6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Bisa dicoba nih biar panjat pinang tetap safety

oleh Aini Boom
12:00 PM on Aug 19, 2017

Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-72 tahun ini penuh semarak dengan antusiasme warga yang menggelar beragam acara dan lomba. Sayangnya, hari yang harusnya berbahagia itu harus mendadak kelabu lantaran terdapat lomba yang sampai menewaskan pesertanya. Ya, orang-orang menyebutnya sebagai panjat pinang maut yang terjadi di Kota Bandung.

Insiden itu terjadi saat korban yang biasanya disapa Encim yang tiba-tiba jatuh saat hendak mengambil hadiah. Diduga kayu kurang kokoh hingga tiba-tiba patah, korban pun langsung terjatuh dari ketinggian 7 meter. Tak lama setelahnya, korban yang mengalami patah leher dan luka lainnya pun menghembuskan nafas terakhir. Untuk menghindari hal seperti ini terjadi, ada beberapa tips yang bisa diterapkan panitia untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Yuk kita simak.

Baca Juga
Vampir Dog, Binatang Misterius yang Diduga Jadi Tersangka Utama Penghisap Darah Puluhan Kambing di Malang
Mulai dari Disalahartikan Hingga Ditakuti, Inilah Arti Sebenarnya dari Lagu “Genjer-Genjer”

Memilih Tiang yang Benar-Benar Kuat untuk Dipanjat

Tiang [image: source]
Unsur penting dalam lomba panjang pinang tentulah batang atau tiang yang kokoh untuk dipanjat. Kasus yang terjadi pada Encim adalah batang pinang yang tiba-tiba patah dari sambungannya. Hal ini patut menjadi pelajaran semua pihak untuk benar-benar memperhatikan batang yang akan dipakai. Kekuatan yang harus diperhitungkan bukan hanya berat hadiah yang digantung, tapi juga berat badan orang-orang yang akan menaikinya. Jika kedua hal ini diperhitungkan dengan cermat, maka resiko patah batang yang berbahaya pun akan terhindarkan.

Dilakukan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Para Peserta Sebelum Mengikuti Lomba

Pemeriksaan kesehatan [image: source]
Kebanyakan orang merasa bersemangat dan sehat-sehat saja saat excited terhadap sesuatu. Sakit yang dideritanya pun tak lagi terasa jika sedang bergembira. Maka di saat seperti ini ukuran yang bisa mengetahui dengan pasti adalah pemeriksaan medis. Sehingga, penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi peserta yang akan mengikuti lomba panjat pinang. Sebab lomba ini sangat berbahaya bahkan bagi orang yang sehat, apalagi bagi mereka yang sakit.

Sepanjang Lomba, Usahakan Ada Tim Medis yang Mendampingi

Tim medis [image: source]
Tim medis adalah unsur penting yang mau tidak mau harus ada pada setiap perlombaan yang berisiko kecelakaan. Sebab katakanlah terjadi cidera ringan, namun jika tak ada tim medis yang menangani dengan benar, ada peluang cidera tersebut menjadi berbahaya. Terlebih untuk kasus serius seperti jatuh dari ketinggian, tentu tim medis lebih tahu apa yang harus dilakukan untuk pertolongan pertama ketimbang orang awam.

Panitia Melakukan Pengujian Atau Gladi Kotor Lomba Panjat Pinang

Persiapan lomba [image: source]
Peran penting panitia dalam memperlancar persiapan maupun pelaksanaan lomba memang krusial bagi jalannya acara. Khusus pada lomba panjat pinang atau lomba apa saja yang cukup berbahaya, penting untuk dilakukan gladi kotor. Contohnya, panitia melakukan uji kekuatan batang pinang yang digunakan dengan terlebih dulu memanjatnya. Jika ini dilakukan, bisa jadi hal yang seperti Encim alami tidak sampai terjadi.

Disediakan Makanan/Minuman Sehat dan Suplemen

Minuman bagi peserta [image: source]
Peserta lomba yang terlalu antusias dan larut dalam euforia kadang sampai lupa makan atau minum. Padahal kenyataannya, minum dan makan adalah penuntu asupan energi. Kekurangan dua hal ini, tubuh bisa gagal fokus dan berimbas mengalami kesalahan-kesalahan fatal. Jadi, tidak ada salahnya panitia menyedia makanan dan minuman sehat untuk peserta lomba. Hitung-hitung sebagai cara unik memeriahkan acara.

Mempersiapkan Antisipasi Terhadap Kecelakaan

Kasur antisipasi kecelakaan [image: source]
Antisipasi kecelakaan bisa dibuat untuk berjaga-jaga kalau-kalau ada peserta yang tiba-tiba terjatuh dari batang pinang. Bisa dengan memasang kasur atau bantalan pelindung di tanah sekitar. Atau juga menyediakan tali untuk pegangan (dengan catatan tali boleh dipegang hanya saat darurat). Cara lain mungkin dengan menghimbau peserta lomba untuk memakai helm agar bagian sekitar kepala aman. Tinggal pilih saja antisipasi paling logis yang bisa dipakai.

Beberapa hal di atas bisa menjadi alternatif cara yang bisa diterapkan agar lomba panjat pinang yang seru tetap bisa dilakukan tanpa mengabaikan keselamatan. Eeforia menyambut kemerdekaan tentu boleh-boleh saja, tapi perlu diingat juga bahwa keselamatan juga hal utama yang perlu kamu jaga lho guys. Stay happy but please stay safety!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA