Di Kolombia Orang Miskin Dapat Fasilitas Eskalator Gratis

oleh Alfry
08:42 AM on Mar 24, 2015

Mendengar nama Kolombia yang ada di benak para orang tidak jauh dari gembong narkoba. Memang tidak salah akan tetapi kini sedikit demi sedikit negara tersebut mulai berbenah dimulai dengan penegakan hukum serta pemolesan kota-kota kumuhnya menjadi kota yang cantik.

Lingkungan Comuna 13 contohnya, ini merupakan suatu kawasan pemukiman di pinggiran kota Medellin, kota terbesar kedua di Kolombia. Kawasan ini terkenal sebagai salah satu bagian kota yang termiskin ditambah angka kriminalitas yang tinggi.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Comuna 13 via Dailymail
Comuna 13 via Dailymail

Selama rezim Pablo Escobar, seorang gembong obat bius Kolombia yang terkenal berkuasa banyak warga yang melarikan diri dari kota menuju perbukitan. Akhirnya terjadilah kelebihan populasi yang mengakibatkan makin kompleksnya masalah yang datang mulai dari kekurangan pasokan listrik, air, polisi, transportasi hingga menjadikan kualitas hidup mereka berada pada titik terendah.

Namun selama beberapa dekade terakhir, kota ini telah bertransformasi menjadi lebih baik. Mereka bekerja keras untuk memulihkan diri dari masa kekerasan dengan meningkatkan penegakan hukum dan membuat berbagai inovasi. Salah satunya dengan membangun eskalator raksasa yang bisa mengantarkan warganya menuju rumah-rumah mereka yang berada di perbukitan.

Eskalator di Comuna 13 via Dailymail
Eskalator di Comuna 13 via Dailymail

Comuna 13 sendiri merupakan kawasan yang ada di daerah perbukitan, selama ini warga yang hendak melakukan kegiatannya di luar rumah harus berjalan kaki melalui tangga yang jumlahnya sangat banyak atau setara dengan menaiki tangga gedung 28 lantai. Sehingga warga yang sudah tua tidak mampu lagi keluar rumah walau hanya sekedar mau jalan-jalan.

Kini warga tidak perlu bersusah payah naik turun tangga sebab kota telah menyediakan fasilitas eskalator untuk mereka. Fasilitas yang dibangun tahun 2011 ini memakan biaya sekitar USD 6,7 juta dan menjadikannya eskalator luar ruangan untuk publik pertama di dunia.

Foto via Dailymail
Foto via Dailymail

Tujuan dari pembangunan fasilitas ini tidak lain adalah untuk menanggulangi kemiskinan, mengurangi tingginya angka kriminalitas dan membantu para manula untuk kembali menjalani aktifitasnya sehingga kualitas hidup warga di Comuna 13 bisa terangkat kembali. Fasilitas ini secara gratis disediakan pemerintah.

Sayang beberapa pihak yang tak bertanggungjawab ada yang memalaki para pengguna dengan tarif tertentu. Kini pemerintah menempatkan petugas kepolisian di eskalator tersebut untuk memastikan para warga nyaman menggunakan fasilitas gratis tersebut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA