Daripada Pakai Kekerasan, Ternyata 7 Cara ini Lebih Ampuh Atasi Kegaduhan Murid di Kelas

Udah nggak zaman seorang guru mengkondisikan kelas dengan kekerasan

oleh Faradina
13:00 PM on Mar 25, 2017

Mungkin banyak orang yang berpikiran bahwa menjadi seorang guru merupakan pekerjaan mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Namun faktanya ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi seorang pengajar saat sudah memasuki ruang kelas. Yang mana salah satunya adalah mengatasi murid-murid yang gaduh. Ada banyak oknum yang cenderung menggunakan cara kasar untuk menenangkan siswanya, padahal hal itu malah akan menimbulkan masalah lain.

Sebenarnya yang namanya keributan itu harus dilawan dengan kepala dingin. Masih ada banyak sekali cara yang bisa digunakan para pengajar untuk menenangkan peserta didiknya, seperti halnya di bawah ini.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Ajak murid ke luar kelas

Belajar di luar [image source]
Murid yang biasanya membuat gaduh di kelas karena merasa bosan. Jadi sebagai seorang pengajar bolehlah kalau sekali-kali mencoba hal baru misalnya dengan mengajak mereka belajar di luar kelas. Di bawah pohon rindang di halaman sekolah pastinya akan memberikan suasana baru bagi mereka. yang seperti ini biasanya akan membuat semangat belajar siswa semakin meningkat loh. Tapi ingat jangan bawa mereka berjemur di bawah tiang bendera ya.

Bawalah murid bermain

Bermain di kelas [image source]
Mengajar itu bukan melulu tentang guru yang menjelaskan di depan kelas, tetapi ilmu juga bisa diperoleh dengan cara bermain. Kalau siswa-siswa kalian sudah mulai tidak bisa dikondisikan cobalah ajak mereka bermain tentunya yang masih berhubungan dengan pelajaran. Misalnya saja kalau kalian mengajar matematika, bawalah siswa bermain ular tangga matematika atau semacamnya, dengan cara ini selain murid akan lebih terkondisikan, mereka juga akan merasa senang untuk belajar.

Tiup peluit

Tiup peluit [image source]
Pengajar juga bisa membawa senjata untuk menenangkan siswanya lho. Yang pasti bukan rotan ataupun lakban melainkan peluit. Mengapa harus peluit? Coba bayangkan saat kalian harus membunyikan pluit di tengah suasana gaduh, pasti kondisi akan berubah jadi tenang bukan? Karena mereka bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Nah kalau sudah tenag, barulah kalian coba memberi sedikit nasihat untuk para siswa.

Teriakkan semangat

Luapkan semangat [image source]
Cara ini hampir mirip seperti yang sebelumnya, namun senjata yang diperlukan hanya suara kalian saja. Coba buat kaget siswa-siswa kalian dengan cara berteriak. Tentu saja bukan asal berteriak karena yang seperti ini malah akan memperkeruh suasana. Misalnya saat mereka sedang asik ngobrol, ucapkan kata ‘MERDEKA’ dengan lantang. Otomatis mereka akan diam seketika sambil memandangi sang guru. Pada saat inilah baru ceritakan apa esensi kalian melakukan hal yang demikian. Kalian juga bisa mencpba kata lain yang bermakna dan familiar selain ‘merdeka’.

Mengajarlah dengan menarik

Guru menarik [image source]
Jangan melulu salahkan murid kalian bila memang kelasnya jadi gaduh dan bising, karena bisa jadi itu disebabkan oleh guru yang mengajar dengan cara membosankan. Lakukan hal baru di setiap kelasmu, misalnya saja mengajar sambil ngerap. Tentu yang seperti ini adalah hal baru di bagi murid-muridmu dan mereka akan menjadi antusias. Atau bila kalian sedang mengajar kimia di lab, lakukan percobaan yang menarik misalnya dengan sedikir bermain api yang tentunya aman.

Coba ikut ngobrol

Mengajar kreatif [image source]
Murid-murid pada bicara sendiri kok gurunya malah ikutan? Bila kalian berhasil mengikuti alur pembicaraan mereka dan ikut di dalamnya, tentu saja nantinya obrolan itu juga bisa kalian kendalikan dan hentikan dengan segera. Cara sederhana seperti ini terbukti berhasi karena murid-murid pasti akan merasa kaget saat sang guru ternyata juga bisa masuk dalam bahasan mereka dan sebelum semakin banyak yang terlontar siswa tersebut juga cenderung hanya akan terdiam.

Jalan-jalan di dalam kelas

Berkeliling di kelas [image source]
Daripada kita stres di depan kelas harus menjelaskan materi sementara murid dibelakang hanya bisa berbuat gaduh, alangkah lebih baik jika memutuskan untuk berkeliling kelas. Murid yang memulai keributan biasanya dikarenakan oleh bosan dengan sang guru, oleh karena itu coba menjelaskan dengan berkeliling kelas dan dekati mereka yang cenderung berbuat gaduh. Bila sang guru sudah mendekati murid, maka sudah tidak ada celah lagi kan untuk mereka membuka forum di dalam forum.

Yang namanya seorang murid itu pasti memiliki waktu di mana mereka akan lelah berbuat masalah di kelas. Jadi yang perlu dilakukan oleh seorang guru adalah bersabar dan menghadapinya dengan cara yang baik. Tidak perlu menggunakan rotan untuk memukul, berteriak sampai suara habis, atau membungkam mulut mereka dengan selotip karena jika kita tahu cara memasuki dunia mereka maka rasa segan pasti akan muncul. Udah nggak zaman lagi seorang guru stres di kelas karena murid, sebab semua bisa diselesaikan dengan kepala dingin ya.

 

 

 

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA