Gunakan 7 Cara Ampuh Ini untuk Nagih Utang Secara Halus Tapi Tetap Maknyus

Kebangetan kalau masih nggak mau bayar setelah pakai cara-cara ini

oleh Faradina
12:00 PM on Mar 23, 2017

Sebel nggak sih kalau misal ada temen yang sukanya ngutang tapi nggak suka bayar? Sepertinya banyak dari kita yang punya pengalaman seperti ini ya. Rasanya pengen banget buat minta segera dikembalikan, tapi sungkan juga karena gimanapun dia itu teman kita. Tapi kalau nggak ditagih juga si dia nggak ada inisiatif buat balikin uang kita padahal sudah butuh banget nih.

Kalau sampai sekarang kalian masih bergelut dengan masalah ini, sepertinya harus ada jurus-jurus baru yang digunakan agar uang segera kembali ya. Dan di bawah ini ada tujuh cara yang terbukti ampuh untuk menagih hutang tanpa harus merusak pertemanan.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

Sering-sering minta bayarin

Minta bayarin [image source]
Ada dua jenis peminjam uang yang sering kita temui, pertama adalah mereka yang terang-terangan akan meminta dan mereka yang meminjam secara terselubung. Nah tipe kedua ini yang cukup berbahaya karena mereka suka berdalih meminta kita membayar pembeliannya dengan alasan tidak membawa uang. Cara ini juga sebenarnya bisa kalian gunakan agar uang kembali. Saat pergi bersama, coba untuk membawa uang seminim mungkin dan minta teman tersebut untuk membayar belanjaan kita. Tentunya dengan jumlah yang sama sambil menjelaskan bahwa nominal hutangnya akan dipotong otomatis kalau bersedia bayarin belanja kita.

Rajinlah nitip barang

Titip barang [[image source]
Kalau misal cara pertama kurang berhasil lantaran dia juga sering bawa uang minim saat pergi bersama, cobalah jurus kedua. Misalnya ketika kalian janjian akan bertemu entah di rumah atau di kampus, cobalah untuk menitip barang padanya. Bisa dalam bentuk makanan atau kebutuhan sehari-hari yang sudah menipis. Dengan begini kan uang yang dia pinjam tetap bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari.

Bersikap memelas

Pengen ini itu [image source]
Sindiran halus juga terkadang perlu dilakukan. Jika kalian adalah teman dekat pastinya sudah sering melakukan yang namanya curhat kan? Nah coba ceritakan pada kawan yang suka ngutang tadi betapa kalian sangat ingin membeli sesuatu. Misalnya saja butuh baju baru tapi sayang lagi nggak punya duit, dan yang lain-lain dengan muka memelas. Kalau memang teman tersebut peka, dia pasti akan langsung mengingat hutangnya dan akan membayar karena kasihan. Nggak masalah dikasihani yang penting uang kembali.

Main kode agak keras di tanggal gajian

Waktu gajian [image source]
Cari tahu kapan teman kalian tersebut menerima gaji atau mendapat kiriman uang. Dengan begitu kalian bisa ‘menagih’ hutang di saat yang tepat dan dianya juga tidak akan bisa berdalih bahwa uang sudah habis karena kan baru saja gajian. Coba sindir dengan kaliat semacam, “ciye yang habis dapet duit, mana nih jatah aku?” Pancingan-pancingan seperti ini juga perlu dilakukan untuk memunculkan kepekaannya.

Puji-puji dia

Memuji teman [image source]
Mau nagih hutang kok mesti dipuji-puji? Dalam psikologi, orang akan bertindak lebih cepat ketika kita memainkan egonya. Kalian bisa memainkan ego tersebut dengan cara menyanjungnya. Misalnya ceritakan saja bahwa selama ini dia sudah kalian anggap sebagai sosok teman yang bijaksana dan sering melakukan kebaikan. Setelah itu biasanya orang tersebut akan tergerak melakukan hal-hal bijaksana dan benar, persis seperti yang kita bicarakan sebelumnya. Karena jika tidak demikian orang itu akan khawatir rasa kagum orang lain terhadap dirinya hilang. Jadi jangan lupa menagih hutang beberapa jam setelah memberi pujian ya.

Mainin gengsinya

Main gengsi [image source]
Selain memainkan ego, coba untuk pancing gengsinya. Caranya juga cukup mudah, kalian hanya perlu membuat skenario kecil misalnya dengan menceritakan bahwa ada teman yang sempat berkata buruk tentangnya karena sering telat mengembalikan uang yang dipinjam. Kemudian utarakan kalau kalian yakin bahwa dia bukan orang seperti itu dan akhirnya si ‘tersangka’ pasti akan membayar hutang tepat waktu.

Blak-blakan aja

Blak-blakan [image source]
Kalau cara-cara halus serta sindiran tipis-tipis belum berhasil, beranikan diri untuk meminta secara langsung. Tapi sertakan alasan yang tepat ya. Misalnya saja kalian ingin uang yang dipinjam segera dikembalikan karena harus membayar tagihan motor ataupun untuk membayar kos bulanan. Masak sih teman sendiri tega kalau kita sampai nunggak bayar hal-hal penting semacam itu. Biasanya sih yang seperti ini akan berhasil.

Itulah tujuh cara yang sepertinya bisa mulai dicoba kalau kalian sudah menemui jalan buntu menunggu kawan mengembalikan uang pinjamannya. Jujur saja kalau kalian memang sedang butuh uang daripada nantinya kalian yang malah gantian ngutang orang lain. Jangan pernah ragu untuk menagih. Selamat mencoba para pejuang penagih hutang!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA