4 Insiden yang Membuktikan Betapa Buruknya Kelakuan Pengguna Jalan di Indonesia

Padahal, kalau tertib kan enak… jalanan lancar dan lebih aman

oleh Nikmatus Solikha
11:00 AM on Sep 13, 2017

Jalan raya merupakan fasilitas negara yang kita gunakan bersama. Karena beriringan dengan pengguna lain, seharusnya kita selalu menjaga keselamatan dan kelakuan. Namun sayang, sebagian besar pengguna jalan melupakan moral ketika di jalan raya. Walhasil, tak jarak terjadi keributan antar pengguna jalan. Selain memalukan, insiden di jalan raya juga bisa membuat orang yang terlibat harus berurusan dengan hukum.

Mungkin masih segar di ingatan kalian, perihal Dora Nathalia yang merupakan pegawai Mahkawah Agung yang memaki dan menyerang polantas di jalanan. Kasarnya perlakuan Dora pada polantas yang menilangnya justru membuat wanita tersebut dimutasi dari pekerjaannya. Peristiwa tersebut tentu sungguh disayangnya. Namun, adanya insiden tersebut rupanya belum cukup untuk jadi pelajaran pengguna jalan yang lain. Dan inilah empat kejadian buruknya kelakuan pengguna jalan di Indonesia yang sampai viral di sosial media.

Baca Juga
Perawat Ini Main Hape di Tengah Operasi, Keselamatan Pasien Jadi Nomor Dua
Murka Karena Hutang Tak Kunjung Dibayar, Ijazah Dibakar Sebagai Gantinya

Pria tampar pengendara wanita

Sebuah video mendadak viral di media sosial setelah diunggah oleh akun @infia_fact. Dalam video berdurasi sekitar satu menit tersebut, menunjukkan seorang pria yang mengdatangi mobil seorang wanita. Si pria tengah baya tersebut mengamuk dan memaki si wanita hingga menamparnya. Setelah ditampar, tentu saja pengemudi perempuan tersebut naik pitam.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan jika pihaknya belum mengetahui peristiwa tersebut. Ia menyarankan pada pihak yang dirugikan untuk menuntut jalur hukum, karena tiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum. Hal itu karena sudah terjadi tindak kekerasan yang dilakukan pengguna jalan, terlebih kejadian tersebut berada di tempat umum.

Ditegur karena berjalan melawan arah, pengguna jalan malah memaki polisi tua

Malang nian nasib Aipda Sumino, polisi tua tersebut hanya melaksanakan tugasnya sebagai penertib. Ia menegur seorang pengguna jalan yang tidak menggunakan helm dan berjalan melawan arus. Namun, bukannya mematuhi peraturan, pemotor tersebut justru tidak terima dan marah-marah.

Polisi tua dimaki pengguna jalan [image source]
Tak lama kemudian, muncul polisi lain yang mencoba menyelesaikan masalah. Saat dimintai surat kelengkapan kendaraan, pemotor tersebut juga menolak. Adu mulut pun terjadi antara polisi dan pengguna motor tersebut.  Aibda Sumino sudah berusaha melerai cekcok tersebut, namun si pengguna jalan justru mengancam akan melaporkan pada temannya yang seorang aparat. Video keributan tersebut sempat tersebar di sosial media dan membuat banyak netizen geram, pasalnya polisi yang dimaki tersebut sudah begitu sepuh dan harusnya dihormati.

Emak-emak bawa matic VS emak-emak bermobil bikin geger jalanan

Istilah Raja Jalanan memang identik dengan emak-emak bawa motor matic. Banyak pengguna jalan yang lebih memilih menyerah jika bertemu dengan kamu mereka. Gimana nggak? Mereka terkenal cuek dan kerap salah menyalakan lampu sen. Nggak sedikit bapak-bapak yang dibuat mati kutu.

Tapi, gimana jadinya kalau konflik tersebut terjadi antara emak-emak bermatic dan bermobil? Seperti yang dibayangkan, keduanya enggan mengalah. Walhasil, keributan hebat terjadi di antara keduanya. Bahkan, hingga videonya menyebar di dunia maya, netizen dibuat geleng-geleng kepala dengan kelakuan keduanya yang sama-sama merasa diri mereka benar.

Oknum yang nggak terima ditegur oknum lain

Oknum TNI Wira Sinaga juga sempat viral beberapa saat lalu karena memukul oknum polantas. Awalnya, Bripda Yoga Vernando menegur Serda Wira karena berkendara menggunakan seragam TNI namun tidak mengenakan helm. Tak terima ditegur, Serda Wira malah turun dari motornya, ia memarahi Bribda Yoga sambil mengepalkan tinju.

Serda Wira vs Bribda Yoga [image source]
Meski demikian, Bribda Yoga tetap tenang meladeni perlakuan Serda Wira. Karena tidak melawan, lantas Serda Wira seenaknya memukul kepala Bribda Yoga. Tak puas hanya dengan memukul kepala, Serda Wira juga menendang motor polantas tersebut. Akibat videonya yang tersebar dan viral, Serda Wira juga harus berurusan dengan hukum dan kehilangan jabatannya sebagai anggota TNI.

Nasib miris yang dialami oleh Dora Nathalia harusnya bisa jadi pelajaran bagi pengguna jalan yang lain. Namun sayang, sepertinya apa yang terjadi pada pegawai Mahkamah Agung tersebut belum cukup. Terbukti, setelah kejadian viral tersebut, masih ada saja ada pengendara yang masih mementingkan ego dan emosi. Dengan ini, semoga kita bisa lebih bijak sebagai pengguna jalan di Indonesia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit!
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA