Video dan 4 Hal Ini Membuat Cirebon Gemparkan Dunia

oleh Aini Boom
16:06 PM on Jan 24, 2017

Siapa sangka Cirebon si Kota Udang bisa bikin geger kancah internasional? Hanya gara-gara sebuah video tentang tempat ini saja. Tapi Cirebon boleh dibilang jadi salah satu kota unik di Indonesia. Banyak hal yang hanya ada di sana satu-satunya, tidak di tempat lain.

Juga ada berbagai warisan budaya yang bernilai seni tinggi. Ditambah dengan kreativitas pemudanya, yang berhasil membuat Cirebon mulai menjadi buah bibir di seluruh dunia. Apa saja itu? Mari kita simak pembahasannya.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Video ini Membuat Cirebon Terkenal


Anora Kresno, seorang anak muda kelahiran Cirebon membuat video yang menampilkan potensi wisata dan kebudayaan Cirebon. Video berdurasi 5 menit itu menyajikan gambar yang fantastis dan cukup bikin penonton merinding. Video berjudul Mister Tourism West Java Exposing Diversity of Indonesia itu juga memiliki terjemahan dalam bahasa Inggris. Setelah diupload dan dilihat puluh ribuan lebih penonton di youtube, berhasil bikin orang luar negeri penasaran dengan Cirebon.

Spesies Kura-Kura Satu-Satunya di Dunia

Kura-kura Balawa satu-satunya di Cirebon [image source]
Sampai saat ini, kura-kura yang biasa disebut kura-kura Belawa ini tidak ada di belahan dunia manapun, hanya di Cirebon. Spesies hewan yang masuk golongan Amdya Cartilaginea ini ada di Desa Belawa Kecamatan Lemahabang. Bentuk fisik kura-kura ini berbeda dengan kura-kura pada umumnya. Penampang temprungnya mirip lembaran buku jika dibuka menjadi dua bagian. Tidak heran, wisatawan mancanegara memasukkan wisata kura-kura Belawa sebagai daftar tujuan travelling saat hendak mengunjungi Indonesia.

4 Keraton dalam Satu Kabupaten

Hanya Cirebon yang punya 4 kraton dalam 1 kabupaten [image source
Terdapat empat keraton di daerah Cirebon yang masih terjaga kelestariannya. Keempat keraton itu adalah Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Kaprabonan. Keraton-keraton yang ada di Cirebon memiliki arsitektur yang unik. Karena merupakan perpaduan dari pengaruh budaya Jawa dan Tiongkok. Dan lagi, meski keraton merupakan kawasan kesultanan dengan kepercayaan Islam, namun beberapa elemen masih dipengaruhi kepercayaan Hindu. Unik bukan?

Azan Pitu yang Hanya Ada di Cirebon

Azan pitu, tradisi unik Cirebon [image source]
Azan pitu merupakan tradisi yang turun temurun dilakukan di Cirebon sejak sekitar 600 tahun yang lalu. Pitu artinya tujuh, sehingga azan dilakukan oleh tujuh orang muadzin. Azan ini dilakukan sebelum dimulainya salah Jumat di Masjid Agung Sang Cipta Rasa (Masjid Agung Cirebon). Ketujuh pelantun azan ini merupakan pengurus masjid yang dipilih langsung oleh penghulu masjid. Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi pelaku azan pitu. Namun faktanya, kebanyakan dari ketujuh orang muadzin merupakan keturunan dari pelantun azan pitu sebelumnya. Tradisi ini benar-benar hanya ada di Cirebon, tidak ada di tempat lain.

Pasar Sandang Terbesar se-Asia Tenggara

Pasar sandang terbesar [image source]
Tidak hanya terkenal dengan adat kebiasaan yang khas, di Cirebon ternyata terdapat Pasar Tegalgubug. Pasar yang terletak di Kecamatan Arjawinangun ini berada di jalur jalan utama pantura, menghubungkan Jakarta dan Jawa Tengah. Pasar Tegalgubug merupakan pasar sandang yang memiliki sekitar 4000 orang pedagang yang menempati 600 kios, 1.106 los, dan 534 lemprakan. Tak heran jika pasar ini kemudian merupakan pasar sandang terbesar se-Asia Tenggara.

Nah, itulah hal-hal unik dari Cirebon yang kebanyakan dari kita tidak mengetahuinya. Sekarang sudah tahu kan? Jadi, ikut bangga bukan dengan keunikan dan keunggulan yang tersimpan di daerah-daerah negara kita. Semoga, kita selalu bangga menjadi Indonesia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA