Keren! Trenggalek Punya Bupati dan Wakil Bupati Termuda di Indonesia

oleh Rizal
12:00 PM on Dec 14, 2015

Pilkada sudah selesai digelar, kini saatnya mereka yang terpilih bersiap-siap untuk kencangkan ikat pingging dan singsingkan lengan baju demi realisasi janji-janji dan program brilian yang dicetuskan selama masa kampanye. Nah, soal gelaran pilkada kemarin, ada semacam fenomena unik di mana banyak muka-muka baru yang mengisi halaman depan kertas suara. Salah satunya adalah pilkada Trenggalek di mana salah satu pasangan calonnya bisa dibilang sangat belia.

Ya, siapa lagi kalau bukan pasangan Emil Dardak dan Mochamad Nur Arifin. Pasangan ini dikatakan sebagai yang paling muda se-Indonesia dengan Emil yang masih berusia 31 tahun dan Arifin yang juga tak kalah muda dengan usia 25 tahunnya. Meskipun menurut banyak orang belum pas untuk menjabat posisi tertinggi, pada akhirnya pasangan ini terpilih dengan jumlah suara dominan. Hal ini jadi bukti jika tak harus tua dulu baru bisa mendapatkan simpati dan apresiasi.

Baca Juga
Bukan Kegembiraan, 4 Lomba Agustusan Ini Justru Berakhir dengan Tragedi
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah

Meskipun umurnya belia, tapi kalau dilihat dari sisi performance dan latar belakangnya, ternyata keduanya cukup greget dan prestisius. Nah, berikut adalah hal-hal unik dan fenomenal yang membuat pasangan ini memang layak untuk memimpin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek.

1. Klaim Jadi Pasangan Paling Muda di Pilkada Tahun ini

Ada kalanya memang para pemuda yang harus maju dan memegang tampuk kepemimpinan. Bagi Trenggalek, momen tersebut adalah saat ini. Ya, pasangan Emil-Arifin sudah resmi menang dalam pilkada tahun ini. Dan seperti yang sudah digaungkan banyak media, pasangan ini adalah yang paling muda dari sekitar 296 kabupaten se Indonesia.

Pasangan ini menjadi bupati dan wakil bupati paling muda se Indonesia pada Pilkada kemarin [Image Source]
Pasangan ini menjadi bupati dan wakil bupati paling muda se Indonesia pada Pilkada kemarin [Image Source]
“Kami merupakan satu-satunya pasangan termuda yang maju pilkada tahun ini,” ungkap Arifin dalam salah satu orasinya. Meskipun muda, namun publik jangan buru-buru menilai negatif kemampuan pasangan ini. Pasalnya, ternyata latar belakang keduanya sangat istimewa, setidaknya hal tersebut cukup terlihat dalam lontaran argumen-argumen mereka saat berorasi.

2. Emil Dardak Punya Kemampuan yang Gila

Umurnya memang masih 31 tahun, tapi bicara soal kemampuan jangan pernah pandang sebelah mata pria ini. Ya, pengalamannya mungkin lebih jumawa dan greget dari semua calon yang maju dalam pilkada kemarin. Mungkin kita selalu melewatkan berita pria satu ini, namun jika kamu belum tahu, Emil adalah Doktor ekonomi termuda Indonesia lulusan Jepang.

Emil, seorang doktor muda sekaligus VP dari perusahaan BUMN terkemuka [Image Source]
Emil, seorang doktor muda sekaligus VP dari perusahaan BUMN terkemuka [Image Source]
Ia juga menjadi Vice President dari PT Penjamin Infrastruktur Indonesia di bawah Menkeu. Emil mengatakan jika setidaknya sudah 10 tahun ia berkecimpung di dunia ekonomi pembangunan, termasuk juga ketika baru 17 tahun ia ikut terlibat aktif dalam sebuah proyek Bank Dunia. Tak hanya lulusan Jepang, pria kelahiran 1984 ini juga pernah mengenyam pendidikan diploma di Australia. Emil bahkan juga menerbitkan sebuah buku tentang ekonomi yang digagasnya dengan salah satu dekan IPB. Berbekal semua pengalaman ini dan juga jiwa mudanya yang menggebu, sepertinya Trenggalek sangat beruntung memiliki pemimpin yang seperti ini.

3. Apa yang Dilihat Emil dari Seorang Mochammad Nur Arifin?

Sekelumit ulasan tentang Emil di atas menunjukkan sedikit dari banyak kiprahnya yang menggila. Kesimpulannya, kita bisa bilang jika Emil memang sangat kompeten. Lalu, bagaimana dengan sang wakil? Apa yang dilihat Emil dari seorang Mochammad Nur Arifin?

Arifin, tokoh wirausahawan muda sekaligus tokoh yang punya kharisma di Trenggalek [Image Source]
Arifin, tokoh wirausahawan muda sekaligus tokoh yang punya kharisma di Trenggalek [Image Source]
Selain usianya yang sangat muda yakni 25 tahun, keputusan Emil memilih pria yang kerap dipanggil Gus Ipin tersebut adalah semangat wirausahanya yang patut diacungi jempol. Ipin ternyata adalah seorang wirausahawan muda yang sukses mengembangkan sektor usaha kecil menengah yang sudah menyerap banyak sekali tenaga kerja. Inovasi, analisis, dan pemikiran briliannya, membuat Emil jatuh hati untuk meminang tokoh muda Trenggalek ini.

4. Keduanya Punya Istri yang Cantik

Selain pencapaian dan kiprahnya yang memukau, satu hal lagi yang tak boleh dilewatkan dari pasangan ini adalah istri masing-masing. Ya, meskipun juga masih muda, tapi istri pasangan Bupati baru ini kerap mencuri perhatian. Bagaimana tidak, istri Emil sendiri adalah aktris belia yang cantiknya luar biasa, Arumi Bachsin, sedangkan istri dari Arifin, Novita Hardiny, hanyalah ibu rumah tangga biasa namun juga tak kalah rupawan.

Istri yang cantik ini makin menyempurnakan pasangan bupati dan wakil bupati muda ini [Image Source]
Istri yang cantik ini makin menyempurnakan pasangan bupati dan wakil bupati muda ini [Image Source]
Para istri cantik ini makin membuat sempurna pasangan Emil-Arifin. Ya, kadang ibu bupati memang harus yang greget agar bisa mendongkrak pamor suaminya. Di samping kehadirannya akan membuat pasangan Emil dan Arifin lebih bisa eksis dan diterima di kalangan masyarakat.

5. Program-Program Andalan yang Akan Membuat Kabupaten Trenggalek Melesat

Setiap samurai punya katana andalannya, begitu dengan pasangan bupati baru ini. Mereka tentunya sudah menyiapkan amunisi-amunisi yang akan membuat kabupaten Trenggalek menjadi trengginas dan diperhitungkan di Indonesia.

Ada banyak program yang akan direalisasikan keduanya [Image Source]
Ada banyak program yang akan direalisasikan keduanya [Image Source]
Memajukan kabupaten Trenggalek jadi visi terdekat keduanya. Hal ini diwujudkan dengan cara mengembangkan sektor perikanan, pertanian, dan juga peternakan. Pasangan muda ini juga akan membangun infrastruktur dan juga membuat program pengelolaan sumber daya manusia dengan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Mudah-mudahan tak hanya jadi hiasan teks di buku agenda visi misi mereka.

Kawula muda tak selamanya harus diremehkan. Asal punya kemampuan dan pamor mereka pun punya kans untuk bisa memimpin. Emil sang Doktor muda dan Arifin si pengusaha profesional muda, pasti bisa membangun Trenggalek lebih greget lagi. Kita lihat saja bagaimana kiprah keduanya di tahun-tahun mendatang, mudah-mudahan bisa sesuai dengan apa yang diinginkan warga kabupaten Trenggalek.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA