Cara Unik untuk Nagih Hutang ke Orang yang Hobi Ngeles

oleh Rahma Muliani
07:00 AM on Feb 21, 2016

Di antara kita pasti ada yang punya teman yang suka ngutang. Yang menyebalkannya lagi, kalau ditagih selalu saja ada banyak alasan. Bahkan dia ini suka pura-pura lupa kalau dia punya hutang sama kita. Bener-bener bikin pusing deh tipe orang yang kayak gini.

Mau ditagih terus-terusan terkadang kita suka gak enakan. Tapi kalau didiemin susah juga mengikhlaskannya. Daripada bingung, mending kita simak aja beberapa cara unik untuk menagih hutang. Seperti apa? Yuk simak yang di bawah ini.

Baca Juga
Inilah 6 Bahaya Terselubung yang Jarang Disadari Para Pengguna Kuis Lucu di Facebook, Berhati-Hatilah!
Merasakan Sensasi Jaringan 4G Ngebut Ala Smartfren Lewat Serunya Acara #Amazingfren

1. Ajak Jalan Bareng Terus Minta dibayarin Minum

Cara pertama kamu bisa mengajaknya untuk jalan bareng. Kamu bisa mengajaknya makan, nonton bioskop atau hanya sekedar ngopi-ngopi cantik. Pas udah mau bayar, kamu bisa deh akting ketinggalan dompet atau ketinggalan kartu ATM.

Minta Bayarin Minum [image source]
Minta Bayarin Minum [image source]
Kamu cukup bilang “yah, dompetku ketinggalan nih. bayarin dulu yaa, kan kemarin pas makan juga aku yang bayarin kamu”. Pastikan wajahmu benar-benar meyakinkan yaa. Cara ini memang sedikit menjebak sih, tapi semoga saja temanmu itu gak sadar kalau udah dijebak.

2. Sindir Saat Dia Baru Habis Gajian secara Halus

Biasanya alasan orang saat kita tagih utangnya gak jauh-jauh dari “yaah, nanti yaa, sekarang aku lagi gak ada uang nih”. Kalau emang harus nunggu saat dia punya uang, yaudah kamu tagihnya pas temanmu itu baru habis gajian bulanan.

Sindir dia secara Halus [image source]
Sindir dia secara Halus [image source]
Gak usah terang-terangan, cukup menyindirnya dengan kalimat “cieee yang banyak uang, abis gajian nih yee”. Atau kalau kamu gak suka menyindir, tagih saja langsung dengan kalimat “ciiee yang baru gajian, bisa dong hutang kemarin di lunasin”. Tapi inget, kamu jangan pakai nada ngajak berantem yaa bicaranya.

3. Pura-Pura Curhat, kalau lagi Gak Punya Uang

Kalau cara tadi gak masih ampuh juga, kamu bisa nih melakukan cara yang berikut ini. Kamu curhat ke dia, pura-pura lagi gak punya uang dan ada kebutuhan yang mendadak. Terus kamu bisa minta solusi ke dia gimana cara menyelesaikan permasalahan kamu itu.

Curhat Kalau Lagi Gak Punya Uang [image source]
Curhat Kalau Lagi Gak Punya Uang [image source]
Kalau dia udah kebawa suasana kesedihan kamu itu, kamu bisa deh langsung tembak dia dengan kalimat “jadi gitu, kalau kamu bisa tolong bayar hutang mu sekarang yaa karena aku butuh banget uang itu”. Dengan begitu semoga saja temanmu itu luluh dan mau melunasi hutangnya.

4. Balik Ngutang Ke Dia

Kalau kamu emang bener-bener gak enak hati buat nagih secara langsung begitu, yaudah cara yang satu ini mungkin bisa lebih membantu. Masih dengan cara pura-pura curhat soal kondisi keuangan kamu yang lagi gak baik, tapi abis itu kamu pura-pura minjem uang ke dia.

Ngutang Balik Aja [image source]
Ngutang Balik Aja [image source]
Kamu tinggal bilang “Jadi gitu deh, kamu bisa gak pinjami aku uang dulu”. Usahakan nominal yang kamu mau pinjam itu sebesar hutangnya dia ke kamu yaa. Kalau kamu sudah berhasil, kamu tinggal bilang lagi ke dia gini “eh ini uangnya sekalian aja buat bayar hutang kamu kemarin yaa”.

5. Jujur Apa Adanya, Bicarakan secara Langsung

Cara-cara di atas tadi sebenarnya memang sedikit menjebak sih. Tidak baik dilakukan karena bisa beresiko merusak persahabatan kalian. Daripada kamu kehilangan teman hanya karena uang, mendingan kamu jujur dan tagih langsung saja sama dia.

Bicarakan Secara Langsung [image source]
Bicarakan Secara Langsung [image source]
Tagih secara baik-baik dan jelasin alasan kamu selalu menagih hutangnya. Karena memang kamu juga butuh uang itu. Lebih baik lagi, kamu juga nasehatin dia kalau membayar hutang itu sangat penting. Karena siapa tahu orang yang dihutangi itu juga lagi butuh uang tersebut.

Itu dia tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menagih hutang sama teman kamu yang suka ngeles. Memang sebaiknya kita itu gak perlu berhutang kalau memang gak peru-perlu banget. Karena selain nyusahin diri sendiri juga nyusahin orang yang dihutangin. Gimana menurut kamu readers?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA