‘Kok Bisa’, Channel Youtube Buatan Indonesia yang Bisa Menjawab Semua Pertanyaan Sulit

oleh Centralismo
10:45 AM on Sep 1, 2015

Di era internet seperti sekarang, kita tidak perlu susah-susah membuka ensiklopedia untuk mendapatkan informasi. Hanya dengan beberapa klik di Google, kita bisa memperoleh informasi apapun yang kita inginkan. Namun, kita harus tetap berhati-hati dengan informasi palsu alias HOAX.

Berikut ini Boombastis akan menyajikan untuk Anda sebuah channel Youtube di mana Anda bisa mendapat banyak informasi unik. Tidak hanya akurat, namun informasi yang diberikan di Channel ini juga dilengkapi dengan ilustrasi ‘unyu’ yang membuat kita lebih gampang mengerti. Berikut ini adalah beberapa info yang bisa Anda dapat dari Channel buatan anak Indonesia: Kok Bisa.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Kenapa Orang Batak Galak dan Orang Padang Pelit?

Kali ini, Channel Kok Bisa sedang membahas tentang stereotip. Stereotip adalah penilaian terhadap seseorang hanya berdasarkan persepsi terhadap kelompok di mana orang tersebut dapat dikategorikan. Contohnya, orang Batak selalu diidentikkan dengan sifat yang keras dan kasar. Sementara orang Padang selalu di-judge pelit dan perhitungan.

Dalam video berdurasi kurang dari 4 menit ini, dijelaskan bahwa stereotip tersebut sebenarnya punya penjelasan secara kultural. Misalnya, orang Batak memang tumbuh di lingkungan di mana bicara secara blak-blak-an adalah sebuah keharusan, oleh karena itu mereka dianggap kasar oleh orang dari suku lain yang biasa berbasa-basi. Di akhir video dijelaskan bahwa menilai seseorang hanya karena latar budaya kelompok/suku saja adalah hal yang kurang terpuji.

2. Kenapa Kita Masih Capek, Meski Sudah Cukup Tidur?

Tidak hanya menjelaskan hal-hal yang berbau sosial, channel ini juga menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan sains. Kali ini, sains yang dibahas adalah soal tidur. Sering kali muncul pertanyaan ini; “mengapa kita masih merasa capek meskipun sudah mendapat waktu tidur yang cukup?”

Di sini dijelaskan bahwa ternyata tidur itu dibagi atas beberapa tahap, dari mulai tahap tidur yang tidak lelap hingga tidur yang sangat lelap hingga kita bermimpi. Jika kita merasa capek setelah tidur, ini artinya kita terbangun di tahap ketiga dari tidur, di mana laju jantung kita cenderung lebih cepat. Itulah sebabnya ketika bangun kita menjadi capek, seolah baru saja melakukan aktivitas berat seperti lari.

3. Kenapa Warna Bendera Indonesia Merah Putih?

Pertanyaan ini mungkin sangat sederhana namun banyak sekali orang yang tidak bisa menjawabnya. Semua tahu bahwa bendera merah putih adalah lambang dari keberanian (disimbolkan dengan warna merah) dan kesucian (disimbolkan dengan warna putih). Tapi tahukah Anda mengapa dwiwarna dijadikan bendera bangsa Indonesia?

Jawabannya adalah karena warna merah dan putih sudah menjadi panji-panji kerajaan di Indonesia, sebelum RI terbentuk. Warna merah putih juga menjadi warna panji-panji yang dibawa Pangeran Diponegoro ketika sedang berperang melawan Belanda. Ada juga yang mengatakan bahwa bendera kita berasal dari bendera Belanda yang disobek bagian birunya sebagai tanda telah terusirnya Belanda berdarah biru dari negeri ini.

4. Kenapa Internet Indonesia Paling Lemot Sedunia?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang banyak menghantui kaum muda Indonesia. Khususnya mereka yang suka streaming video atau TV online dan harus merasakan jengkel karena buffering alias koneksi yang lelet. Bahkan, koneksi internet Indonesia pernah dinobatkan sebagai koneksi terlambat di seluruh Indonesia.

Internet yang lelet tersebut disebabkan oleh pembangunan infrastruktur yang belum maksimal. Faktor lain adalah bentuk geografis Indonesia yang memberikan tantangan ketika sebuah perusahaan ingin membangun jaringan/tower untuk sambungan internet. Sepertinya, kita harus banyak bersabar sambil menunggu koneksi internet kita bisa secepat Korea Selatan.

5. Kenapa Rupiah Bisa Lemah Banget?

Ini adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan akhir-akhir ini. Kita semua tahu bahwa nilai rupiah terus melemah dan banyak sekali teori yang beredar di luar sana. Ada baiknya kita memahami mengapa rupiah bisa merosot, sebelum banyak berkomentar di sosial media dan memperkeruh keadaan.

Rupiah melemah, tentu saja, dikarenakan nilai dollar yang menguat. Kenaikan dollar ini adalah tanda dari pulihnya ekonomi Amerika sejak diterjang badai krisis di tahun 2008 silam. Di tahun 2008, Bank of America (BoFA) telah menyuntikkan sejumlah dana segar (berupa dollar) untuk menstimulasi ekonomi negara Paman Sam. Usaha sejak 2008 itu membuahkan hasil di tahun 2015 dan akhirnya nilai dollar kembali menunjukkan eksistensinya.

Sungguh menyenangkan melihat informasi yang padat dan akurat di Channel ini. Selain menunjukkan data-data yang akurat, mereka juga jago mengemas info itu dalam animasi yang enak dilihat mata. Tunggu apa lagi, ayo segera subscribe di channel mereka.

Kita harus menghargai usaha anak-anak bangsa yang mencoba memberi info dengan cara kreatif. Semoga ke depannya, bermunculan lagi Channel Youtube karya anak Indonesia dengan content yang keren-keren seperti ini. Tetaplah berkarya, anak-anak Indoensia!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA