7 Tradisi yang Membuktikan Bahwa untuk Tampil Cantik itu Butuh Perjuangan

oleh Rahma Muliani
07:00 AM on Oct 18, 2015

Sejak jaman dahulu, menjadi cantik adalah impian semua wanita di dunia. Seorang wanita akan bertambah rasa percaya dirinya jika ia tampil begitu cantik, anggun dan juga menawan. Tapi untuk menjadi cantik dibutuhkan perjuangan khusus yang terkadang malah menyakitkan.

Seperti beberapa tradisi yang ada di berbagai dunia ini. Untuk menjadi cantik, wanita-wanita ini melakukan sebuah tradisi turun-menurun dari nenek moyangnya. Tradisi ini cukup aneh dan membuat kita geleng-geleng kepala. Mau tahu seperti apa? Mari kita simak selengkapnya sekarang.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Di Mauritania Mempunyai Tubuh Gemuk Itu Sama dengan Cantik

Siapa bilang cantik itu harus dengan tubuh yang ramping? Lihat saja para wanita yang berada di Mauritania, Afrika Barat ini. Rata-rata dari mereka justru memiliki tubuh yang sangat gemuk dan para lelakinya pun juga lebih menyukai wanita yang memiliki postur tubuh yang gemuk.

Di Mauritania Gemuk Itu Cantik
Di Mauritania Gemuk Itu Cantik [imagesource]
Bertubuh gemuk memang telah menjadi simbol kecantikan wanita Mauritania. Para orang tua pun bersusah payah untuk membuat anak mereka gemuk. Alasannya tidak lain adalah agar menarik perhatian lawan jenis dan cepat mendapat jodoh.

2. Kotoran Burung untuk Make-Up Wanita di Jepang

Kamu tahu Geisha? Bukan, Geisha di sini bukanlah nama group band asal Indonesia, melainkan wanita Jepang yang selalu memakai Yukata dan tampil dengan make-up yang super tebal. Dia cantik, menarik dan juga sangat menawan.

Cantiknya Geisha dari Jepang Ini
Cantiknya Geisha dari Jepang Ini [imagesource]
Tapi tahukah kamu warna putih pada wajah Geisha itu bukanlah berasal dari warna bedak yang ia pakai. Itu adalah masker yang terbuat dari kotoran burung kemudian dicampur dengan bedak. Masker itu sendiri berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

3. Tampil Cantik dengan Telinga yang Panjang Ala Suku Dayak

Kalau kamu cinta Indonesia, kamu tentu tahu dong Suku Dayak yang berasal dari Kalimantan ini. Bagi suku ini, perempuan cantik berkaitan erat dengan telinga yang panjang. Semakin panjang telinga, maka perempuan itupun semakin terlihat cantik.

Wanita Cantik Suku Dayak dengan Telinga Panjang
Wanita Cantik Suku Dayak dengan Telinga Panjang [imagesource]
Cara mereka memanjangkan telinga adalah dengan pemberat yang terbuat dari logam. Pemberat itu berbentuk seperti gelang dan dikaitkan pada daun telinga. Selain sebagai simbol kecantikan, telinga yang panjang juga menunjukkan bahwa orang tersebut berasal dari kalangan bangsawan.

4. Mulut yang Lebar adalah Tanda Kecantikan Wanita Ethiopia

Jika Suku Dayak memiliki telinga yang panjang, hal yang hampir serupa juga ada di Ethiopia. Sebuah suku bernama Suku Mursi mempunyai sebuah tradisi, yakni melebarkan mulut. Mulut mereka dilebarkan selebar-lebarnya, hingga benda sejenis piring bisa masuk ke dalamnya.

Wanita di Ethiopia Cantik dengan Mulut Lebar
Wanita di Ethiopia Cantik dengan Mulut Lebar [imagesource]
Hal itu dijadikan sebagai simbol kecantikan perempuan Suku Mursi. Semakin lebar benda yang dapat masuk ke mulut, maka semakin cantiklah perempuan itu. Ukuran benda itu juga sebagai ukuran seberapa besar mahar pernikahan untuk keluarga perempuan tersebut.

5. Wanita di India Menjaga Kecantikannya dengan Menutup Hidung

Di India ada suatu suku bernama Suku Apatani. Perempuan dari Suku Apatani dianggap paling cantik di antara suku-suku lainnya yang ada di sana. Saking cantiknya, banyak di antara mereka yang di culik oleh suku lain di sekitarnya.

Menjaga Kecantikan dengan Membuat Lubang Hidung Tambahan
Menjaga Kecantikan dengan Membuat Lubang Hidung Tambahan [imagesource]
Maka dari itulah untuk menjaga keselamatan dirinya, perempuan Suku Apatani mempunyai suatu tradisi, yakni menyumbat lubang hidungnya. Selain itu, mereka juga membuat tato hidung dan dagunya dengan bentuk garis. Wah, kira-kira mereka jadi kesulitan untuk bernafas tidak ya?

6. Di Thailand, Banyak Wanita yang Ingin Cantik dengan Leher Panjang

Suku Karen, yang berada di Thailand juga mempunyai simbol kecantikan tersendiri, yakni leher yang panjang. Perempuan Suku Karen selalu memakai kalung besi berwarna emas di lehernya. Kalung itu ditumpuk sedemikian banyak, semakin banyak berarti semakin panjang lehernya dan itu tandanya semakin cantik pula perempuan tersebut.

Wanita Cantik dengan Leher Panjang di Thailand
Wanita Cantik dengan Leher Panjang di Thailand [imagesource]
Kalung ini tidak boleh dilepas walau saat mandi sekalipun. Selain sebagai simbol kecantikan, awalnya perempuan Suku Karen memakai kalung besi ini untuk melindungi dirinya dari serangan hewan buas yang hidup di sekitar tempat tinggal mereka.

7. Kaki Kecil Wanita Cantik di China

Demi dapat berjalan dengan anggun dan terlihat menarik, perempuan Jepang harus rela dibebat kakinya agar terlihat mungil. Mereka percaya, semakin kecil ukuran kaki seorang perempuan, maka ia akan terlihat semakin cantik dan anggun.

Kaki Mungil Wanita di Jepang
Kaki Mungil Wanita di Jepang [imagesource]
Tradisi ini dilakukan berawal dari sebuah kisah seorang ratu yang cantik dan memiliki kaki yang mungil. Sejak saat itu, anak perempuan Jepang yang berumur 4 sampai 7 tahun sudah dibebat kakinya oleh orang tuanya. Umur segitu memang tulang masih dapat dibentuk, sehingga akan menghasilkan kaki cantik yang sempurna.

Cantik memang tidak melulu bertubuh langsing ataupun berkulit putih bukan. Tradisi ini membuktikan ada begitu banyak cara agar terlihat cantik walaupun dengan cara yang mungkin sangat menyakitkan. Menurut kamu, tradisi mana nih yang paling ekstrim?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA