in

7 Cara Unik Mencari Jodoh ala Adat di Indonesia

Bibit Bebet Bobot via Homeland Culture Blogspot
Bibit Bebet Bobot via Homeland Culture Blogspot

Setiap orang pasti punya cara unik mencari jodoh. Ada yang suka lewat biro jodoh, internet atau harus tabrakan kecil dulu ala pasangan-pasangan di FTV. Meski hal itu dilakukan oleh masyarakat modern, rupanya di Indonesia sendiri ada banyak tradisi atau adat yang memiliki cara khas dalam perjodohan.

Kebutuhan untuk memiliki pasangan pasti ada pada diri setiap orang. Nah, dalam masyarakat tradisional, urusan mencari jodoh banyak diatur atau dilakukan lewat ritual atau peristiwa unik.

Kali ini kita akan mengupas beberapa cara unik mencari jodoh yang dilakukan oleh beberapa masyarakat tradisional Indonesia. Tidak kalah nyentrik nih dari masyarakat modern jaman sekarang lho, kita mulai dari yang satu ini…

1. Tradisi Omed-Omedan (Ciuman Masal) asal Bali

Mungkin kalau baca namanya terkesan tabu, tapi tradisi ini punya sejarah dan sudah dilakukan sejak di masa penjajahan Belanda. Jaman sekarang, ritual ini dijadikan salah satu cara unik mencari jodoh oleh muda mudi atau Sekaha Teruna Teruni. Tapi, bagi wanita yang datang bulan tidak diperbolehkan ikut acara tersebut agar menjaga kesucian ritual.

Setelah sebuah ritual sembahyang, para pemuda dan pemudi akan mengarak salah satu anggotanya. Kemudian kedua muda mudi ini berpelukan sambil berciuman di muka umum. Dua insan ini akan dipisahkan setelah diguyur dengan air.

Omed-omedan via Bali Tribunnews
Omed-omedan via Bali Tribunnews

Setelah itu, Sekaha Teruna Teruni tadi akan terbagi dalam 2 kelompok pria dan wanita. Panitia acara akan meniup sempritan dan setiap kelompok akan mendorong seorang wakilnya untuk menjadi yang pertama berciuman sambil berpelukan. Kadang karena perwakilannya tidak saling suka, mereka akan saling menghindar untuk berciuman meski sudah didorong untuk melakukannya.

Written by Orchid

Leave a Reply

Air Terjun Negeri dongeng (c) palingseru

Rumania, Indahnya Bak Negeri Dongeng

Beberapa Hal ini Sering Membuat Kita Terlena