Kenapa Cewek Banyak Ngomong? Ini 5 Penjelasan Ilmiahnya

oleh Almarita Boom
18:21 PM on Feb 11, 2016

Wanita dikenal sebagai makhluk paling misterius bagi pria untuk memahaminya. Dari semua hal yang ada di benak pria, paling sering muncul pertanyaan adalah apa yang membuat wanita begitu banyak bicara?

Ketika berkumpul dengan teman, di rumah, kantor mereka berbicara bahkan seolah energi untuk itu banyak sekali. Seolah mereka memiliki “power bank” untuk bicara.  Ini penjelasan ilmiah hal tersebut terjadi.

Baca Juga
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Sempat Netizen Geram
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan

1. Otak

Perbandingan kemampuan bicara wanita dengan pria sudah terlihat saat mereka anak-anak. Anak perempuan berbicara lebih awal daripada anak laki-laki dan juga pada usia yang sama kosakata anak perempuan sudah 2 kali lipat dari anak laki-laki. Bagi pria, berbicara dan bahasa merupakan ketrampilan otak yang sangat penting dan bekerja utama pada bagian sebelah kiri dan tidak memiliki tempat yang pasti.

otak pria dan wanita
Perbedaan otak pria dan wanita [image source]
Hasil scan MRI penelitian Dr. Tonmoy Sharma tahun 1999 seperti yang dikutip pada buku Allan dan Barbara Pease, menunjukan ketika pria berbicara seluruh belahan otak kiri aktif tapi tidak menemukan di mana pusat bicaranya. Sedangkan pada wanita, bagian otak yang aktif adalah kiri depan serta ditambah bagian kecil di sebelah kanan. Sementara berbicara, bagian otak lain pada wanita tetap terus bekerja. Oleh sebab itu wanita dapat bekerja sambil terus berbicara.

2. Hormon

Pada setiap  tubuh manusia terdapat hormon yang diproduksi oleh kelenjar endokrin. Fungsi dari hormon tersebut memacu fungsi organ tubuh tertentu. Sedangkan sistem hormon yang berkerja pada wanita dan pria itu berbeda disebabkan karena fungsi organ tubuh mereka juga berbeda.

haid
Hormon wanita [Image Source]
Hormon berpengaruh terhadap kemampuan bicara pada wanita. Penelitian yang dilakukan Elizabeth Hanson dari Universitas Western Ontario, hormon testosterone tingkat rendah pada wanita menekan kemampuan ruang sementara hormon estrogen tingkat tinggi meningkatkan kemampuan artikulasi dalam berbicara dan motoris halus. Ketika wanita mendekati masa menstruasinya maka produksi hormon estrogen akan meningkat sehingga membuat makin bagus artikulasinya.

3. Metode Berpikir

Tidak jarang antara pria dan wanita sering kali tidak sepaham dalam memecahkan suatu masalah yang ada. Mulai dari sudut pandang yang berbeda, tujuan hingga metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pria sering beranggapan bahwa wanita merumitkan suatu hal padahal menurut pria itu dapat diselesaikan dengan mudah.

di dalam otak wanita
Isi kepala perempuan [Image Source]
Pada pria proses berpikir ada di dalam otak mereka sendiri. Sehingga pria sering curhat tanpa suara dengan diri mereka sendiri. Sementara pada wanita, mereka berpikir secara lisan. Seorang wanita akan mengucapkan serangkaian hal dengan keras dalam urutan acak, lalu mendaftar segala pilihan dan kemungkinan juga dengan keras terucap.  Otak seorang wanita disiapkan untuk menggunakan suara sebagai bentuk utama dari ekspresi. Itulah mengapa ketika ada 3 tugas yang harus berurutan maka pria akan mengatakan bahwa dia memiliki beberapa tugas dan akan menemui wanita nanti setelah selesai. Sementara wanita akan terus megucapkan apa saja tugas-tugas tersebut sambil berpikir mana prioritas mana dulu yang akan mereka kerjakan.

4. Kebutuhan Kata

Mungkin hal terakhir ini terdengar aneh tapi memang hasil dari suatu studi penelitian yang pernah dilakukan menyatakan bahwa kebutuhan kata pria dan wanita berbeda. Kebutuhan kata merupakan jumlah kata yang harus dikeluarkan seseorang setiap harinya. Jika anda telah menggunakan seluruh jatah kata anda, maka anda akan memiliki keinginan  untuk berada dalam ketenangan.

ngomong
Ilustrasi kebutuhan bicara pria dan wanita

Penelitian yang telah dilakukan pada wanita Italia, mereka menyebutkan 20.000 kata per hari. Sementara pria hanya menyebutkan 7000 kata per harinya. Perbedaan akan terlihat jelas di akhir hari jika para pria telah menghabiskan “jatah” kata per harinya maka akhir hari dia akan diam, sementara wanita jika belum menghabiskan “jatah” katanya maka akan tetap terus berbicara. Hal ini tergantung dari aktivitas harian wanita.

Nah, setelah mengetahui alasan ilmiah seperti ini para pria dapat memahami dan mengerti kenapa wanita bagitu banyak bicara. Yang lebih penting dari itu adalah, bagaimana menyikapi hal tersebut. Bukankah pria dan wanita diciptakan berdampingan untuk saling mengisi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA