Stonehenge? Bukan Ini Carhenge di Nebraska!

oleh Alfry
19:23 PM on Mar 8, 2015

Traveler tentu sudah tak asing dengan situs peninggalan prasejarah berupa tumpukan batu di Inggris yang disebut dengan Stonehenge. Nah di daerah Nebraska Amerika, monumen seperti ini juga ada, tapi bukannya batu yang menggantung di atasnya melainkan mobil-mobil cadillac!

Situs yang mirip dengan Stonehenge ini disebut dengan Carhenge, seperti namanya monumen ini berisi mobil-mobil yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mirip dengan Stonehenge. Carhenge dibuat sebagai bentuk penghargaan yang aneh untuk struktur batuan monolit bersejarah yang ada di Inggris yaitu Stonehenge.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Kawasan Carhenge, Nebraska (c) huffingtonpost
Kawasan Carhenge, Nebraska (c) huffingtonpost

Situs ini dibuat oleh seorang pematung bernama Jim Reinders dan dibangun di Nebraska, Amerika Serikat pada tahun 1987. Desainnyapun tidak asal-asalan, Reinders membuat Carhenge dengan dimensi yang sama persis dengan Stonehenge di Inggris karena monumen prasejarah itulah yang menjadi inspirasinya.

Carhenge (c) huffingtonpost
Carhenge (c) huffingtonpost

Uniknya seluruh mobil yang dijadikan Carhenge ini dicat abu-abu agar menimbulkan kesan bahwa situs tersebut terbuat dari batu. Tata letak mobil-mobil ini juga dibuat sama persis dengan Stonehenge. Intinya kedua situs ini sama persis mulai dari ukuran dan jumlah batu hanya saja Carhenge menggunakan mobil sebagai pengganti batu.

Keunikan lain dari Carhenge terletak pada mobil yang digunakan yang mana semua mobil tersebut adalah produk Amerika yang bermerk Cadillac. Lokasi nyentrik ini pun diyakini akan menjadi salah satu daya tarik wisata populer di Nebraska.

Saat ini Carhenge mampu menarik 100.000 pengunjung setiap tahunnya dan pengelola situs ini dipegang oleh “friends of carhenge”. Namun belakangan mereka berniat menjual situs ini karena sudah tidak mampu lagi untuk mengurusnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA