Chengdu J-20, Jet Tempur Andalan Tiongkok yang Bikin Amerika-Rusia Ketar-Ketir

oleh Rizal
14:05 PM on Nov 7, 2016

Meskipun Swedia dan Prancis bisa dibilang merupakan produsen pesawat yang mumpuni dan berpengalaman, tapi pamor mereka takkan pernah mengalahkan Amerika-Rusia. Kalau tak percaya, coba deh tanyakan kepada orang-orang lebih kenal mana mereka antara Gripen dan F-22 atau Su-35? Jelas jawabannya adalah yang kedua.

Amerika dan Rusia memang mendominasi soal pamor alutsista udara. Namun, untuk kehebatan tunggu dulu. Prancis dan Swedia juga tak kalah greget. Tak hanya itu saja, Tiongkok pun juga mulai menunjukkan tajinya sebagai calon negara produsen pesawat hebat. Ya, hal tersebut ditunjukkan negeri tirai bambu ini dengan merilis Chengdu J-20 yang digadang sangat hebat. Bahkan katanya bisa mengalahkan Sukhoi-nya Rusia maupun Lockheed Martin-nya AS.

Baca Juga
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia

J-20 sendiri sangat dinanti oleh pemerintah Tiongkok, karena kehadirannya bisa mendongkrak kekuatan militer negeri panda ini. Dan bagi negara-negara lain yang mungkin kurang menyukai Tiongkok, kehadiran pesawat ini adalah momok baru yang bikin ketar-ketir. Lebih jauh soal jet baru ini, berikut beberapa fakta tentang J-20 Chengdu.

Kemampuan Sangar J-20 yang Mengesankan

Secara umum, J-20 digadang memiliki hampir semua kemampuan jet tercanggih kekinian, seperti F-35 atau T-50-nya Sukhoi. Kemampuan ini antara lain adalah bisa terbang dengan mode siluman, terintegrasi dengan sistem komputer, sensor canggih di mana-mana, sampai mampu mengusung rudal-rudal mematikan.

Kemampuan hebat J-20 [Image Source]
Kemampuan hebat J-20 [Image Source]
Tak hanya itu, pesawat ini juga dilengkapi dengan kemampuan menghilangkan jejak di radar serta sistem deteksi target dengan electro-optical. Mesinnya sendiri juga dikatakan sangat luar biasa. Para ahli menduga kalau J-20 sanggup terbang dengan kemampuan supersonik.

Keunggulan J-20 Dibanding Jet Tercanggih AS

Tak hanya berbekal kemampuan basis yang setara dengan jet-jet kekinian, J-20 juga dipercaya memiliki banyak keunggulan. Terutama jika dibandingkan dengan pesawat-pesawat buatan Amerika. Setidaknya ada tiga hal keunggulan yang dimiliki Chengdu.

Digadang memiliki kelebihan [Image Source]
Digadang memiliki kelebihan [Image Source]
Hal tersebut adalah kemampuan jelajah yang lebih luas, kapasitas bahan bakar yang lebih banyak serta mampu mengusung banyak senjata dalam satu waktu. Jika ketika keunggulan ini benar, maka kemampuan jelajah bakal jadi yang paling ngeri. Ya, dengan kemampuan sehebat ini serta didukung waktu operasi yang lama, maka J-20 benar-benar akan sangat menakutkan.

Menyimpan Kekuatan Misterius

Meskipun sudah begitu banyak berita tentang J-20, bahkan kita bisa baca spesifikasi mesinnya di Wiki, namun jet satu ini aslinya masih benar-benar misterius. Ya, masih belum ada seorang pun yang sanggup membaca semua kemampuan jet ini lantaran kerahasiaan yang tinggi.

Kekuatan misterius J-20 [Image Source]
Kekuatan misterius J-20 [Image Source]
Dipercaya, kemampuan J-20 lebih dari apa yang dituliskan di atas. Bisa jadi, jet ini adalah generasi paling canggih dengan kemampuan yang tak terduga. Para pakar sendiri mengatakan jika J-20 memiliki banyak kejutan di kokpitnya. Maksudnya adalah tombol-tombol rahasia di bagian panel pilotnya.

Sering Dianggap Sebagai Pesawat Hasil Maling

Tak hanya diceritakan kehebatannya, J-20 ini juga sering diulas keburukannya. Keburukan di sini bukan soal kemampuan atau semacamnya, melainkan rumor kalau sang jet baru Tiongkok ini diduga kuat hasil curian. Dugaan sementara, para pembuat J-20 sebelumnya telah mendapatkan data-data rahasia milik F-22 dan F-35 yang dicuri.

Diduga menjiplak F-22 [Image Source]
Diduga menjiplak F-22 [Image Source]
Kalau dilihat dari desain atau bentuknya, J-20 ini memang agak mirip dengan F-22 Raptor milik Amerika. Namun, J-20 memiliki sayap di bagian depan sehingga tidak identik. Sedangkan untuk teknologinya, diduga J-20 ini menjiplak F-35. Jadi, apakah benar kalau J-20 pesawat curian dan jiplakan? Belum pernah ada yang mengonfirmasi hal tersebut.

Hadirnya J-20 Membuat Militer Tiongkok Makin Mematikan

Rilisnya J-20 menurut para ahli adalah sebuah lompatan yang luar biasa bagi Tiongkok. Sekarang, mereka tak perlu lagi bergantung kepada barat untuk membeli jet-jet tempur, tapi sudah bisa bikin sendiri dengan waktu dan biaya yang dipercaya jauh lebih murah. Dan ini pun akan berdampak kepada kekuatan militer Tiongkok secara keseluruhan.

Chengdu J-20 [Image Source]
Chengdu J-20 [Image Source]
Pesawat J-20 ini diduga biaya pengadaannya jauh lebih murah dan singkat daripada jet-jet tempur lainnya. Dan didukung dengan kekuatan keuangan yang besar, rasa-rasanya bukan mustahil bagi Tiongkok untuk memproduksi pesawat ini banyak-banyak. Kalau sudah seperti ini, maka dunia wajib waspada. Termasuk bagi negara-negara yang tidak akur dengan negeri panda ini.

Setelah sekian lama, akhirnya Tiongkok mampu membuat jetnya sendiri. Hal ini adalah terobosan bagus bagi mereka sekaligus berpotensi besar sekali memperkuat militer secara keseluruhan. Nah, jika Tiongkok sudah bisa bikin jet tempurnya sendiri, kira-kira kapan ya giliran Indonesia? Bukan hal yang mustahil, tapi untuk ke sana sepertinya kita masih jauh sekali.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA