjara beberapa orang ini katanya dipecat tanpa hormat, salah satunya adalah si masinis.

Kejadian Gaib Mengerikan Pasca Tragedi Bintaro

Nggak hanya meninggalkan duka mendalam, kejadian Bintaro ini juga membuat tempat kejadian nahas itu jadi sangat angker. Sudah banyak saksi-saksi mata yang mengatakan pernah menemui fenomena aneh di sekitar TKP. Misalnya saja suara-suara jejeritan yang tak diketahui asalnya, sampai penampakan-penampakan menyeramkan.

Hantu Bintaro [Image Source]
Hantu Bintaro [Image Source]
Soal penampakan yang paling ngeri tentu saja si hantu pringis. Hantu ini bentuknya hanya kepala saja tapi sangat menakutkan. Mukanya seolah menggambarkan penderitaan yang berat tapi kadang juga tersenyum-senyum kalau kata orang-orang yang pernah dijumpai makhluk ini. Kejadian ini ada di tahun 1987, tapi keangkerannya masih terasa sampai hari ini.

BACA JUGA: Misteri Black Eyed Child Si Hantu Anak-Anak Bermata Hitam yang Tak Pernah Terungkap

Kereta bertabrakan dengan kereta, sungguh kejadian yang sangat mengerikan kalau dibayangkan. Pantas kalau kejadian ini sempat membuat banyak orang pobhia naik kereta. Semoga yang seperti ini tak terjadi lagi. Cukup sekali saja Indonesia mengalami tragedi mengerikan macam begini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA