Burger Dengan Patty Terbuat dari Lalat, Gimana Rasanya?

oleh Rizal
15:59 PM on Jul 25, 2015

Siapa yang tak mengenal burger? Makanan ini begitu fenomenal hingga pelosok dunia. Bahkan setiap negara punya ciri khas sendiri dalam membuat burger versi mereka. Misalnya saja burger donat yang terkenal di Portland, atau burger dengan ukuran pizza ala BK Lounge, New York.

Di daratan Afrika pun juga sama. Ada satu tempat di mana kamu hanya menjumpai burger jenis ini di sini. Pasalnya salah satu bahan pentingnya, yakni patty, cuma ada di tempat ini. Bukan daging atau ikan, yang kita bicarakan adalah patty yang terbuat dari lalat. Jangan buru-buru mual karena apa yang terlihat belum tentu menunjukkan fakta sebenarnya. Simak ulasan si burger unik ini.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Ketika musim hujan datang Danau Victoria yang ada di Afrika ini mengalami banjir. Seperti fenomena banjir di tempat lain, selalu ada makhluk terbang kotor yang akan tiba-tiba muncul. Yup, lalat. Berbeda dengan tempat lain, di tepian Danau Victoria ini jumlah lalatnya sangat banyak, kira-kira hampir triliunan.

Triliunan lalat ini siap disulap jadi penganan nikmat [Image Source]
Triliunan lalat ini siap disulap jadi penganan nikmat [Image Source]
Beberapa kawanan burung pun rutin mengunjungi Danau Victoria untuk menikmati sajian pesta ini tiap tahunnya. Tak cuma burung, warga sekitar pun rupanya juga tak mau kalah dengan ikut-ikutan nimbrung. Bedanya, lalat-lalat ini tidak langsung dimakan di tempat, tapi ditangkap untuk kemudian diolah.

Sebelum menyajikan hidangan unik berbahan lalat tersebut, warga melakukan proses penangkapan terlebih dahulu. Tidak butuh alat dengan mekanisme yang canggih, jumlah lalat yang tidak terhingga ini cukup mudah untuk ditangkap menggunakan perlengkapan seadanya.

Mulai dari jaring, panci bahkan penggorengan sudah lebih dari cukup untuk menjebak lalat-lalat ini. Setelah dirasa cukup, saatnya serangga ini diolah menjadi penganan lezat.

Tahap awal pengolahan patty lalat [Image Source]
Tahap awal pengolahan patty lalat [Image Source]
Tahap awalnya yakni dengan menghaluskannya menjadi satu. Tidak butuh perlakuan khusus, hanya cukup dimasukkan ke dalam sebuah wadah untuk kemudian dihancurkan dengan cara apa pun. Entah digiling, ditumbuk atau pun menggunakan teknik lain.

Untuk membuat sebuah patty berukuran sekitar 7 centimeter dibutuhkan kurang lebih 500 ribuan lalat. Anggap saja jumlah ini benar mengingat jutaan lalat yang tertangkap kemudian langsung ditumbuk dan menghasilkan adonan patty yang padat.

Patty lalat siap untuk dijadikan olahan super yummy [Image Source]
Patty lalat siap untuk dijadikan olahan super yummy [Image Source]
Tidak ada ramuan khusus berupa bumbu-bumbu, lalat ini sendiri sudah punya taste sendiri menurut para penikmatnya. Tidak melulu harus dibikin patty, warga menyiasatinya dengan bikin varian hot cakes atau hanya cukup digoreng saja.

Melihat habitatnya yang menjijikkan, siapa yang mau makan lalat-lalat ini? Tapi, tidak selalu yang terlihat buruk juga menghasilkan manfaat yang buruk juga lho. Siapa yang menyangka jika patty yang terbuat dari lalat ini gizinya cukup tinggi. Bahkan kalau dibandingkan dengan burger biasa maka nilai nutrisinya bisa mencapai 7 kali lipat.

Meskipun bikin mual, tapi patty lalat punya kandungan gizi yang melimpah [Image Source]
Meskipun bikin mual, tapi patty lalat punya kandungan gizi yang melimpah [Image Source]
Bagi yang tengah menjalani diet, makanan ini adalah sumber nutrisi sempurna. Tidak perlu kenyang tapi akan mendapatkan gizi yang lebih dari cukup. Masalah tampilan dan rasa, bayangkan saja patty lalat ini adalah daging sapi overcook yang masih enak rasanya.

Seorang pengguna reddit bernama gaz7527 dilaporkan pernah mencicipi burger ini. Menurutnya, burger dengan patty lalat ini rasanya sangat ‘biasa’. Namun lidah orang barat biasanya berbeda dengan kita, jadi mungkin saja rasanya justru nikmat. Berminat menikmati olahan lalat ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA