Inilah Daerah di Indonesia yang Dipercaya Menyimpan Emas yang Nggak Kalah Banyak dari Papua

oleh Rizal
12:00 PM on Oct 1, 2016

Kepingan surga nan kaya adalah julukan yang pantas banget disematkan kepada Indonesia. Memang, negara kita ini begitu indah luar biasa plus dipenuhi dengan kandungan kekayaan yang melimpah. Soal kekayaan mineral, apa sih yang kita nggak punya? Semuanya terhampar di perut pertiwi. Bahkan kalau kamu mencari uranium, Indonesia ternyata juga menyimpannya. Apalagi emas-emas yang begitu banyak di tanah kita.

Berbicara soal si logam mulia berwarna kuning itu, memang benar jika Indonesia adalah negara pemilik kandungan emas terbesar di dunia. Bukti kongkritnya adalah Papua alias Freeport yang jumlah emasnya jutaan ton, walaupun yang nyampe ke kita hanya segelintir saja. Masih soal emas, ternyata nggak hanya Papua saja lho yang memiliki kandungan emas melimpah. Diketahui beberapa daerah lain di Indonesia juga memiliki keunggulan serupa.

Setidaknya ada lima tempat yang ketahuan memiliki potensi kandungan emas dalam jumlah yang begitu besar. Lalu, kira-kira daerah mana saja sih yang dimaksud? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Emas di Bengkulu Katanya Lebih Banyak dari Freeport

Bengkulu belakangan mendapatkan banyak perhatian dari beberapa perusahaan eksplorasi raksasa. Alasannya nggak lain karena diduga di provinsi ini banyak tersimpan emas. Hal tersebut didasari dari penelitian seorang ahli dari Inggris yang mengatakan jika Bengkulu kemungkinan menyimpan satu juta ons emas.

Bengkulu menyimpan banyak emas [Image Source]
Bengkulu menyimpan banyak emas [Image Source]
Tapi, perhitungan di atas masih kasar dan sampel areanya terbatas. Dipercaya, kandungan emas di Bengkulu ini meluas sampai berhektar-hektar. Perkiraannya sih isinya bakal lebih banyak daripada Freeport. Wih, kalau benar nih, orang-orang Bengkulu bisa kaya raya. Tapi, di mana-mana, pengelolaan emas selalu nggak pernah menyenangkan orang-orang sekitar. Next

BERITA TERKAIT
BACA JUGA