Californium 252, Zat Mematikan yang Harga Per Gramnya Lebih Mahal daripada Mobil Mewah

oleh Rizal
12:47 PM on Sep 15, 2016

Sebagai orang awam, kita pasti bakal menjawab berlian ketika ditanya tentang benda paling mahal di dunia. Nggak sepenuhnya salah sih, karena berlian memang berharga miliaran. Tapi, kalau dipandang dari sisi sains, berlian nyatanya bukan yang paling mahal di dunia. Ya, ada satu zat unik yang namanya mungkin nggak familiar bagi banyak orang, tapi memang nyata dan eksis serta memiliki harga yang begitu mahal.

Zat ini bernama Californium 252. Bahan satu ini konon banderol harganya benar-benar nggak masuk akal. Untuk bisa membelinya seseorang harus rela mengeluarkan duit yang nggak main-main. Ya, kalau rumah dan mobil mewah mah nggak bakal pernah cukup untuk bisa membeli material satu ini, bahkan dalam jumlah yang sangat kecil.

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

Nggak cuma tentang harga saja, ada banyak hal-hal mengejutkan soal zat asing yang nggak banyak dikenal ini. Lebih jauh lagi soal Californium 252, berikut ini beberapa fakta dari si zat mahal yang pasti bikin kamu nggak percaya.

Harga Californium yang Nggak Karuan Banyaknya

Pertama kali muncul di tahun 50an, Californium sukses menghentak banyak orang. Bukan karena fungsi dan fisiknya, tapi karena harganya yang benar-benar nggak masuk di akal. Bagaimana tidak, untuk satu gram saja Californium, harganya bisa mencapai $315 miliar atau kalau dirupiahkan setara dengan Rp. 4.166.816.431.916.192. Silakan dihitung sendiri ya.

Ilustrasi Californium [Image Source]
Ilustrasi Californium [Image Source]
Dengan banderol harga segila ini, Californium pun mencatatkan dirinya sebagai benda paling mahal. Berlian yang selama ini selalu dianggap benda termahal, ternyata pun kalah telak nilainya. Emas apalagi, dibanding Californium, logam mulia ini benar-benar nggak ada harganya.

Californium Tidak Tersedia di Alam

Tentu ada alasannya dong kenapa Californium bisa berbanderol begitu mahal. Penyebabnya sendiri tak lain karena material satu ini tak tersedia secara alami. Mau kita cari sampai kiamat, Californium hampir tak mungkin ditemukan. Benda satu ini dicipta dari proses yang begitu panjang dan rumit.

Ilustrasi penciptaan Californium [Image Source]
Ilustrasi penciptaan Californium [Image Source]
Ya, soal proses penciptaan, Californium memang dicipta dengan sangat rumit dan melewati proses yang tak hanya sekali atau dua kali saja. Dengan proses serumit itu pun, Californium yang dihasilkan juga sangatlah sedikit. Makanya, dengan mempertimbangkan segala aspek ini, rasa-rasanya cukup masuk akal ya kalau Californium harganya bikin geleng-geleng kepala.

Manfaat Besar Californium

Dengan usaha penciptaan yang besar serta banderol harga yang begitu tinggi, adalah hal yang konyol kalau Californium tidak punya manfaat besar. Ya, faktanya, material satu ini diburu karena memang punya begitu banyak manfaat luar biasa. Secara umum, Californium bisa dipakai untuk banyak hal meliputi medis, reaktor nuklir, dan juga perminyakan.

Californium untuk reaktor nuklir [Image Source]
Californium untuk reaktor nuklir [Image Source]
Tapi, dari semua manfaat besar Californium, fungsi terhebat material ini adalah untuk tujuan militer. Menurut data, Californium bisa dipergunakan untuk melengkapi alat-alat militer macam bahan peledak, ranjau, hingga peluru. Katanya, dengan memakai bahan ini, senjata-senjata bakal lebih merusak dan mematikan. Amerika dikatakan sebagai negara yang paling aktif memakai Californium untuk senjata-senjata militernya.

Dampak Buruk Californium Bagi Manusia

Secara umum Californium hampir-hampir sama seperti nuklir di mana ia bisa menyebabkan radiasi. Namun, efek yang ditimbulkan Californium ini lebih dahsyat. Hal tersebut tak lain karena sifat bahannya yang gampang masuk ke dalam tubuh ke bagian paling dalam. Bahkan ia bisa merasuk ke dalam inti sel dalam merah serta sumsum tulang.

Ilustrasi kanker [Image Source]
Ilustrasi kanker [Image Source]
Californium yang mengendap di dalam tubuh sangat berbahaya. Menurut para ahli, bersemayamnya mereka di badan akan membuat seseorang terkena kanker ganas yang menyerang hampir seluruh tubuhnya. Ketika sudah masuk Californium nggak mungkin bisa dikeluarkan lagi. Ia bisa menghilang dengan sendirinya memang, tapi itu butuh waktu sampai puluhan tahunan.

Californium 252 harganya benar-benar nggak masuk akal, ya. Emas, berlian, bahkan mobil mewah pun nggak bisa ditukar dengannya walaupun untuk jumlah yang sangat sedikit. Californium memang mahal, tapi ternyata masih bukanlah yang termahal di muka Bumi. Ada satu lagi yang paling mahal bernama Antimatter. Harganya nggak main-main, sekitar $6,25 triliun yang kalau dikonversikan ke Rupiah nilainya makin nggak karuan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA