Waspada! Gendam Membayangi Para Pemudik, Inilah 5 Cara Menghindarinya

Nggak perlu khawatir berlebihan, karena cara menghindarinya sangat sederhana

oleh Nikmatus Solikha
15:00 PM on Jun 24, 2017

Di musim mudik lebaran ini, pasti dibarengi dengan maraknya aksi kriminal di tempat umum, sebut saja gendam. Seperti kita ketahui, kejahatan bermodus hipnotis tersebut tidak sedikit memakan korban. Tentu hal itu juga yang jadi beban pikiran para pemudik yang menggunakan kendaraan umum.

Gelisah sepanjang perjalanan dan terus merasa was-was, apa kamu sering merasakannya? Nggak perlu sampai segitunya. Lagipula cara untuk menghindari gendam sebenarnya cukup sederhana. Jika tahu, tentu kita bisa menghindari kejahatan tersebut. Silakan simak ulasan tentang menghindari gendam di bawah ini. Semoga bisa diterapkan saat kamu mudik, ya.

Baca Juga
Ini Lho 5 Resep Rahasia yang Bikin Puspa Dewi Awet Muda Bak ABG 20 Tahunan
4 Cara Jika Kamu Tidak Ingin Jadi Korban Saat Terjadi Anjlok ataupun Tabrakan Kereta

Sugesti buat diri sendiri itu penting banget

Sesaat sebelum pergi meninggalkan rumah, usahakan kamu selalu membaca doa. Setelahnya, kamu bisa memberikan sugesti pada diri sendiri, semacam, “Aku akan dalam keadaan sadar, dan selalu dalam keadaan sadar.”

Ilustrasi meninggalkan rumah [image source]
Aturlah napas dengan baik, dan biasanya hal sepele tersebut akan memberikan dampak positif bagi diri kita selama di perjalanan. Manfaat nyatanya akan membuat kita lebih resisten dari sugesti pemberian orang lain, hal itu karena kita telah lebih dulu memberikan sugesti bagi diri sendiri.

Usahakan tidak berpenampilan mencolok

Berpenampilan mencolok dan membawa banyak sekali barang bawaan kerap menjadi sasaran empuk bagi para pelaku kejahatan. Seorang Hipnoterapis Dewi Puspaningtyas Faeni menjelaskan bahwa orang yang membawa banyak sekali barang bawaan membuatnya mudah mengalami pecah konsentrasi saat di tempat umum.

Mudik dengan banyak barang bawaan [image source]
Dua poin tersebut sudah meningkatkan risiko kamu buat disamperin pelaku kejahatan. So, kalau mau mudik, mending nggak perlu pakai baju baru atau perhiasan. Barang-barang yang nggak perlu juga mending nggak dibawa ya, demi keamanan.

Jangan melakukan kontak mata dengan orang yang nggak dikenal

Hal yang nggak kalah penting nih, selama di perjalanan usahakan meminimalisir ngobrol dengan orang lain. Hindari pula menerima makanan atau minuman dari orang asing.

Hindari kontak mata [image source]
Jangan biarkan pikiran kamu kosong, tetap lakukan aktivitas seperti biasa, namun jangan sampai melakukan kontak mata dengan orang asing. Baiknya lagi kamu siapkan permen mint, karena rasa dingin mint bisa mencegah rasa kantuk selama di perjalanan. Tapi, ketika berpuasa yang satu itu bisa diganti dengan cara-cara lain seperti membaca buku atau melakukan aktivitas tertentu.

Jangan biarkan pikiran kamu kosong

Dalam kondisi lelah, biasanya membuat pikiran jadi kosong. Hal itu bisa dikatakan sangat berbahaya. Pasalnya, saat pikiran kosong, maka otak akan melakukan relaksasi atau masuk ke dalam situasi yang santai. Pada situasi tersebut, tingkat kesadaran juga menurun.

Ilustrasi bengong di kendaraan [image source]
Kondisi itu disebut hyper-suggestibility, yaitu kondisi di mana seseorang begitu mudah diberikan sugesti. Maka dari itu, jangan sesekali berpikiran kosong, terlebih saat di tempat umum. Sibukkan diri dengan melakukan apa pun yang bisa menjauhkan kamu dari pikiran kosong.

Waspadai tepukan atau kejutan dari orang lain

Yang harus kamu ingat, tingkatkanlah kesadaran kamu ketika ada seseorang yang menepuk atau mengejutkan kamu dari belakang. Usahakan kamu tetap dalam kondisi 100%, atau jika memungkinkan, kamu bisa menepuk balik seseorang yang telah menepukmu.

Tepukan gendam [image source]
Menurut Dewi Puspaningtyas, berteriak atau memukul balik bisa memutus mantra gendam. Namun, tetap dengan catatan jangan menatap matanya, karena di sanalah entry poinnya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari gendam. Cukup sederhana, kan? Dan pastinya bisa kamu lakukan dengan mudah. Intinya, jangan biarkan konsentrasimu pecah dan membuat orang lain mudah memberi sugesti.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA