Sadis, Burung Kakaktua Dimasukkan ke Botol Kemasan Air Mineral

oleh Halimah Halimah
15:15 PM on May 6, 2015

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hewan yang sangat menakjubkan. Indonesia memiliki banyak sekali spesies hewan langka yang dilindungi oleh dunia. Namun sayangnya, harga berharga ini tidak terlalu dijaga oleh bangsa kita sendri.

Dari tahun ke tahun kasus jual-beli hewan langka semakin menjadi-jadi di Indonesia. Hal ini membuat banyak negara mengalihkan perhatiannya kepada Indonesia. Kita tampak seperti bangsa yang tidak berdaya untuk menjaga keindahan alamnya sendiri.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Burung kakaktua dimasukkan botol air mineral via Dailymail
Burung kakaktua dimasukkan botol air mineral via Dailymail

Kejadian paling baru adalah ditemukannya puluhan burung kakaktua jambul merah. Untuk mengelabui petugas, sang penjual kejam itu memasukkan burung kakatua malang itu ke dalam botol plastik. Sebanyak 22 ekor kakaktua jambul merah itu kini ada dalam pengamanan.

Penyelundupan Kakak Tua (via) Facebook Fanpage BBC Indonesia
Penyelundupan Kakak Tua via BBC Indonesia Facebook

Pria itu ditangkap di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada hari Senin lalu. Rencanya satwa-satwa malang itu akan dijual ke negara-negara asing. Ada juga yang dijual ke penduduk-penduduk lokal.

Perbuatan biadab ini menuai banyak kecaman dari sosial media. Tidak hanya dari netizen Indonesia, para pengguna sosial media luar negeripun memberikan reaksi kemarahan yang luar biasa.

Burung kakaktua terancam punah (via) Dailymail
Burung kakaktua terancam punah (via) Dailymail

Tidak sedikit pula yang mengecam petugas yang tidak cepat-cepat mengeluarkan burung-burung itu dari tempat yang menyiksa itu. Banyak juga netizen yang sinis kepada petugas, karena menurut mereka petugas kepolisian justru menjadi oknum yang memelihara hewan-hewan dilindungi seperti ini.

Perlakuan Sadis Terhadap Binatang (via) Facebook Fanpage BBC Indonesia
Perlakuan Sadis Terhadap Binatang via Facebook BBC Indonesia

Seharusnya kita bijak dan memakai hati nurani kita. Hewan-hewan ini harus diberi perlindungan dan dibiarkan hidup nyaman di alam bebas.  Pemerintah juga diharap lebih proaktif untuk memberantas perdagangan hewan liar ini. (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA