Kantor di Tiongkok Ini Bikin Heboh Gara-Gara Ketahuan Punya Ritual Cium Bibir Bos

oleh Rizal
13:16 PM on Oct 11, 2016

Adalah hal yang wajar ya kalau sebuah kantor itu mengadakan morning briefing atau pertemuan pagi istilah gampangnya. Tujuannya sih jelas, biar bisa bekerja lebih semangat dan juga punya efek bonding alias memperkuat hubungan yang baik antar sesama pekerja. Briefing pagi selalu dilakukan dengan cara-cara yang sama, tapi ada sebuah perusahaan di Tiongkok yang punya metode unik dan pasti akan membuatmu geleng-geleng kepala.

Jika biasanya pertemuan pagi dilakukan dengan sambutan atau mungkin melagukan yel-yel khas, di perusahaan satu ini para pekerja wanitanya diharuskan untuk mencium bos. Bukan sekedar mencium lho, tapi harus yang mesra dan yang dicium adalah bibir. Kebayang ya pemandangan pagi di perusahaan itu seperti apa? Yang bikin gagal paham adalah ternyata para karyawan wanitanya nampak baik-baik saja dan nggak risih dengan ritual pagi macam begini.

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

Kalau di Indonesia sih jelas perusahaannya bakal dicekal. Atau paling tidak nggak akan ada wanita yang mau bekerja di sana. Berita soal aksi cium-cium ini pun bikin heboh, bahkan nggak hanya di Tiongkok.

Aturan Ini Wajib Dilakukan!

Ritual pagi yang wajib dilakukan [Image Source]
Ritual pagi yang wajib dilakukan [Image Source]
Diketahui ritual mencium bos ini adalah hal yang wajib dilakukan khususnya bagi para pekerja wanita di perusahaan tersebut. Namanya juga wajib maka harus dilakukan dan kalau tidak akan ada sanksi. Entah, soal sanksi tidak dijelaskan dengan jelas, namun yang pasti para pekerja wanitanya rata-rata nggak menolak untuk melakukan ritual aneh tersebut.

Agar Hubungan Bos dan Karyawan Makin Lengket

Biar makin harmonis katanya [Image Source]
Biar makin harmonis katanya [Image Source]
Hubungan antara bos dan karyawan memang nggak selalu harmonis. Kadang ada saja hal-hal yang membuat keduanya renggang. Entah karena aturan bos yang menekan atau mungkin si karyawan memang nggak suka si bos secara personal. Menimbang dari analisa macam ini, kemudian bos perusahaan tersebut pun akhirnya memberlakukan ritual itu. Tujuannya untuk memperkuat hubungan antara dia dan para karyawan, terutama yang wanita. Aneh bin ajaib, nampaknya cara ini cukup berhasil. Hmm, kok bisa ya?

Ketika Para Karyawan Wanita Nggak Menolak

Para karyawati nggak menolaknya [Image Source]
Para karyawati nggak menolaknya [Image Source]
Tujuannya mungkin untuk mempererat hubungan ya, tapi caranya sendiri sangat nggak patut. Tapi, anehnya, para karyawati nggak benar-benar keberatan dengan hal tersebut. Mayoritas dari mereka mau dan dengan sadar mencium bibir bos. Menurut Shangaiist, dikatakan hanya dua orang wanita saja yang nggak mau diperlakukan seperti ini dan mereka langsung memutuskan untuk keluar.

Tata Cara Ritual yang Bikin Geli

Prosesi kebiasaan yang bikin geli [Image Source]
Prosesi kebiasaan yang bikin geli [Image Source]
Ritual mencium bos ini nggak dilakukan asal-asalan melainkan punya semacam mekanisme sendiri. Jadi, tiap pagi nih, para karyawati akan berjajar membentuk barisan. Kemudian satu per satu akan bergiliran mencium bibir si bos. Lalu ke mana para pekerja pria saat berlangsungnya ritual pagi ini? Ya, mereka tetap di meja masing-masing sambil membayangkan betapa enaknya jadi bos pagi ini.

Komentar Negatif Para Pengguna Weibo

Dikomentari negatif [Image Source]
Dikomentari negatif [Image Source]
Berita ini muncul pertama kali di Weibo dalam bentuk foto-foto. Dan begitu tayang, maka orang-orang pun langsung ramai berkomentar. Tentu macam-macam ya isi komentarnya, tapi rata-rata menghujat. Entah menganggap si bosnya yang mesum sampai bertanya-tanya soal perasaan karyawati, semisal “Kira-kira bagaimana ya perasaan suami atau pacar mereka” dan lain sebagainya. Kalau fenomena ini ada di Indonesia, pasti orang-orang pun juga bakal berkomentar bahkan lebih sadis lagi.

Masih menurut sumber yang sama, ternyata ritual ini dilakukan sudah cukup lama dan hasilnya benar-benar oke. Karyawati di perusahaan tersebut memiliki hubungan yang sangat harmonis dengan si bos. Bahkan mereka sering mengirim pesan mesra dan bilang kangen. Waduh, kalau ini sih sudah kebablasan ya akrabnya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA