Begini Cara Pemerintah Mengawasi Warga-warganya Lewat Smartphone, Waspadalah

oleh Adi Nugroho
11:20 AM on Sep 13, 2016

Pernah membayangkan tidak kalau ponsel yang kamu gunakan sebenarnya alat untuk penyadapan. Dengan menggunakan ponsel baik yang bersistem operasi iOS, Android, dan Blackerry, pihak pemerintah atau lembaga tertentu bisa memata-mataimu. Apa saja yang ada di ponsel akan secara otomatis dikirimkan. Segala percakapan di telepon, pesan singkat, bahkan ponsel menjadi alat perekam saat kamu bicara.

Apa yang kamu bayangkan itu saat ini telah menjadi sebuah kenyataan. Sebuah perusahaan spesialis penyadapan dari Israel mengembangkan sebuah software yang sangat cerdas. Dengan menggunakan software ini, siapa saja bisa menyadap atau memata-matai hingga 10 ponsel tanpa diketahui sama sekali. Aplikasi ini sangat aman dan mudah sekali digunakan oleh siapa saja termasuk orang awam. Berikut uraian lengkap bagaimana cara sebuah ponsel bisa digunakan sebagai alat untuk menyadap.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Perusahaan Pengembang Alat Penyadap

Agustus lalu sebuah keanehan terdeteksi pada ponsel seorang aktivis HAM di Uni Emirat Arab. Setelah diteliti ternyata ponselnya sedang disadap oleh seseorang dari jauh. Hal senada juga terjadi pada jurnalis di Meksiko yang berusaha menulis artikel korupsi besar di negeri telenovela ini. Setelah diteliti lebih dalam ternyata ponsel itu sedang disadap oleh sebuah software yang dibuat perusahaan bernama NSO group.

pendiri NSO [image source]
pendiri NSO [image source]
Perusahaan ini menyediakan jasa mata-mata kepada pemerintah atau lembaga yang menginginkan informasi kepada orang tertentu. Biasanya yang dimatai-matai oleh NSO adalah orang dianggap penting atau orang yang kemungkinan besar bisa membuat “kejahatan’ terbongkar sehingga butuh diwaspadai pergerakannya.

Harga dari Jasa Penyadapan

Harga dari penyadapan yang dilakukan oleh NSO group sangatlah mahal. Dalam praktiknya, group ini akan mematok harga sekitar $1.150.000,00. Harga yang sangat mahal ini menjamin semua penyadapan akan berjalan dengan lancar. Bahkan, tidak butuh waktu lama, segala percakapan atau data pada ponsel target bisa didapatkan dengan sangat mudah.

harga penyadap [image source]
harga penyadap [image source]
Satu paket penyadapan biasanya terdiri dari 10 ponsel jenis Iphone. Siapa saja yang memiliki ponsel ini bisa disadap dengan cepat. Selain Iphone, ponsel jenis android juga disinyalir bisa disadap dengan beberapa kali modifikasi. Saat ini NSO group sudah menangani banyak sekali klien dengan total pendapatan mencapai $15 juta. Seiring berkembangnya waktu, klien dari NSO group diperkirakan akan terus bertambah.

Klien dan Akses kepada Target

Klien dari NSO group rata-rata adalah pemerintah negara tertentu dengan perantara sebuah perusahaan. Mereka biasanya meminta perusahaan ini memata-matai orang yang dianggap mengganggu suatu negara. Selain orang-orang dari pemerintah, pemilik perusahaan besar juga kerap menggunakan jasa ini untuk memata-matai lawan bisnis atau siapa saja yang ingin dilenyapkan agar perusahaan mereka bisa berjalan dengan lebih besar.

target klien [image source]
target klien [image source]
Akses yang didapatkan oleh klien ini adalah unlimited. Ya, semua hal yang ada di ponsel bisa disalin dengan sangat detail. Selain itu, percakapan tanpa menggunakan ponsel (telepon) bisa direkam. Dengan kendali dari jauh speaker pada ponsel akan merekam dan saat itu juga segera mengirimkan rekamannya kepada pusat data untuk disalin dan juga dianalisis.

Dari beberapa poin di atas kita bisa menyimpulkan bahwa perkembangan alat sadap atau mata-mata sudah sangat mengagumkan. Zaman sekarang sudah tidak zaman lagi memata-matai dengan menguntit target. Semua dilakukan dengan sistem yang sangat canggih. Para klien yang menginginkan data tinggal duduk santai menunggu semua rekapan. Di masa depan, mungkin teknik mata-mata jauh lebih maju lagi di mana setiap orang akan dimata-matai gerak-geriknya dengan lebih jelas.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA