4 Calon Kandidat Gubernur Jakarta yang Mungkin Bisa Lebih Baik Dari Ahok

oleh Rizal
10:30 AM on Sep 22, 2015

Meskipun prosesi pemilihan gubernur Jakarta masih 2 tahun lagi yakni pada tahun 2017, namun sudah mulai muncul prediksi-prediksi tentang siapa yang bakal duduk di kursi tertinggi di DKI Jakarta. Sejumlah nama-nama terkenal dijagokan sebagai kandidat kuat melawan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ada yang membenarkan jika memang serius memasuki persaingan, ada yang menyanggah dengan berbagai alasan.

Berkaca dari kiprah Ahok selama ini mungkin bisa dikatakan berimbang, ada plus dan minusnya. Prestasi Ahok bisa dibilang lumayan, misalnya dengan membangun banyak sekali fasilitas mulai jalan sampai rusun-rusun. Kalau dilihat dari sisi negatifnya, Ahok pernah mencanangkan legalitas untuk prostitusi dan juga getol sekali membuat minuman beralkohol jadi konsumsi lumrah masyarakat. Ya, meskipun berdalih kadarnya kecil tidak akan bikin mabuk dan pajaknya bisa berguna untuk pemasukan daerah, namun minum minuman beralkohol merupakan hal yang sangat dilarang terutama bagi mayoritas penduduk Jakarta yang beragama Muslim.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Nah, tanpa perlu menutupi kekurangan dan kelebihan Ahok, bagaimana jika kita bandingkan dengan prestasi para calon kandidat gubernur yang digadang bakal ikut pemilihan itu. Manakah yang kemungkinan besar akan menang? Berikut ulasannya.

1. Adhyaksa Dault

Terlepas dari kelebihan dan bukti nyata yang ditunjukkan Ahok selama ini, ada desas desus jika masyarakat Jakarta mendambakan pemimpin yang beragama muslim. Hal ini bisa kamu lihat sendiri di forum-forum diskusi yang ada di media online. Tanpa bermaksud menciptakan pernyataan yang bikin kontroversi, masyarakat Jakarta dua tahun lagi mungkin bisa memilih pemimpin dengan kriteria yang dimaksud. Yup, orangnya adalah Adhyaksa Dault, sang mantan Menteri Pemuda dan Olahraga yang kini jadi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Agamis dan dekat dengan ulama, membuat Adhyaksa Dault jadi calon kuat saingan Ahok [Image Source]
Agamis dan dekat dengan ulama, membuat Adhyaksa Dault jadi calon kuat saingan Ahok [Image Source]
Secara tegas Adhyaksa menyatakan kesiapannya untuk bermain dalam kancah perebutan kursi tertinggi di DKI. Sosok satu ini memang sudah punya nama, tak hanya karena bersih tanpa kasus satu pun ketika menjabat sebagai menteri tapi juga sangat agamis. Adhyaksa dulu sering terlihat wara wiri di stasiun televisi dalam deretan acara pengajian. Meskipun tak serta merta bisa dinilai jika ia sosok yang sangat religius, tapi setidaknya pria ini sudah menunjukkan hal tersebut.

Meskipun sudah punya nama dan pamor yang baik, tapi banyak pihak yang menyangsikan kemenangan Adhyaksa nantinya. Pasalnya, nama-nama yang digaungkan sebagai saingannya di pemilihan lainnya juga tak kalah mentereng, baik nama dan prestasinya. Tentu saja ini masih sekedar praduga saja, kita lihat bagaimana sang mantan menteri ini menunjukkan itikad baiknya untuk bisa memimpin Jakarta lebih baik.

2. Tri Rismaharini

Wali Kota Surabaya ini tentu tak asing di telinga kita. Kiprahnya benar-benar luar biasa dan sukses bikin image kota pahlawan berangsur-angsur membaik. Terlebih ia sangat concern dengan perbaikan fasilitas perkotaan dan juga yang paling greget adalah menutup lokalisasi terkenal itu untuk selamanya.

Jika lapak prostitusi paling besar saja bisa ditutupnya, maka tidak diragukan lagi kapasitasnya jika naik sebagai gubernur [Image Source]
Jika lapak prostitusi paling besar saja bisa ditutupnya, maka tidak diragukan lagi kapasitasnya untuk naik sebagai gubernur [Image Source]
Ketegasan, tak takut mati, serta kebersahajaannya menjadi nilai plus bagi seorang Rismaharini dan hal tersebut cukup jarang dimiliki oleh deretan pemimpin di Indonesia. Sebagai bukti silakan tanyakan sendiri kepada masyarakat Surabaya betapa bangganya mereka kepada sang pemimpin itu.

Ya, jika Rismaharini bisa menutup lokalisasi terbesar se-Indonesia tersebut, maka ia juga sangat bisa diandalkan untuk memperbaiki porak-porandanya Jakarta. Meskipun tak segetol Ahok soal pembangunan, tapi Risma pasti bisa memperbaiki masyarakatnya. Risma sendiri tengah memasuki masa-masa terakhirnya sebagai Wali Kota, jadi kemungkinan ia menjadi Gubernur Jakarta cukup terbuka.

3. Sandiaga Uno

Siapa sih yang tak kenal dengan sosok satu ini? Ia adalah salah satu orang paling kaya di Indonesia, motivator ulung dan juga gemar sekali melakukan kegiatan sosial. Tak cuma itu, Uno juga punya integritas tinggi dan jago soal ekonomi. Sosok yang lengkap banget bukan sebagai pemimpin?

Kemampuan analisa ekonomi Sandiaga Uno pasti bisa bikin Jakarta lebih greget [Image Source]
Kemampuan analisa ekonomi Sandiaga Uno pasti bisa bikin Jakarta lebih greget [Image Source]
Ya, kemampuan analisanya di bidang ekonomi itu pasti akan membantu Jakarta lebih baik jika nantinya ia terpilih. Ia juga pimpinan sebuah perusahaan besar, otomatis Sandiaga punya banyak relasi yang akan membantunya memperbaiki mengusung Jakarta lebih greget lagi. Nama Sandiaga Uno sendiri banyak direkomendasikan sebagai calon saingan Ahok di 2017 mendatang. Salah satunya oleh Anggota Fraksi Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua DPRD DKI, Mohamad Taufik.

Soal elektabilitas Sandiaga Uno juga tak kalah dengan yang lainnya, seperti Rismaharini, Ahok, dan juga Ridwan Kamil. Apakah nantinya sang pengusaha bisa makin melejit pamornya dan akhirnya terpilih? Kita lihat saja kiprahnya di tahun depan.

4. Ridwan Kamil

Nama satu ini sering disebut sebagai calon pengganti kuat Ahok di tahun 2017. Dikatakan calon pengganti kuat karena sang Wali Kota Bandung ini punya kans yang besar untuk menang. Jika dibikin head to head seperti sepak bola mungkin nilainya sama, yakni 50:50.

Revolusioner dan dekat dengan anak muda, kans Ridwan Kamil pun juga terbuka lebar sebagai calon Gubernur Jakarta [Image Source]
Revolusioner dan dekat dengan anak muda, kans Ridwan Kamil pun juga terbuka lebar sebagai calon Gubernur Jakarta [Image Source]
Dilihat dari sisi popularitas, keduanya bisa dikatakan cukup berimbang. Meskipun Ahok menang telak dalam survey yang dilakukan oleh Cyrus dengan suara 35,5 persen dan Ridwan Kamil hanya 14,8 persen saja, namun sang Wali Kota Bandung mengalahkan dengan telak mantan Bupati Bangka Belitung tersebut di ranah sosmed.

Dilihat dari inovasi pun sebenarnya tak jauh beda. Seperti yang kamu tahu, Ridwan Kamil beberapa kali membuat warga Bandung berdecak kagum dengan apa yang dilakukannya. Mulai bikin mobil sampah yang canggih itu, sampai pernah juga merilis Apps anti begal. Sosok Ridwan sendiri juga terkenal sangat bersahaja, meskipun kadang ia juga bisa segalak Ahok. Misalnya ketika memarahi pemuda yang merusak fasilitas dan diunggah di Instagram beberapa waktu lalu.

Wih, bakal jadi saingan berat nih, meskipun Ridwan Kamil sendiri mengaku masih belum terpikirkan ke arah sana. Mengingat baru setahun ia menjabat Wali Kota Bandung. Sepertinya hal tersebut tak jadi masalah, toh Presiden kita juga pernah melakukan hal yang sama.

Akan jadi persaingan sang super seru jika keempat orang ini akhirnya setuju untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Jakarta. Semua punya kans untuk menang termasuk Ahok sendiri yang sampai kini memegang nilai tertinggi dalam persentase elektabilitas. Terlepas dari siapa yang akan terpilih nantinya, kita semua berharap Jakarta mampu lebih baik dari sekarang. Bahkan kalau bisa mampu mengalahkan Kuala Lumpur dan kota-kota elit di dunia lainnya. Semoga!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA