Caminito del Rey, Jalur Tebing Paling Berbahaya di Spanyol Dibuka Kembali

oleh Alfry
09:26 AM on Mar 14, 2015

Jalur tebing di Malaga ini sempat menjadi destinasi wisata ekstrim yang populer di Spanyol sebelum ditutup tahun 2001. Ini merupakan jalur pendakian paling berbahaya di dunia dan telah ada selama 110 tahun. Adalah jalur Caminito del Rey sebuah jalur setapak yang ada di ngarai Desfiladero del los Gaitanes, Desa El Chorro, Malaga.

Konstruksinya yang sudah ada sejak ratusan tahun membuatnya sangat berbahaya untuk dilalui. Tercatat ada lima wisatawan tewas saat mencoba melintasi jalur ini pada rentang 1999 dan 2000. Hal ini pula yang menjadi pertimbangan pemerintah Spanyol untuk menutup sementara jalur ekstrim tersebut.

Baca Juga
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya

Caminito del Rey (c) holiday.com
Caminito del Rey (c) holiday.com

Kini setelah ditutup selama 14 tahun, pemerintah Spanyol berencana untuk membuakanya kembali untuk umum. Rencana ini akan dilakukan tepat pada Hari Paskah tahun ini yang jatuh pada 29 Maret 2015. Pembukaan jalur berbahaya ini bukan tanpa alasan, sebab banyak wisatawan pecinta tantangan bendorong pemerintah setempat untuk merenovasi jalur tersebut agar bisa dibuka kembali.

Seperti dilansir Travelingyuk dari CNN Travel, saat ini lantai kaca telah diletakkan di sisi tebing dan juga tambahan papan kayu telah ditata dengan rapi sehingga cukup aman untuk dilalui. Gubernur Provinsi Malaga, Elias Bendodo juga mengatakan bahwa jalur ini telah siap sepenuhnya untuk menyambut wisatawan pada hari Paskah.

Jalur Ini di Buka Akhir Maret (c) Flickr
Jalur Ini di Buka Akhir Maret (c) Flickr

Titik-titik berbahaya sudah direnovasi dan sepanjang jalur kini sudah dilengkapi dengan seling baja sebagai pengamannya. Para wisatawan yang hendak melintasi jalur ini diharuskan untuk mengenakan helm keselamatan.

Berita menggembirakan ini disambut dengan antusias oleh para wisatawan. Setidaknya sudah ada 30.000 wisatawan yang mengantri untum menjajal jalur Caminito del Rey yang baru. Untuk pemesanan tikat, wisatawan bisa mengunjungi website caminitodelrey.com. Anda tertarik?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA