Miris! 5 Daerah Kaya ini Justru Jadi Wilayah Paling Miskin di Indonesia

oleh Rizal
14:02 PM on Mar 3, 2016

Bukan mengunggul-unggulkan bangsa sendiri, tapi soal ungkapan jika Indonesia adalah kepingan surga yang jatuh ke Bumi, itu adalah hal yang benar. Apa sih yang tidak kita miliki di tanah yang kaya ini? SEMUANYA kita punya! Emas, uranium, sampai hewan paling langka ada di sini. Tapi, Indonesia bagai semut yang kelaparan di tengah-tengah gula. Sangat kaya tapi penduduknya banyak yang miskin.

Berdasarkan data yang dilansir oleh BPS tahun lalu jumlah orang miskin di Indonesia meningkat menjadi 28,59 juta jiwa setelah sebelumnya ada di angka 27,72 juta jiwa. Bukan salah siapa-siapa, ini adalah buah dari ketidakcakapan kita menekan angka kemiskinan. Namun, hal yang membuat angka ini berubah sangat miris adalah fakta kalau jutaan penduduk miskin ini ternyata tinggal di daerah yang kaya.

Baca Juga
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan
Misnadi Abdullah, Ketua Aliran Baru Penyembah Matahari yang Bikin Netizen Geram

Memang seakan meninggalkan tanda tanya besar sih, tapi inilah fakta yang terjadi sekarang. Berikut adalah daftar daerah kaya tapi paling miskin yang dilansir dari Laporan Sosial Ekonomi BPS Januari 2016.

1. Papua, Sangat Kaya Tapi Jadi yang Termiskin

Dibandingkan semua provinsi di Indonesia, Papua bisa dibilang adalah yang paling kaya. Alasannya sudah jelas karena di tanah ini terdapat emas-emas berkualitas tinggi dengan jumlah yang tak karuan banyaknya. Bahkan kalau dibagi ke semua orang Indonesia, masing-masing jiwa akan mendapatkan sekitar 5 kilogram. Namun, sayangnya, apa yang terjadi justru sebaliknya. Papua kaya raya, tapi jadi wilayah paling miskin di Indonesia.

Kemiskinan di Papua [Image Source]
Kemiskinan di Papua [Image Source]
Pada awal tahun ini jumlah orang miskin di sini mencapai 28,40 persen dari total penduduknya yang mencapai 2,8 juta orang. Prosentase ini adalah yang terbesar di Indonesia. Sebenarnya apa sih yang membuat Papua jadi daerah yang miskin, padahal amat kaya? Ya, rasanya kita sudah sama-sama tahu alasannya. Papua memang punya tambang emas yang gila-gilaan, sayangnya, semua hasil tambang ini justru tidak lari ke orang-orang Papua sendiri melainkan luar negeri. Miris rasanya melihat saudara senegara ini mengalami nasib yang seperti itu.

2. Papua Barat, Daerah Nomor Dua Paling Miskin

Tak jauh beda dengan Papua yang super kaya tapi penduduknya banyak yang miskin, tetangga mereka, Papua Barat juga mengalami nasib yang tak kalah mirisnya. Provinsi ini termiskin nomor dua dengan sekitar 25,73 persen penduduk tidak mampu. Jumlah ini sangat banyak mengingat jumlah penduduk Papua Barat hanya 760 ribuan jiwa saja.

Penduduk Papua Barat [Image Source]
Penduduk Papua Barat [Image Source]
Papua Barat sebenarnya tak miskin, meskipun bukan dihuni emas, tanahnya mengandung banyak kekayaan yang bernilai. Mulai dari LNG, karet, sampai sawit. Jangan lupa juga di sini ada Raja Ampat yang jadi harta paling berharganya Indonesia Timur. Entah apa yang menjadi latar belakang alasan kenapa daerah ini menjadi miskin, padahal mereka punya banyak hal.

3. Nusa Tenggara Timur, Kaya Melimpah Tapi Miskin

Stigma daerah miskin sudah melekat kepada Nusa Tenggara Timur Sejak lama. Gizi buruk, sekolah-sekolah ala kadarnya, angka pengangguran tinggi adalah pemandangan yang lazim di sini. Miris tentu saja, padahal Nusa Tenggara Timur tak main-main kayanya.

Penduduk miskin di NTT [Image Source]
Penduduk miskin di NTT [Image Source]
Pertama mereka punya keragaman hayati yang melimpah termasuk di Pulau Komodo yang hanya satu-satunya di dunia itu, belum lagi pertambangan yang lumayan menghasilkan mulai dari biji besi, sampai berbagai jenis batuan, serta yang tak boleh ketinggalan juga perkebunan, peternakan, dan perikanan yang melimpah. Sayangnya, angka kemiskinan di sini mencapai 22,58 persen.

4. Maluku, Surga Rempah yang Miskin

Portugis geleng-geleng kepala ketika mengetahui betapa kayanya Maluku akan rempah-rempah. Alhasil, daerah ini pun jadi buah bibir. Belum lagi laut dan alamnya yang sangat memanjakan mata itu, makin melengkapi kesan Maluku yang kaya dan indah. Sayangnya, kini semuanya berbalik 180 derajat.

Kemiskinan di Maluku [Image Source]
Kemiskinan di Maluku [Image Source]
Maluku yang kaya itu berubah menjadi salah satu daerah paling miskin di Indonesia dengan prosentase hingga 19,36 persen. Ada banyak alasan kenapa Maluku yang sekarang menjadi miskin, salah satunya mungkin karena banyak konflik yang terjadi di sini sejak dulu. Ya, yang seperti ini pastinya memengaruhi tingkat ekonomi mereka.

5. Gorontalo juga Jadi Daerah Termiskin

Jarang terdengar kabarnya, Gorontalo ternyata masuk dalam jajaran daerah paling miskin di Indonesia. 18, 16 persen jumlah warga miskin yang ada di sana. Sebenarnya ini adalah hal yang janggal mengingat potensi alam Gorontalo sangat besar.

Penduduk miskin di Gorontalo [Image Source]
Penduduk miskin di Gorontalo [Image Source]
Ya, daerah ini dikenal dengan pertaniannya yang menggila, jagung salah satunya. Potensi jagung di sini sangat edan, sekali panen mungkin bisa mencapai ribuat ton. Belum lagi potensi kelautan mereka yang juga sangat bisa diandalkan sebenarnya.

Miris ya ketika tahu deretan daerah ini termasuk wilayah paling miskin di Indonesia. Padahal potensi kekayaan alamnya luar biasa. Termasuk Papua yang sangat kaya itu. Kok bisa ya daerah segila ini kekayaan alamnya bisa miskin? Pertanyaan besar ini sepertinya sudah sama-sama kita tahu jawabannya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA