Pengen Mudik Anti Mainstream? Yuk Kita Coba Mudik Pake Bus Tingkat Mewah ini

Kini, para pemudik semakin dimanjakan dengan kehadiran bus tingkat.

oleh Faisal Bosnia Ahmad
12:00 PM on Jun 17, 2017

Membicarakan soal transportasi mudik, setiap orang punya preferensinya masing-masing. Ada yang lebih suka naik kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Ada pula yang lebih suka menggunakan kendaraan umum. Bus, kereta api, hingga pesawat terbang adalah contoh transportasi umum yang kerap jadi favorit para pemudik menjelang hari raya.

Khusus untuk moda transportasi bus, kini para pemudik dibuat girang oleh para pengelola yang menawarkan pilihan teranyar yang tentunya akan semakin memanjakan mereka, bus tingkat. Tak cuma soal tingkatan, bus tingkat ini rata-rata menawarkan fasilitas kelas privat yang biasanya hanya bisa kamu temukan di pesawat terbang maupun kereta api kelas eksekutif. Jangkauannya juga tak hanya antar kota, namun sudah lintas provinsi.

Baca Juga
5 Pantangan Ini Haram Dilanggar Para Pendaki Gunung Agung Jika Mau Pulang dalam Keadaan Utuh
Cuma 50 ribuan! Liburan di Bali Super Hemat dengan Menginap di 7 Hostel ini

1. Bus Tingkat Putera Mulya Sejahtera

Menurut informasi yang kami rangkum, PT Putera Mulya Sejahtera merupakan perusahaan pertama yang memperkenalkan layanan bus tingkat antar kota. Saat ini, Putera Mulya menyediakan dua kelas bus, Elegant Class untuk fasilitas terbaik dan First Executive Class untuk fasilitas standar, dengan rute utama dari Wonogiri-Solo.

Kalau fasilitasnya kayak gini, orang-orang pasti berebut pesen tiket. [Image Source].
Setiap kursi di masing-masing kelas telah dilengkapi dengan pengisi daya ponsel dan televisi. Khusus di kelas Elegant Class, ruangannya lebih lega dan terdapat enam kursi elektrik yang sandaran kursinya dapat diatur sesuka hati dengan mudah serta ada juga ruangan khusus bagi perokok.

Tak hanya itu, naik bus mewah ini tak seperti naik bus standar pada umumnya. Ada teknologi khusus yang telah tertanam di dalamnya yang membuat para penumpang tak akan merasakan goncangan berarti selama perjalanan. Untuk harganya sendiri, kamu harus merogoh kocek Rp225 ribu rupiah untuk merasakan kelas First Executive dan Rp325 ribu untuk kelas Elegant.

2. Bus tingkat Sempati Star

Bus tingkat selanjutnya yang akan kita bahas adalah milik PT Sempati Star. Perusahaan tersebut memiliki delapan buah bus yang enam di antaranya melayani rute Banda Aceh-Medan. Dalam bus ini, penumpang dapat memilih apa mau duduk di kursi atau tidur di kursi semi-ranjang yang telah disediakan khusus selama perjalanan.

Bus tingkat Sempat Star. [Image Source].
Selain dilengkapi dengan full AC, masing-masing kursi juga telah dilengkapi televisi. Khusus lantai dua, di mana penumpang dapat bersantai sambil tiduran, pihak pengelola juga menyediakan bantal kepala, guling, serta selimut. Harganya? Sekitar Rp250 – 450 ribu tergantung lantai mana yang kamu pilih dan ke mana tujuan kamu. Oh iya, harga itu sudah termasuk dengan makanan yang akan diberikan selama perjalanan.

3. Bus tingkat Lorena dan Karina

Lorena Holding Company punya 12 armada bus bermerek Mercedes-Benz 2542 yang akan digunakan oleh Lorena Transport dan Karina Transport dengan tujuan rute Jakarta-Surabaya-Malang serta Jakarta-Madura. Bus ini telah dilengkapi dengan sistem air suspension yang membuat penumpang tetap nyaman berkendara di jalan yang kurang baik dengan kecepatan tinggi. Soal keamanan, bus ini telah dilengkapi fitur ABS, ESP, dan ASR (anti-slip regulation).

Penampakkan dalam bus. [Image Source].
Di sektor fasilitas, bus jok penumpang Lorena ini menggunakan bahan kulit. Ada juga TV, senderan kaki, AC, water dispenser, ruangan khusus perokok, hingga toilet. Tarifnya berkisar hingga Rp450-470 ribu untuk tujuan terjauh, Madura. Bus yang harga satu unitnya mencapai Rp3,4 miliar ini sudah mulai beroperasi pada tanggal 11 Juni kemarin.

4. Bus Efisiensi

Terakhir, ada bus tingkat berjenis SDD atau semi-double decker milik PO Efisiensi. Bus tingkat ini cukup unik karena mengadopsi sistem kursi seperti bus wisata di mana pada tingkat bawah bus ini terdapat jumlah kursi lebih sedikit ketimbang lantai atas. Komposisi presisinya adalah 47 kursi untuk bagian atas serta 5 kursi saja untuk bagian bawah.

Bus tingkat Efisiensi. [Image Source].
Tentu saja sedikitnya jumlah kursi pada lantai satu bus ini ditujukan untuk kelas yang lebih tinggi. Perbedaannya hanya terletak pada kenyamanan saja di mana penumpang pada lantai satu bisa mengatur kursinya senyaman mungkin. Untuk fasilitas lainnya, terdapat TV di setiap kursi di kedua lantai, AC, toilet, serta smooking room. Bus ini melayani perjalanan untuk rute Cilacap-Yogya, Purwokerto-Yogya, hingga Purbalingga-Yogya. Harga tiketnya juga relatif murah kok, yakni Rp110.000 untuk lantai atas dan Rp120.000 untuk lantai bawah.

Itu dia bus tingkat yang saat ini telah beroperasi dan siap mengantar kamu mudik ke tempat tujuan. Keberanian para pengelola menghadirkan bus tingkat di tengah regulasi yang masih belum jelas ini patut diapresiasi karena mereka berani menawarkan sensasi baru berkendara di angkutan umum yang tentunya akan membuat para pengguna transportasi pribadi berpaling dan meminimalisir kepadatan di jalan raya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA