NGERI, 5 Daerah di Indonesia ini Dikenal Dengan Kegilaan Para Begalnya

oleh Rizal
10:46 AM on Feb 28, 2016

Siapa sih yang nggak keder ketika mendengar ujaran seperti, “Jangan lewat sana, Mas. Banyak begalnya.” Mendapatkan himbauan seperti ini kita mending pilih putar balik, atau ngajak geng rame-rame. Begal adalah musuh besar para pemotor, tapi musuh yang nggak bisa dikalahkan. Dan selama ini, eksistensi mereka memang benar-benar bikin resah.

Kabar buruknya lagi, beberapa daerah di Indonesia sudah dikenal dengan stigma begalnya. Berita-berita tentang begal di tempat ini silih berganti muncul dengan nama korban-korban baru. Pemerintah sendiri sudah melakukan banyak aksi preventif. Namun, sepertinya masih belum benar-benar bisa menekan angka pembegalan sampai turun sekali.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Nah, tentang daerah yang sudah dikenal dengan begal tadi, mungkin ada baiknya kalau kamu lebih berhati-hati ketika berkunjung ke sana. Sarannya sih jangan pernah lewat jalanan yang sepi dan sendiri, atau pergi bergerombol biar aman.

1. Lampung, Konon Begal di Sini Ada Desanya

Entah dari mana awalnya, tapi sudah sejak dulu ada anggapan kalau Lampung itu identik dengan yang namanya begal. Stigma ini seolah makin nyata dengan banyaknya kasus-kasus pembegalan di kota ini yang masih saja ada setiap harinya. Polisi sendiri juga sepertinya dibikin susah oleh maraknya aksi pencurian dengan kekerasan ini.

Tersangka begal asal Lampung [Image Source]
Tersangka begal asal Lampung [Image Source]
Ada satu fakta lagi kalau di Lampung memang identik dengan begal. Hal tersebut tak lain adalah rumor tentang eksisnya sebuah desa yang konon ditinggali oleh para begal. Di sana, orang-orangnya sangat keras dan suka menantang satu sama lain. Mereka juga kerap melakukan aksi kriminal ini. Meskipun bisa dibilang masih mencekam, namun setidaknya keadaan seperti sekarang ini jauh lebih aman dibandingkan dulu. Ya, dulu di Lampung aksi begalnya malah lebih parah.

2. Makassar, Ketika Begal Dijadikan Sayembara

Sama seperti Lampung, di Makassar begal juga sangat meresahkan. Angka kriminalitas jenis ini bahkan bisa dianggap konstan alih-alih turun tiap tahunnya. Hingga hari ini, masih ada saja kasus-kasus pembegalan. Seperti yang terjadi belakangan, seorang wanita bernama Ayunda Musyarrafah dibunuh kemudian dirampas motornya.

Begal di Makassar [Image Source]
Begal di Makassar [Image Source]
Polres Makassar sendiri bukannya diam, melainkan sudah melakukan banyak sekali upaya. Terakhir, mereka membuat semacam sayembara yang ditujukan kepada semua pihak. Sayembara ini berisi info yang mengatakan jika Polres akan membayar satu juta rupiah bagi siapa saja yang bisa membawa satu orang begal ke kantor polisi, atau setidaknya bisa memberikan info-info penting terkait aksi kriminal ini. Begitu para aksi begal di sana sampai harus dibuat sayembara seperti ini.

3. Depok, Begal Sadis yang Mengancam Semua Orang

Nama Depok beberapa waktu lalu kembali mencuat setelah banyaknya kasus begal yang terjadi di kota ini. Misalnya saja kasus begal yang melibatkan bocah 3 tahun yang tewas gara-gara motor yang ditumpanginya bersama sang bibi jatuh lantaran direbut oleh seseorang. Bahkan tak hanya itu, pernah pula ada kasus penembakan yang dilakukan oleh pelaku begal kepada karyawan sebuah SPBU di kota ini.

Begal Depok [Image Source]
Begal Depok [Image Source]
Tidak melulu merampas motor atau harta korbannya, begal Depok pernah makin menggila dengan kasus begal payudara. Jadi, korban dipepet dengan motor kemudian dilecehkan dan ditinggal kabur. Bahkan dalam begal ini ada pula yang sampai diperkosa. Dengan semua kejadian ini, ada baiknya berhati-hati ketika mengunjungi kota yang sebenarnya indah ini.

4. Begal Tangerang yang Nekat dan Tak Takut Mati

Bergeser ke utara Depok, kita juga akan dihadapkan dengan kota yang penuh dengan fenomena begal. Ya, kota ini adalah Tangerang. Sama seperti deretan kota di daftar ini, Tangerang juga dikenal sebagai sarang begal yang dibuktikan dengan banyaknya kasus curas alias pencurian dengan kekerasan. Bahkan di tahun 2016 ini saja, mungkin sudah ada belasan kasus begal.

Begal Tangerang dibakar warga [Image Source]
Begal Tangerang dibakar warga [Image Source]
Begal Tangerang dikenal tanpa ampun dan sadis. Tak cukup hanya dengan melukai, para begal di sini takkan pernah segan untuk membunuh korbannya. Gara-gara ini masyarakat pun jadi jengah. Misalnya, ketika ada salah satu begal yang tertangkap, masyarakat takkan memberi ampun. Seperti kejadian yang menghebohkan di mana masyarakat membakar seorang begal sampai tewas.

5. Pasuruan, Begal dengan Rumor Paling Horor

Sama seperti Lampung yang sudah dikenal dengan begalnya sejak dulu, Pasuruan juga jadi kota yang identik dengan begal. Pasuruan ada di Jawa Timur, tepatnya di daerah yang berbatasan dengan Malang. Begal di Pasuruan sangat melegenda, dan hingga hari ini masih ada saja cerita-cerita orang yang dibegal di kota ini.

Begal Pasuruan [Image Source]
Begal Pasuruan [Image Source]
Begal di Pasuruan dikenal sangat berani dan taktis. Tak hanya merampas motor yang lewat jalanan sepi, begal-begal di kota ini juga tidak ragu untuk melakukannya di jalan-jalan yang ramai. Namun, soal penganiayaan, entah harus kagum atau tidak, tapi begal Pasuruan sangat jarang melukai. Apabila si korban mau dengan begitu saja menyerahkan motornya, ia akan pulang dengan selamat. Kalau tidak kooperatif, tak menutup kemungkinan para begal ini akan menyabetkan clurit atau samurai miliknya.

Kepolisian sepertinya harus makin gencar melakukan operasi-operasi agar begal-begal makin sempit ruang geraknya. Pokoknya bagaimana caranya agar kejahatan yang bikin nggak nyaman ini bisa segera ditanggulangi. Khususnya kota-kota di atas yang sudah sangat lekat dengan image begal.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA