Perjuangan Narapidana Bebas Dari Penjara Setelah 36 Tahun

oleh Rahma Muliani
08:00 AM on Apr 29, 2015

Apa rasanya dituduh telah melakukan sesuatu padahal kita sama sekali tidak pernah melakukan hal tersebut. Tentu akan terasa menyakitkan bukan. Inilah yang dirasakan seorang pria dari California, Amerika Serikat yang difitnah telah membunuh seseorang.

Seperti yang dilansir di viralnova.com, pria bernama Michael Hanline ini terpaksa harus menanggung hukuman atas apa yang tidak pernah dilakukannya. Akan tetapi keadilan pun datang padanya, ia pun akhirnya dibebaskan. Seperti apa kisahnya?

Baca Juga
Anton Lucanus, Driver Ojek Bule Ganteng yang Bikin Perempuan Rela Dibonceng ke Ujung Dunia
5 Tipe Kelakuan Super Nyeleneh Emak-Emak Saat Naik Ojek Online, Dijamin Bikin Ngakak

1. Dituduh Dan Dinyatakan Bersalah

Michael Hanline ini dituduh telah membunuh seorang pengendara motor yang bernama Mc Garry. Dia pun ditangkap setelah diadakannya sebuah penyelidikan yang berlangsung selama satu minggu. Akhirnya ia dinyatakan bersalah dalam sidang pengadilan pada tahun 1978 silam.

Michael Hanline, Yang Dituduh Melakukan Pembunuhan - (c)viralnova.com
Michael Hanline, Yang Dituduh Melakukan Pembunuhan – (c)viralnova.com

Meski Hanline sudah melakukan pembelaan tidak membunuh siapapun, dia tetap dijatuhi hukuman penjara selama sumur hidup. Dari persidangan juga, Hanline juga dikabarkan tidak akan mendapat pembebasan bersyarat ataupun pengurangan masa hukuman.

2. Saat Persidangan

Dalam kasus ini, McGarry yang merupakan korban pembunuhan dinyatakan hilang pada tanggal 10 November 1978. Setelah dua hari penyelidikan, ia akhirnya ditemukan namun dalam keadaan sudah tidak bernyawa dan terdapat luka tembakan di tubuhnya.

Istri Dan Pengacara Michael Hanline - (c)viralnova.com
Istri Dan Pengacara Michael Hanline – (c)viralnova.com

Kemudian munculnya Mary Bischoff yang hadir sebagai saksi palsu pembunuhan tersebut. Dalam persidangan, dirinya mengungkapkan bahwa Hanline telah mengatakan sebuah pernyataan yakni “akan meledakkan otak Mc Garry”. Ia juga mengaku telah melihat Hanline pergi dengan membawa senjata dihari yang sama kejadian pembunuhan tersebut.

3. Sempat Mengajukan Pembelaan

Hanline pun sempat membantah tuduhan dari McGarry. Ia mengaku memang ia pergi keluar pada malam itu, tetapi hanya untuk membeli bir dengan menggunakan sepeda motor. Bukan untuk membunuh seseorang seperti yang apa yang dituduhkan kepadanya

Hanline Bersama Pengacara Yang Telah Membantu Pembebasannya - (c)viralnova.com
Hanline Bersama Pengacara Yang Telah Membantu Pembebasannya – (c)viralnova.com

Akan tetapi takdir berkata lain. Dalam persidangan kasus ini, Bischoff dinilai seorang saksi yang sangat kuat. Akhirnya Hanline pun kalah dalam persidangan dan dijatuhi hukuman seumur hidupnya. Sungguh malang, orang yang tidak bersalah tetapi harus menanggung hukuman seberat itu.

4.  Menang Dalam Persidangan

Bangkai tidak akan pernah bisa disimpan selamanya. Pada tanggal 24 September 2014 lalu, Hanline dibebaskan dari penjara di California, AS yang telah mengurungnya selama 36 tahun. Pembebasan terjadi karena ada keraguan hakim atas vonisnya terkait pembunuhan tersebut.

Hanline Bersama Orang-Orang Berjasa, California Innocence Project - (c)viralnova.com
Hanline Bersama Orang-Orang Berjasa, California Innocence Project – (c)viralnova.com

Ia dinyatakan terbukti tidak bersalah setelah adanya analisis DNA serta laporan investigasi yang disembunyikan. Pembebasan ini juga merupakan hasil kerja keras dari California Innocence Project, yang telah berjuang selama kurang lebih 15 tahun untuk pembebasan Hanline.

5. Akhirnya Dibebaskan

Suasana haru pun menghiasi pembebasan Hanline. Saat ia keluar dari penjara, ia di sambut oleh istri tercintanya, Sandee Hanline. Sambil menggenggam tangan istrinya ia seraya berkata “pembebasannya adalah hal yang sangat luar biasa”.

Suasana Haru Saat Pembebasan - (c)viralnova.com
Suasana Haru Saat Pembebasan – (c)viralnova.com

Ia juga sangat berterimakasih kepada pengacara yang telah membantunya untuk keluar dari jeratan hukuman tersebut. Hanline yang begitu gembira, kini sudah bisa menghirup udara bebas dan melanjutkan kehidupannya seperti biasa lagi.

Kekeliruan dalam hukum memang merupakan sesuatu yang sangat berbahaya. Karena bisa merusak nama baik dan masa depan dari korban tak bersalah ini. Hanline pun berharap, agar para tahanan lainnya yang memiliki nasib serupa dengannya juga akan segera dibebaskan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA