Ciliandra Fangiono, Miliuner Termuda Indonesia yang Tak Banyak Dikenal

oleh Rizal
12:42 PM on Dec 5, 2016

Berbicara tentang sosok-sosok terkaya di Indonesia, namanya seorang Ciliandra Fangiono pasti sama sekali asing bagi mayoritas orang. Ya, kebanyakan masyarakat lebih kenal dengan sosok macam Chairul Tanjung, Antony Salim, atau Budi Hartono. Ciliandra sendiri memang kurang punya nama, walaupun sebenarnya itu karena keterbatasan pengetahuan kita. Yang jelas, sosok ini juga ternyata kaya luar biasa.

Forbes merilis data-data orang terkaya di Indonesia dan nama Ciliandra Fangiono ada di sana. Memang, ia tidak berada di urutan 10 besar, tapi Fangiono tetap mengagumkan. Hal tersebut tak lain karena umurnya yang masih cukup muda. Ya, dibandingkan dengan miliuner Indonesia yang lain, Ciliandra adalah yang termuda. Kalau tidak percaya coba deh kunjungi Forbes lalu cari daftar orang terkaya Indonesia kemudian urutkan sesuai umur. Pasti kamu akan mendapati nama Fangiono di peringkat pertama.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Masih muda tapi namanya sudah masuk Forbes, ini tentu prestasi luar biasa yang sangat susah untuk didapatkan setiap orang. Lebih jauh tentang sosok satu ini, berikut adalah hal-hal yang mungkin belum kamu tahu tentang si miliuner jarang dikenal tersebut.

Miliuner Tak Dikenal tapi Luar Biasa

Dari sekian banyak nama orang kaya Indonesia, sosok Ciliandra Fangiono bisa dikatakan yang paling tidak mentereng pamornya. Ngaku deh, kamu mungkin baru sekali ini mendengar namanya. Namun, meskipun tidak terlalu punya nama khususnya di ingatan kalangan orang-orang Indonesia biasa, tapi hal tersebut sama sekali bukan masalah bagi Fangiono. Tak dikenal justru membuatnya leluasa dalam bergerak.

Ciliandra Fangiono [Image Source]
Ciliandra Fangiono [Image Source]
Meskipun tanpa nama, tapi sosok satu ini punya kelebihan dibanding miliuner Indonesia lain, bahkan termasuk R. Budi Hartono, pria terkaya se-Indonesia. Ya, hal tersebut tak lain adalah umurnya yang masih begitu muda. 40 tahun adalah umur Fangiono hari ini. Meskipun angka 40 tidaklah terlalu muda, tapi kalau dilihat dari sisi bisnis umur tersebut sangat belia. Ketika kebanyakan orang baru akan naik level di umur 40, Fangiono sudah bisa ongkang-ongkang kaki menikmati hasil kerjanya.

Jumlah Harta yang Dmiliki Fangiono akan Membuatmu Pingsan

Dijuluki miliuner, tentu harta Fangiono sangatlah banyak. Forbes menuliskan jika jumlah pundi-pundi pria satu ini adalah sebanyak $1,4 miliar. Jangan salah baca ya, 1,4 miliar itu dalam dolar bukan Rupiah. Kalau dikonversi menjadi Rupiah sih, angka $1,4 bakal menjadi sekitar Rp. 18 triliun. Hmm, masih 40 tahun tapi hartanya Rp 18 triliun, tiap hari foya-foya sampai mati pun rasanya masih akan sisa banyak sekali.

Ilustrasi uang [Image Source]
Ilustrasi uang [Image Source]
Prediksinya, kekayaan Fangiono bakal terus melejit dari tahun ke tahun. Jumlahnya tentu tidak diketahui ya, tapi yang jelas adalah hal yang cukup sulit bagi bisnis Fangiono untuk downgrade alias turun. Alasannya tak lain karena bidang bisnis Fangiono adalah salah satu yang paling stabil dibandingkan jenis lain.

Bisnis yang Dijalani Fangiono

Bisa memiliki total harta sebanyak Rp 18 triliun, tentu kamu bakal bertanya-tanya apa bisnis pria ini. Tentu bukan pesugihan atau penggandaan uang ya, Fangiono murni menghasilkan angka itu dari usaha. Jadi, pria ini sekarang adalah CEO dari First Resource, sebuah perusahaan multi-nasional. Core business alias bisnis utamanya adalah palm oil atau sawit.

Perkebunan kelapa sawit [Image Source]
Perkebunan kelapa sawit [Image Source]
Perusahaan ini awalnya dirintis oleh ayah Fangiono yang bernama Martias. Si ayah awalnya dulu memulainya dari kecil sekali sampai akhirnya makin luas. Di tangan Fangiono bisnis ini semakin menggurita. Lahan sawit yang dimilikinya saat ini tersebar di Riau dan beberapa lagi di Kalimantan.

Latar Belakang Sang Miliuner Muda

Melanjutkan bisnis raksasa tentu tidak bisa kalau hanya berbekal ilmu seadanya. Makanya, Fangiono pun lantas membekali dirinya dengan ilmu-ilmu lewat bangku perkuliahan. Diketahui sosok satu ini berkuliah di Cambridge, Inggris. Ia mengambil jurusan Master of Arts (Economics) baik sarjana maupun master.

Cambridge University [Image Source]
Cambridge University [Image Source]
Selama perkuliahan sosok satu ini dikenal sangat cerdas dan berprestasi. Ia pernah memenangkan sebuah penghargaan bernama PriceWaterhous Book Prize. Lulusan Master dari Cambridge dan punya prestasi mentereng, tak heran kalau sekarang pria ini bisa sukses luar biasa.

Indonesia mungkin bukan negara paling kaya, tapi kita punya banyak anak muda super jenius di bidang bisnis. Jadi, besar harapan jika nantinya bangsa ini jadi negara besar dan sanggup mencengkeram dunia. Pernah ada ramalan soal pengaruh ekonomi Indonesia yang bakal begitu besar di masa depan. Mungkin saja, penggeraknya nanti adalah para pebisnis muda seperti Fangiono ini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA