9 Kelakuan Aneh tapi Jadi Ciri Orang Kreatif, Kamu Termasuk Nggak Ya?

oleh Tetalogi
07:01 AM on Dec 24, 2015

Siapa sih yang pengen jadi orang yang kreatif? Mereka bisa mengemukakan ide unik, punya cara pandang yang berbeda, dan hidupnya seolah berbeda dari orang kebanyakan. Pribadinya yang selalu menemukan hal baru dan original memang bikin banyak orang bertanya-tanya, bagaimana mereka bisa melakukan hal tersebut.

Tentu saja orang kreatif memang berbeda dari orang kebanyakan. Berikut ini beberapa keistimewaan mereka yang biasanya menjadi ciri-ciri orang kreatif. Apa kamu punya salah satu atau bahkan semua ciri tersebut?

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Beberapa Petinggi TNI yang Dilarang Menginjakkan Kaki di Amerika
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana

1. Sering Termenung

Di keramaian, di dalam kendaraan umum, atau saat yang lain ngobrol, si kreatif biasanya terlihat diam termenung sendirian. Kadang sambil menulis, menggambar, atau seperti sedang berpikir.

Merenung [Image Source]
Merenung [Image Source]
Waktu di sekolah, anak-anak yang kreatif biasanya malah sering melamun saat pelajaran. Terkadang mereka akhirnya sering dimarahi karena dikira tidak memperhatikan gurunya yang sibuk menjelaskan. Padahal biasanya justru saat diam dan termenung sendiri seperti itulah mereka melupakan segalanya dan akhirnya ide brilian muncul.

2. Suka Memperhatikan Sekelilingnya

Bagi kebanyakan orang, gedung, pohon, dekorasi, atau apapun di sekitarnya tidak lebih dari sebuah benda dengan fungsinya masing-masing. Tapi orang kreatif akan melihat benda-benda di sekitarnya dengan minat yang lebih.

Memperhatikan sesuatu dengan seksama [Image Source]
Memperhatikan sesuatu dengan seksama [Image Source]
Mereka terbiasa mengamati dan memperhatikan dengan seksama setiap benda yang ia lewati. Bagi mereka benda-benda yang untuk orang lain terlihat biasa justru bisa jadi sumber inspirasi.

3. Tidak Terikat dengan Rutinitas yang Kaku

Kebanyakan orang sudah punya jadwal yang tetap dan teratur setiap harinya. Bangun pagi, mandi, sarapan, kerja, pulang, nonton TV, tidur, dan sejenisnya. Memang sih hidup jadi lebih terorganisir, tapi orang kreatif ternyata justru jauh dari kebiasaan tersebut.

Rutinitas monoton [Image Source]
Rutinitas monoton [Image Source]
Mereka akan bekerja begitu mereka merasa ingin bekerja, makan ketika ada kesempatan atau malah kadang tidak makan sama sekali, dan tidur ketika merasa benar-benar capek. Tidak jarang mereka malah tidur di meja kerjanya jika ide brilian sedang mengucur deras.

4. Menyukai Kesendirian

Kebanyakan orang biasanya memang takut dengan rasa kesepian. Selalu ada keinginan untuk bisa berkumpul atau hang out dengan orang lain. Tapi orang kreatif sama sekali tidak takut sendirian.

Membaca sendirian [Image Source]
Membaca sendirian [Image Source]
Orang kreatif justru suka sendirian sebagai cara untuk menyingkir dari kekakuan dunia serta dari segala formalitas yang ada dalam masyarakat. Dengan duduk sendirian di ruangan mereka tanpa ada yang mengganggu, pikiran mereka bisa berkelana dan mengejar inspirasi serta ide brilian dalam kepala.

5. Selalu Mencoba Hal Baru

Orang kreatif tidak suka dengan ritme kehidupan yang monoton. Lingkaran pekerjaan yang itu-itu saja, pulang, lalu tidur adalah ritme yang menakutkan bagi mereka. Orang kreatif suka dengan hal-hal baru.

Menyukai petualangan dan hal baru [Image Source]
Menyukai petualangan dan hal baru [Image Source]
Mereka adalah sosok petualang, menyukai adrenalin, serta emosi-emosi baru. Dengan selalu mencoba hal baru, mereka bisa menciptakan ide-ide baru yang unik dan brilian. Itulah mengapa mereka justru tidak suka dengan rutinitas.

6. Tidak Takut Risiko

Karena menyukai hal-hal baru, maka secara otomatis akan ada risiko yang mengikutinya. Namun hal ini tidak akan menghalangi mereka untuk terus berusaha menjalani hal baru ini.

Berani memilih dan mengambil resiko [Image Source]
Berani memilih dan mengambil resiko [Image Source]
Untuk menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda, maka terkadang kita memang harus melakukan hal-hal yang tidak terduga. Termasuk mempertaruhkan segalanya dan mengambil risiko. Dalam pekerjaan atau kehidupan pribadi, tanpa keberanian maka kita juga tidak bisa menciptakan sesuatu yang unik dan tidak biasa.

7. Kegagalan dan Kesalahan Justru Memotivasi

Melakukan hal baru dan mengambil risiko terkadang memang bisa mengarah ke kegagalan terlebih dulu sebelum mencapai kesuksesan. Atau sebaliknya, setelah kesuksesan diraih, terkadang kita dihadapkan pada kegagalan.

Mengalami kegagalan [Image Source]
Mengalami kegagalan [Image Source]
Setiap orang kreatif juga pasti pernah menemui keraguan dan kegagalan. Tapi jika kebanyakan orang lainnya langsung menyerah ketika tidak melihat hasil yang memuaskan, orang kreatif tidak akan menyerah dengan begitu mudah.

8. Mencoba Berpikir dari Sudut Pandang Orang Lain

Seseorang yang kreatif tidak akan hanya berpikir dan memandang segala sesuatu dari sudut pandangnya sendiri. Karena melihat dunia dari perspektif baru adalah hal yang menyenangkan.

Berpikir [Image Source]
Berpikir [Image Source]
Dengan mencoba memahami cara berpikir orang lain, atau meniru apa yang mungkin dipikirkan orang lain, mereka bisa mengembangkan empati. Hal inilah yang membuat mereka menjadi pribadi yang unik.

9. Menyadari Segala Hal

Mereka punya daya observasi yang tinggi dan mampu melihat apa yang tidak dilihat kebanyakan orang lain. Mereka mampu merangkai pecahan informasi dan melihat sesuatu yang berbeda dan tidak disadari kebanyakan orang.

Mengobservasi dan mencatat [Image Source]
Mengobservasi dan mencatat [Image Source]
Dengan kemampuan seperti ini, mereka mampu memahami esensi dari dunia di sekitarnya. Hal inilah yang terkadang menjadi inspirasi bagi karya-karya brilian mereka.

Orang kreatif memang memiliki pribadi yang unik. Dengan adanya orang seperti mereka, kita semua bisa ikut terdorong untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik. Lalu, apakah kamu punya ciri-ciri kreatif tersebut?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA