Nggak Cuma Memimpin di Dunia, Bupati Sambas Juga Siapkan Jalan Warganya ‘Menuju Surga’

Bukan cuma mikirin dunia, Bupati ini juga berharap bisa ke surga sama-sama

oleh Nikmatus Solikha
12:00 PM on May 24, 2017

Seorang pemimpin biasanya dipilih karena kemampuannya untuk memberi kesejahteraan rakyatnya. Biasanya para pemimpin memiliki cara tersendiri untuk membuktikan keseriusannya. Mulai dari melakukan pembangunan, memperbaiki jalan, hingga meningkatkan kualitas pendidikan.

Namun, apa yang dilakukan oleh Atbah Romin Suhaili selaku Bupati Sambas memang sedikit berbeda dengan pemimpin lain. Pasalnya, Pemkab Sambas, Kalimantan Barat bukan hanya memberikan layanan yang berbau duniawi saja. Beliau rupanya juga mengusahakan agar warganya bisa bahagia di akhirat kelak. Seperti inilah cara yang dilakukan Atbah untuk membuat warganya lebih dekat dengan Tuhan.

Baca Juga
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah

Membagikan Al-Qur’an dan Alkitab secara gratis pada pegawai

Bupati Sambas menunjukkan keseriusannya memimpin warganya. Ratusan Al-Qur’an dan Alkitab dibagikan pada sejumlah Pegawai Negri Sipil maupun tenaga honorer. Penyerahan kitab suci tersebut juga disaksikan oleh perwakilan perusahaan.

Bupati Sambas ketika membagikan Al-Qur’an dengan misi mulia [image source]
Dalam sambutan yang diberikan oleh Atbah, ia mengutarakan jika pemberian kitab suci tersebut bukan hanya untuk dipajang, namun untuk dibaca dan dipahami isinya. Katanya lagi, pembagian kitab tersebut merupakan upaya serius untuk mempersiapkan jalan-jalan akhirat menuju kebaikan surga.

Anjuran membaca Al-Qur’an sebelum bekerja

Dikatakan pula jika masyarakat modern baiknya membiasakan gaya hidup. Diharapkan jika paparan religius dalam membangun kabupaten Sambas akan terus membahana. Pemerintah daerah berharap jika semua pegawai, baik pegawai negeri sipil maupun bukan mulai membiasakan diri membaca kitab suci masing-masing sebelum memulai aktivitas sehari-hari.

Bupati Sambas [image source]
Dari kebiasaan baik tersebut, diharapkan bakal lahir ahlak budi pekerti yang religius, kampung religi, masyarakat religi hingga daerah religi. Dengan mendalami Al-Qur’an, diharapkan para pekerja juga lebih bisa mengingat Allah, dengan begitu mereka juga bisa bekerja lebih jujur.

Anjuran kesadaran membaca kitab di ruangan kerja

Meski membaca kitab dianjurkan oleh pemerintah daerah, namun memang belum ada ruangan khusus yang disiapkan untuk para pegawai yang ingin membaca kitab. Oleh karena itu, para karyawan diperbolehkan membaca Al-Qur’an di ruangan kerja masing-masing.

ilustrasi membaca Al-qur’an dilakukan di kantor [image source]
Namun, Bupati juga berharap jika masyarakat melakukan hal tersebut dengan rasa ikhlas, bukan karena adanya paksaan dari pihak atasan. Namun antusiasme masyarakat saat menerima Al-Qur’an dari Bupati Sambas memang begitu melegakan. Bahkan para pekerja menganggap jika kitab pemberian Atbah merupakan nikmat rezeki yang begitu luas.

Dibiasakan berhenti bekerja dan meninggalkan pekerjaan ketika mendengar adzan

Kebijakan pemerintah daerah dalam membentuk masyarakat lebih religi ternyata disambut baik oleh para pegawai setempat. Sebagian besar mengaku jika mereka senang dengan kebijakan pemerintah dan merasakan manfaatnya.

Shalat tepat waktu untuk pegawai [image source]
Selain membaca Al-Qur’an, salah satu pegawai juga mengaku jika pemerintah membiasakan agar segera meninggalkan pekerjaan ketika mendengar suara adzan. Dengan demikian, diharapkan masyarakat muslim bisa lebih menghargai waktu beribadah, dan tidak mengabaikan panggilan Tuhan karena pekerjaan.

Pemimpin kabupaten Sambas ternyata memiliki cara tersendiri untuk mensejahterakan masyarakat. Dan lagi, misi memakmurkan tersebut memiliki jangka panjang melebihi masa jabatannya. Semoga trik yang dilakukan Atbah menjadi inspirasi bagi pemimpin daerah lain, yang bukan hanya memikirkan duniawi, namun juga kehidupan akhirat kelak.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA