Ciri-ciri Fisik Menakjubkan Nabi Muhammad yang Digambarkan Oleh Para Sahabat

Bukan cuma sempurna dari ruhani, ragawi Rasulullah juga tanpa cela

oleh Nikmatus Solikha
08:00 AM on Jul 7, 2017

Sebagai umat Islam, Rasulullah SAW adalah figur yang selalu menjadi inspirasi bagi kita semua. Setiap ucapan dan tindakan Nabi sangat patut untuk dijadikan contoh, dari hal yang besar macam perang dan pemerintahan sampai untuk urusan yang kecil-kecil seperti ke kamar mandi dan semacamnya. Tak hanya memiliki ucapan dan tindakan yang sempurna, Nabi Muhammad juga dikenal memiliki fisik yang luar biasa.

Banyak sahabat yang mendeskripsikan betapa Rasulullah memiliki fisik dan perawakan yang sempurna. Beliau disebut-sebut sebagai nabi paling rupawan yang bahkan setara dengan Nabi Yusuf AS. Masih soal fisik Rasul, berikut adalah ciri-ciri beliau seperti yang digambarkan oleh para sahabatnya.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Ciri yang dijelaskan istri dan para sahabat

Menurut salah satu istrinya, Aisyah, Ali bin Abi Thalib dan para sahabat yang melihat sosok Nabi Muhammad secara langsung, Rasulullah memiliki kulit yang putih sedikit kemerahan. Bentuk wajah cenderung bulat dengan iris mata hitam dengan bulu mata panjang.

ilustrasi Nabi Muhammad SAW [image source]
Nabi Muhammad tidak berkumis, namun beliau memiliki jenggot sepanjang kepalan tangan. Rambutnya sedikit ikal dengan warna kemerahan dan terurai hingga bahu. Perawakannya sendiri sedang, namun atletis. Begitu sempurna hingga mungkin kita tak akan mampu membayangkan bagaimana sosok Nabi terakhir tersebut.

Wajahnya lembut seperti purnama

Dalam sebuah riwayat, seorang pria pernah bertanya pada Albarra bin Azib ra, ia bertanya apakah Rasulullah memiliki wajah yang menyerupai pedang? Sebab Rasul banyak berperang, apakah wajahnya bengis seperti para penguasa yang kejam? Tentu saja tidak!

Bulan purnama sebagai kiasan wajah Rasulullah yang lembut [image source]
Menjawab pertanyaan tersebut, Albarra menjelaskan bahwa Nabi Muhammad memiliki wajah yang bagaikan purnama, sebuah kiasan untuk menjelaskan betapa lembutnya wajah Rasulullah. Dalam HR. Muslim 419 dijelaskan bahwa tak ada pemandangan lebih menakjubkan bagi para sahabat selain wajah Nabi Muhammad SAW.

Telapak tangannya selalu sejuk dan wangi

Dari riwayat Abi Jahiifah ra, menjelaskan bahwa banyak sahabat yang berebut mengambil telapak tangan Rasul dan mengusapkan ke wajah mereka. Ketika telapak tangan tersebut diusapkan di wajah, ternyata lebih sejuk dari es dan begitu wangi seperti minyak misik.

ilustrasi kesejukan kristal es [image source]
Anas ra juga meriwayatkan bahwa telapak tangan Nabi Muhammad sangat lembut, lebih lembut dari sutra manapun. Dan tak ada wewangian di dunia ini yang aromanya lebih wangi dari keringat Rasulullah. Seolah kesejukan dan keharuman hatinya terpancar dari seluruh tubuhnya tanpa bisa dicegah.

Manusia paling sempurna

Nabi Muhammad SAW merupakan seorang manusia yang telah menggapai kesempurnaan ragawi dan rohani. Para sahabat selalu menggambarkan bahwa Rasulullah adalah manusia yang paling indah dari segi penampilan fisik dan kepribadiannya.

ilustrasi nabi muhammad [image source]
Kesempurnaan tersebut yang tidak dimiliki oleh insan lain. Keistimewaan yang merupakan karunia nyata dari Allah. Terlebih Allah telah menyempurnakan akhlak Rasulullah sejak kanak-kanak, sehingga beliau tak pernah melakukan hal yang buruk.

Itulah ciri fisik yang dimiliki oleh Rasulullah SAW. Sebagai umatnya, kita memang tak memiliki paras yang sesempurna itu, kepribadian juga masih begitu jauh dari akhlak beliau yang mulia. Namun, setidaknya kita tetap menjadikannya sebagai inspirasi. Meski belum pernah berjumpa, semoga kita semua menjadi umat yang dikumpulkan dengan Rasulullah di akhirat kelak. Amin.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA